Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

The world is a book and those who do not travel read only one page.
~ St. Augustine ~

Kamu percaya dengan kekuatan kata-kata? Percaya atau tidak, nyatanya kata-kata memang mampu memengaruhi pemikiran, gairah atau semangat, serta perilaku seseorang. Tidak perlu bingung dan terlalu jauh mencari contoh, quote atau kata-kata mutiara di atas adalah salah satu misalnya. Inspirasi dari quote tersebut dapat membuat para travelers semakin termotivasi dalam memulai petualangan menuju suatu tempat yang baru untuk dikunjungi. Semuanya bermuara pada suatu keinginan dan harapan yang sama, yakni mendapatkan pengalaman dan pelajaran hidup. 

Menanggapi quote pembuka tentang traveling di atas, mari kita samakan persepsi. Jika dunia dengan berjuta destinasi wisatanya yang mengagumkan kita ibaratkan sebagai sebuah buku, lalu seseorang yang tidak pernah melakukan traveling dalam hidupnya akan dicap sebagai pembaca buku satu halaman dari tebalnya halaman yang terdapat pada sebuah buku. Sebaliknya, jika seseorang selalu menyempatkan bahkan menghabiskan waktunya untuk melakukan traveling ke berbagai destinasi, ia akan dianalogikan sebagai pembaca buku yang telah melanglang buana menghampiri setiap halaman buku sehingga mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan pengalaman berharga dari setiap halaman yang ia baca. Bagaimana? Sangat logic, bukan?

Pada tahun 2014, saya bersama beberapa teman Student Exchange nekat melakukan ‘cheat traveling‘ di waktu kosong kami selama di Tokyo, Jepang. Saat itu kami memilih untuk mengunjungi Patung Hachiko, anjing setia legendaris yang fenomenal di stasiun Shibuya, Tokyo.

Sebagai tipikal orang yang sangat menikmati proses dalam sebuah perjalanan, bagi saya traveling bukan hanya tentang menyambangi spot wisata, namun juga tentang pentingnya menikmati setiap proses dalam perjalanan menuju destinasi, karena tentunya akan ada banyak kejadian tak terduga dalam perjalanan yang akan menambah khazanah pengalaman dan pengetahuan saya. Bukankah pengalaman itu adalah guru terbaik?

Sering kali saya mendengar pertanyaan yang menghiasi obrolan ruang nyata dan maya tentang apa faedahnya traveling, hanya membuang-buang waktu dan uang, lebih baik uangnya untuk ditabung atau beli suatu barang kebutuhan, dan lain sebagainya. Seketika saya hanya tersenyum, berpikir, lalu menjawab, sesekali kita memang perlu berpikir dari sudut pandang orang lain, dari seorang traveler misalnya. Mengapa harus traveling? Karena terkadang pengalaman pun harus dibeli. Saya lebih mengutamakan membeli pengalaman karena menurut saya itu juga merupakan tabungan dan investasi untuk masa depan yang sangat bernilai, bahkan jauh melebihi nilai sebuah barang.

We live in a wonderful world that is full of beauty, charm and adventure. There is no end to the adventures that we can have if only we seek them with our eyes open.
~ Jawaharlal Nehru ~

Saya bersama ‘orang tua angkat’ saya selama di Jepang saat sedang hiking di Gunung Kongo, Osaka. Karena ajakan merekalah akhirnya saya bisa merasakan bertemu salju asli secara langsung untuk pertama kalinya dalam hidup saya. Alhamdulillah.

Kamu pasti pernah mendengar suatu kutipan yang berbunyi “tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina”, selain bermakna untuk selalu tamak dalam menuntut ilmu secara formal hingga ke tempat yang jauh sekalipun, seyogianya kita juga perlu menganggap bahwa melakukan perjalanan atau traveling merupakan bagian dari menuntut ilmu. Ya, ilmu yang bisa kita dapatkan secara non-formal, karena ilmu tidak hanya bisa didapatkan di sekolah. Memperoleh banyak pengalaman hidup pasti akan membuat kita menjadi manusia yang lebih dewasa dan bijak ke depannya. Insha Allah.

Berbicara mengenai seluk beluk dunia traveling yang kini sudah menjadi bagian dari lifestyle atau gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat dunia, saya jadi teringat tentang tren wisata yang beberapa tahun ini mulai menjamur, berkembang, dan semakin digandrungi oleh para pecinta traveling. Tidak salah lagi, tren yang saya maksud adalah tren wisata halal atau biasa disebut juga Halal Travel atau Halal Tourism.

Berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini Indonesia juga ditetapkan sebagai destinasi wisata halal atau halal tourism terbaik dunia 2019 oleh standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Wilayah Tanah Air mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. Seperti dilansir dari situs Bisnis.com, lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent menempatkan Indonesia pada peringkat pertama standar GMTI dengan skor 78 bersama dengan Malaysia yang sama-sama berada di ranking teratas.

Meningkatnya tren wisata halal yang ditandai dengan melonjaknya jumlah traveler Muslim yang bepergian ke berbagai destinasi di seluruh dunia memang membuat negara-negara mayoritas Muslim berusaha untuk memperbaiki dan mengembangkan performa destinasi halal yang mereka miliki. Namun menariknya, ternyata selain negara-negara mayoritas Muslim, negara-negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim pun ikut memberikan perhatian terhadap tren wisata halal yang kian menjamur tersebut, dengan cara membenahi program dan fasilitas pariwisata di negara mereka masing-masing.

Sebut saja Korea Selatan, sebagai salah satu contoh negara non-Muslim yang kini terus berbenah dan semakin ramah kepada traveler Muslim. Kita tidak perlu lagi khawatir tak bisa mengonsumsi kuliner halal atau pun kesulitan menemukan tempat salat di Korea. Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Tourism Organization (KTO) selalu berupaya menghadirkan fasilitas wisata yang ramah Muslim. Sejumlah tempat ibadah dibangun di seluruh pelosok negeri demi menghadirkan kenyamanan untuk traveler Muslim, mereka juga menambah jumlah restoran ramah Muslim sebagai solusi permasalahan utama yang sering dihadapi traveler Muslim saat berkunjung ke Korea yaitu makanan halal.

Foto saat penyelenggaraan Korea Travel Fair 2019 di Jakarta pada bulan September 2019 yang lalu. Sumber foto: rri.co.id

Selain itu, situs ternama seperti The New York Times pun pernah mengunggah tulisan berjudul ‘The Rise of Halal Tourism‘ pada laman situsnya dan mengungkapkan bahwa Muslim sekarang menjadi salah satu segmen industri perjalanan global yang tumbuh paling cepat. Sebagai tanggapan, hotel dan operator wisata semakin berusaha memenuhi kebutuhan makanan dan fasilitas ibadah agama Islam. Seperti tidak adanya menu daging babi di hotel, adanya penerbangan tanpa alkohol di pelayanan minuman, akomodasi dengan kolam renang terpisah untuk pria dan wanita, serta rencana perjalanan harian dengan waktu istirahat yang menyesuaikan untuk salat lima waktu.

Peningkatan tren Halal Travel ini tentunya menjadi angin segar bagi pemerintah Indonesia, khususnya sektor pariwisata, dengan dinobatkannya Indonesia sebagai destinasi wisata halal atau halal tourism terbaik dunia 2019 pastinya akan semakin mengundang minat wisatawan dunia untuk berkunjung ke Indonesia.

Bagai gayung bersambut, melangitnya tren Halal Travel pastinya juga membuka kesempatan bisnis yang lebih besar bagi para penyedia jasa traveling ke berbagai destinasi di seluruh dunia. Salah satu agen penyelenggara Halal Travel di Tanah Air yang semakin sukses dan berkembang dalam menyebarkan denyut wisata halal ke seluruh dunia adalah Cheria Holiday.

Kamu sudah kenal Cheria Holiday? Kalau belum, mari saya ajak berkenalan dengan Cheria Holiday dan mengenal lebih dekat tentang Halal Travel yang konsisten dan semakin sukses dikembangkan oleh Cheria Holiday.

Rasanya tidak akan afdal dan lengkap pembahasan tentang Halal Travel, bila tanpa menyebutkan Cheria Holiday. Tentu saja bukan karena melebih-lebihkan, melainkan karena fakta di lapangan yang berhasil ditorehkan oleh agen travel pelopor wisata halal dunia ini. Bahkan saat ini, kita bisa dengan bangga mengucapkan bahwa Cheria Holiday adalah agen Halal Travel nomor satu (#1) di Indonesia berkat prestasi-prestasi yang telah dicapainya selama ini.

Sejak berdiri pada tahun 2012, Cheria Holiday hadir dan menunjukkan konsistensi baiknya dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan umat Islam yang hendak melakukan wisata dan perjalanan ibadah yang aman, nyaman, dan halal, tanpa meninggalkan waktu salat dan selalu menjaga kehalalan menu di tempat kunjungan wisata, baik domestik atau saat traveling ke negeri non-Muslim sekalipun. Dengan jargonnya, ‘Cheria Holiday Berpengalaman, Amanah, dan Profesional’, serta usia yang telah mencapai tujuh tahun, Cheria Holiday sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan bagi para pelanggan.

Layanan Cheria Holiday mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup. Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA baik Domestik maupun Internasional dan Untuk Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan Izin Resmi Depag No. 118/2015 dan D/70/2015. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, Cheria Holiday juga ikut memberikan kemudahan bagi traveler Muslim yang pergi traveling keliling dunia namun sering kali menemukan kesulitan dalam mencari lokasi restoran halal atau masjid terdekat untuk menunaikan salat. Kini, Cheria Holiday sudah memiliki aplikasi yang dibuatkan khusus untuk traveler Muslim sehingga pelancong tak sulit lagi untuk menemukan restoran halal dan masjid untuk salat, cukup dengan download dan install aplikasi Halal Traveler, maka dengan segera kita bisa menemukan restoran dan masjid terdekat walau di negara non-Muslim sekalipun.

Halal Traveler Apps hadir dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan umat Islam saat melakukan wisata atau perjalanan ibadah yaitu pentingnya keberadaan tempat salat dan menu halal di destinasi wisata walau ke negeri non-Muslim sekalipun. Jadi, melalui aplikasi Halal Traveler ini nantinya pengguna dapat dengan mudah menemukan restoran halal dan masjid terdekat serta petunjuk arah kiblat untuk salat. Selain itu, informasi seputar pilihan tour halal juga tersedia dalam aplikasi ini.

Menurut aktivis Halal Traveler pak Cheriatna sekaligus CEO Cheria Holiday, aplikasi ini akan terus dikembangkan dan dilengkapi fitur-fitur tambahan seperti informasi cuaca, tempat belanja Muslim, dan lain sebagainya. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini dibanding aplikasi yang lain adalah bahwa pengguna tidak akan diganggu dengan tampilan iklan-iklan sehingga aplikasi Halal Traveler ini terasa lebih nyaman digunakan oleh para traveler Muslim ketika hendak atau sedang berwisata.

Tampilan halaman opening pada aplikasi Halal Traveler

Penasaran ingin tahu apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dan bagaimana tampilan dan cara menggunakannya? Simak penjelasan spesifik saya tentang aplikasi Halal Traveler berikut ini.

1. Halaman Utama dan Kolom Informasi yang Ciamik

Setelah membuka aplikasi Halal Traveler dan disambut oleh halaman opening yang menampilkan logo Halal Traveler serta latar yang didominasi warna Jingga, Hijau, dan Putih, selanjutnya kita akan langsung memasuki halaman utama aplikasi yang menghadirkan berbagai menu pilihan dengan tampilan yang ciamik. Ada informasi hari, tanggal, waktu, dan juga suhu udara yang tercantum di sana. Namun, jika ingin melihat informasi singkat tentang aplikasi Halal Traveler ini, cukup tap tombol tanda seru dalam lingkaran putih yang berada di pojok kanan atas halaman aplikasi.

2. Menu Pilihan Destinasi Wisata Halal yang Lengkap

Pada halaman utama, kita dapat melihat salah satu kolom bertuliskan Destinasi Wisata yang berisi daftar paket wisata yang disediakan oleh PT. Cheria. Kita bisa memilih tujuan wisata yang terdiri dari beberapa kategori berdasarkan ketentuan, seperti tujuan wisata Afrika, Amerika, Asia, Australia, Eropa, Middle East,  hingga Paket Cruise, Paket Umroh, dan Paket Private Tour.

3. Fitur Informasi Ibadah Traveler Muslim yang Sangat Bermanfaat

Hal yang membahagiakan dari aplikasi Halal Traveler dan membuat para traveler Muslim nyaman dan tenang adalah adanya fitur informasi ibadah yang sangat memudahkan. Kita dapat mengetahui jadwal salat lima waktu dengan notifikasi yang bisa diatur.

Lalu, ada juga fitur petunjuk arah kiblat yang pastinya bermanfaat bagi kita yang ingin tetap fokus beribadah saat traveling, terutama di destinasi-destinasi luar negeri yang bukan mayoritas Muslim dan biasanya jarang memfasilitasi info arah kiblat di hotel dan akomodasi penginapan lainnya. Ada juga daftar doa-doa yang selalu menemani setiap perjalanan bersama aplikasi Halal Traveler.

4. Fitur Pencarian Masjid, Restoran Halal, dan ATM yang Memudahkan

Ketika sedang traveling ke suatu destinasi wisata, terkadang kita memang merasa kesulitan dalam mencari beberapa tempat penting untuk dikunjungi, seperti masjid, restoran halal, ATM Centre, bahkan toilet umum. Benar, kan? Tapi, dengan aplikasi Halal Traveler ini, masalah akan kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat diatasi dengan sangat mudah.

Pasalnya, setiap kita membuka menu Restoran, Masjid, dan ATM pada aplikasi Halal Traveler ini, secara otomatis aplikasi akan menampilkan beberapa rekomendasi lokasi dan tempat dalam bentuk peta yang bisa dijadikan pilihan oleh kita untuk berkunjung, hebatnya lagi rekomendasi tersebut pun sudah menyesuaikan lokasi terkini para pengguna aplikasi. Memudahkan sekali, bukan?

5. Fitur Atraksi yang Update Sesuai Lokasi Pengguna Aplikasi

Salah satu hal menarik lainnya dari aplikasi Halal Traveler adalah adanya fitur Atraksi yang selalu update tentang pilihan rekomendasi tempat hiburan yang berada dekat dengan lokasi terkini kita saat menggunakan aplikasi Halal Traveler ini, seperti rekomendasi taman bermain, museum, kolam renang, dan lain sebagainya.

Bagaimana, Sobat? Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Halal Traveler ini sangat bermanfaat dan keren banget, kan? Pastinya akan memudahkan kita para traveler Muslim ketika sedang traveling ke mana pun. 🙂

Perkembangan tren Halal Travel perlu kita sikapi secara positif dan semangat demi eksistensi wisata Islami yang terjaga serta terjamin keamanan dan kenyamanannya sehingga bisa menggema ke seluruh negara di dunia. Tren Halal Travel juga menjadi tantangan sekaligus rezeki tersendiri bagi negara-negara non-Muslim di seluruh dunia, karena seiring dengan lonjakan jumlah traveler Muslim yang mengunjungi negara mereka, membuat mereka secara bertahap memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan fasilitas kebutuhan dan kenyamanan bagi para Muslim travelers

Di sisi lain, tren Halal Travel tentunya menjadi angin segar bagi pemerintah Indonesia, khususnya sektor pariwisata,  karena dengan dinobatkannya Indonesia sebagai destinasi wisata halal atau halal tourism terbaik dunia 2019 pastinya akan semakin menarik minat wisatawan dunia untuk berkunjung ke Indonesia. Selain itu, Cheria Holiday sebagai pionir dan pelopor wisata halal dunia asal Indonesia juga turut berkontribusi dalam menggaungkan dan menyebarkan denyut wisata halal dengan berbagai layanan pilihan wisata halal berkualitas dengan harga yang bersaing ke berbagai destinasi traveling, baik domestik atau pun internasional.

Kehadiran aplikasi Halal Traveler oleh Cheria Holiday pun terbukti menjadi suatu terobosan dan inovasi baru sebagai aplikasi travel yang memudahkan para pengguna Muslim di berbagai belahan dunia. Dengan menggunakan aplikasi ini, pemesanan paket tour & interaksi dengan team Halal Traveler menjadi lebih mudah. Selain itu, berbagai fitur-fitur unggulan lainnya yang tersedia di dalamnya pun sangat bermanfaat bagi kebutuhan para traveler Muslim saat mereka dalam sebuah perjalanan wisata dalam dan luar negeri, seperti penunjuk arah kiblat, informasi waktu salat, lokasi masjid, rekomendasi restoran halal, serta perkiraan cuaca dan suhu.

Jadi, tunggu apa lagi, Sobat? Kalau kamu memang mengaku sebagai seorang traveler dan seorang Muslim, mari sama-sama menyebarkan denyut wisata halal ke berbagai destinasi traveling, baik di dalam maupun di luar negeri. Caranya? Sederhana saja! Silakan download aplikasi Halal Traveler dari Cheria Holiday di Playstore dan nikmati berbagai kemudahan dan informasi seputar traveling. Jangan lupa juga untuk selalu pantau media sosial Cheria Holiday dengan cara ikuti dan subscribe akun-akun media sosial Cheria Holiday di Instagram, Facebook Fanpage, dan YouTube.

Akhir kata, saya Firmansyah. I Love Cheria Holiday and I Love Halal Travel. 🙂

 

Sumber Referensi:

  • https://www.cheria-travel.com/2019/02/cheria-holiday-luncurkan-aplikasi-halal-traveler.html
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cheriaholidays
  • https://www.nytimes.com/2019/01/18/travel/the-rise-of-halal-tourism.html
  • https://travel.dream.co.id/destination/denyut-wisata-halal-di-negeri-ginseng-190906q.html
  • https://ekonomi.bisnis.com/read/20190409/12/909833/indonesia-destinasi-wisata-halal-terbaik-dunia-2019
  • https://travel.tempo.co/read/1195803/indonesia-juara-wisata-halal-4-kebutuhan-dasar-wisatawan-muslim?page_num=2
  • https://www.suara.com/lifestyle/2019/06/27/134704/aplikasi-halal-traveler-solusi-wisata-aman-dan-nyaman-sesuai-syariat

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog & Vlog Kreatif Cheria Holiday “I Love Halal Travel” yang diselenggarakan oleh Cheria Holiday. Beberapa foto merupakan dokumentasi pribadi penulis dan beberapa lainnya didapatkan dari sumber-sumber yang telah tercantum di atas, sedangkan video bersumber dari situs YouTube dengan nama akun saluran Cheria Holiday.

How many stars for this post?

11 Komentar

Cory Pramesti · Oktober 12, 2019 pada 4:58 pm

Cheria holiday emang trusted banget deh. Dilihat dari banyaknya testimoni yang bisa dipake buat referensi sesiapa yg mau liburan, pelayanannya semua oke. Apalagi untuk pemesanan sekarang bisa lewat aplikasi ye bang, jadi makin memudahkan. 🙂

Like it?

    Firmansyah · Oktober 12, 2019 pada 8:23 pm

    Alhamdulillah. Betul, Cheria Holiday semakin mudah untuk diakses melalui aplikasi Halal Traveler ini. 🙂

    Like it?

Indah Riadiani · Oktober 13, 2019 pada 10:56 am

Jujur, keberadaan Cheria holiday ini kaya hujan di tengah kemarau yaak (hasek). Karena memang kita butuh loh holiday halal. Apalagi aplikasinya ya…sedekah jariah banget buat kita para solo traveler.. cheria holiday emang kece…bikin holiday makin CHERIAAA

Like it?

    Firmansyah · Oktober 13, 2019 pada 1:09 pm

    Betul sekali, Mbak. Aplikasi Halal Traveler ini terobosan yang sangat baik dari Cheria Holiday untuk memudahkan kita-kita yang suka traveling ini ya. Hehehe.

    Like it?

Adhi hermawan · Oktober 13, 2019 pada 7:38 pm

Oh my god… lengkap banget ya ulasannya…
Aku jadi tahu aplikasi halal traveller…
emg sejak ada Cheria Halal holiday, semua traveller bisa dengan mudahnya melakukan perjalanan tanpa harus bingung masalah ibadah.

So, kagum banget ama tulisan reviewnya yang super lengkap! Good Luck mas!

Like it?

    Firmansyah · Oktober 14, 2019 pada 1:10 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya, Mas atas supportnya. Benar sekali, tidak heran kalau sekarang Cheria Holiday bisa dengan bangga menyatakan diri sebagai #1 Travel Halal Indonesia dan Pelopor Wisata Halal Dunia. 🙂

    Like it?

Annie Nugraha · Oktober 14, 2019 pada 3:18 pm

What a good and inspirational writing. Selalu suka dengan tulisan2 Firman yang runut, informatif, dan dengan alur cerita yang terarah. Good luck ya Firman. Semoga rezeki menang kembali lagi menghampiri. InsyaAllah.

BTW, itu murid2 dikasih honor gak disuruh megang print out paper Cheria Holiday nya? hahahaha

Like it?

    Firmansyah · Oktober 14, 2019 pada 6:23 pm

    Wah, tulisanku dikunjungi dan dikomentari oleh Mbak Annie. 😍🤩

    Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Mbak Annie. Walau begitu, saya tetap harus banyak belajar tentang menulis dan blogging. Semoga tulisan dari saya bermanfaat ya, Mbak.

    Aaamiiin Yaa Rabb. Terima kasih juga Mbak Annie atas doanya.

    Anak-anak dengan senang hati pastinya menjadi model saya. Karena mereka senang kalau saya foto. 😇😁 Insha Allah, kalau dapat rezeki menang, pastinya akan ada rezeki juga untuk mereka.

    Terima kasih banyak kunjungan dan komentarnya ya, Mbak Annie. 🙏

    Like it?

Rodhiyatum Mardhiyah · Oktober 16, 2019 pada 3:02 pm

Soal traveling, entah kenapa semakin bertambah usia semakin kurang minat untuk traveling. Tapi setelah baca tulisan ini kok ya jadi manggut2.. Benar gitu lho, traveling bisa mengkayakan diri kita.

Btw, sebagai muslim sekarang semakin dipermudah ya untuk traveling. Apalagi kalau sudah ada aplikasi terobosan Ceria Holiday ini 🙂

Like it?

    Firmansyah · Oktober 19, 2019 pada 11:26 pm

    Benar sekali, Mbak Mardhiyah. Traveling itu sebenarnya membuat kita ‘kaya’. Dan dengan adanya aplikasi Cheria Traveler ini, kita sebagai traveler akan sangat dimudahkan sekali. 🙂

    Like it?

Damar Aisyah · Oktober 23, 2019 pada 4:45 pm

Wihhh, Cheria udah punya aplikasi Halal Traveer kayak gini yak, keren banget. Makin gampang aja kalau mau akses informasi Halal Traveling. Sekali unduh, banyak sekali fitur yang bisa dikases. Mudah pula, pastinya traveler zaman now udah familiar banget sama aplikasi kayak gini. Sekarang, mau traveling ke mana pun makin nyaman karena infonya makin lengkap dan ada dalam genggaman.

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected :)