Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Adakah di antara Anda semua yang berprofesi sebagai konsultan pajak dan akuntansi?

Jika ada, berarti tulisan saya kali ini cocok untuk Anda simak hingga akhir dan layak untuk dijadikan sebagai referensi dan rekomendasi untuk kebutuhan pekerjaan Anda.

Anda yang saat ini berkarir sebagai seorang konsultan pajak dan akuntansi boleh sedikit berbangga, karena semakin hari pekerjaan jasa konsultan pajak dan jasa konsultan akuntansi ini semakin dibutuhkan. Hal tersebut dapat dilihat dari dinamika dan perkembangan yang ada di lapangan, yaitu meningkatnya regulasi perpajakan di Indonesia dengan sejumlah peraturan yang semakin ketat terhadap dunia usaha untuk pelaksanaan disiplin pajak.

For your information, bagi Anda yang masih belum terlalu mengenal pekerjaan ini, konsultan pajak dan akuntansi merupakan pihak ketiga yang memberikan layanan kepada perusahaan (baik skala kecil maupun besar), dalam hal yang terkait dengan perpajakan (perhitungan hingga pelaporan) dan juga terkait pembukuan perusahaan hingga menjadi laporan keuangan siap digunakan. Pihak ketiga ini sangat membantu banyak perusahaan yang memang memiliki kendala dalam kedua hal tersebut.

Menjadi seseorang yang bekerja dalam bidang jasa, apalagi berusaha menjadi bagian dari penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi terbaik memang memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Dalam proses kerja, sebagian besar konsultan pajak dan akuntasi serta Kantor Akuntan Publik (KAP) masih menggunakan microsoft excel sebagai kertas kerja dalam pengecekan laporan keuangan dan laporan pajak klien. Selama ini, kertas kerja berbasis microsoft excel ini memang memudahkan para konsultan dalam mengolah data dan menyimpan database Chart of Account (COA) dari masing-masing perusahaan klien yang ditangani.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan pekerjaan mengolah data atau membuat laporan menggunakan microsoft excel, mungkin pekerjaan konsultan ini terlihat biasa dan mudah. Mungkin ya, mungkin. Apa lagi jika sang konsultan hanya memiliki 1 klien atau jumlah klien masih bisa dihitung dengan jari, tentu masih bisa dikerjakan dengan baik dalam waktu yang disepakati sebelumnya.

Tetapi, coba bayangkan jika jumlah klien yang ditangani oleh konsultan tersebut berjumlah banyak dan semakin bertambah, pastinya pekerjaan konsultan pajak dan akuntansi pun menjadi semakin rumit dan sulit.

Bagaimana tidak? Mereka harus lebih ekstra memantau file-file excel yang semakin kompleks. Ditambah lagi dengan beragamnya aplikasi pembukuan dan perpajakan yang digunakan klien. Secara otomatis, mereka juga harus sangat paham dengan kerja dan sistem penggunaan aplikasi tersebut dalam proses pengolahan data klien.

Dengan demikian, tentu saja pekerjaan ini memakan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi, mereka juga dituntut memiliki tingkat kecermatan dan ketelitian yang tinggi.

Rekomendasi Software Bagi Penyedia Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi

Melihat fenomena sekaligus potensi tersebut, SystemEver, sebagai salah satu penyedia jasa Cloud ERP Indonesia mencoba menghadirkan dan merancang produk i1 – AccounTax Service sebagai solusi cloud ERP atau sistem ERP berbasis awan (Cloud Based ERP System), untuk para penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi. Dengan menggunakan produk i1 ini, pekerjaan penyimpanan database, pengecekan data, pemantauan kerja, serta menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Dengan hadirnya sistem cloud ERP yang dikembangkan dalam Produk i1 – AccounTax Service ini diharapkan dapat mempermudah konsultan pajak dan akuntansi dalam mengelola seluruh klien hanya dalam 1 (satu) sistem online. Apapun software yang digunakan oleh klien, cukup upload database semudah copy paste data dari excel, data klien pun dapat dilihat dan dikelola menggunakan software sistem ERP produk i1 dari SystemEver.

Fitur-Fitur Software Produk i1 dari SystemEver

Dalam rangka membantu proses kerja para konsultan pajak dan akuntansi, sistem ERP yang hadir dalam bentuk software produk digital i1 persembahan SystemEver ini memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

1. Visual-K Process Map

Visual-K Process Map merupakan halaman proses kerja yang harus dilakukan oleh pengguna SystemEver. Semua pekerjaan dari divisi terkait akan tampak pada satu halaman ini dan dapat diubah menyesuaikan alur/proses yang dilakukan dalam setiap perusahaan. Jadi pengguna tidak perlu lagi membuka atau menutup file untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dalam Visual-K Process Map ini, alur kerja manajemen menjadi lebih teratur, sistematis, nyaman dilihat dan mudah digunakan. Bagi leader atau pemilik perusahaan bisa lebih mudah mengontrol alur kerja yang tengah berjalan.

2. Journal Batch Upload

Merupakan fitur khusus untuk produk i1 – AccounTax Service yang akan memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan upload data klien. Anda hanya perlu 1x upload data dalam jumlah banyak.

Manfaat Produk i1 – AccounTax Service Bagi Konsultan Pajak dan Akuntansi

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dinikmati dengan menggunakan produk i1 – Accountax Service dari SystemEver Indonesia.

1. Navigasi Visual dengan “Visual-K Process Map”

Dengan navigasi berdasarkan visual proses atau “Visual-K Process Map” yang diulas sebelumnya, Anda dapat melihat tahapan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Cukup klik dua kali dan pengguna akan diarahkan langsung ke halaman proses yang diinginkan.

2. Mengurangi Kesalahan oleh Manusia (Human Error)

Dengan fitur Journal Batch Upload data klien, konsultan pajak dan akuntansi dapat mengurangi kemungkinan kesalahan input oleh manusia sehingga dapat meningkatkan efisiensi kinerja dari perusahaan konsultan pajak dan akuntansi.

3. Tidak Membutuhkan Modal Besar untuk Sistem ERP

Berbeda dengan system ERP on premise, SystemEver tidak memerlukan server ataupun jaringan lain yang perlu dibeli oleh perusahaan. Cukup bergabung dalam program Partnership SystemEver, konsultan pajak dan akuntansi dapat segera menggunakan produk i1 ini.

4. Real-time Data Sharing dan Keamanan Data Terjamin

Dengan menggunakan teknologi Azure, keamanan data klien akan terjaga dengan baik. Data ini pun dapat diakses secara real-time sekaligus.

5. Dapat Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja

Dalam era work from home seperti saat ini, menggunakan produk i1 dari SystemEver akan sangat membantu perusahaan konsultan pajak dan akuntansi dalam bekerja. Karena dengan produk i1 ini, dapat diakses di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan, tanpa perlu datang ke kantor.

6. Adanya proses Monthly VAT Closing

Dengan proses Monthly VAT Closing dari i1 – AccounTax Service SystemEver ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan dan juga rekonsilasi PPN Masukan dan Keluaran dan memudahkan proses pelaporan pajak klien Anda setiap bulannya.

Begitulah deretan manfaat yang dapat dinikmati dengan menggunakan produk i1 – AccounTax Service dari SystemEver ini, pekerjaan Anda akan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga Anda dapat mengembangkan usaha Anda dengan lebih mudah.

Jika Anda bergerak di bidang konsultan pajak dan akuntansi, maka produk i1 – AccounTax Service dari SystemEver ini sangat disarankan dan direkomendasikan untuk Anda. Jadilah bagian dalam partnership SystemEver dan dapatkan manfaat terbaik untuk usaha Anda selama ini.

Proses dalam Produk SystemEver i1-AccounTax Service

Produk i1 – AccounTax Service ini sangat memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan pengecekan laporan keuangan klien-klien Anda melalui beberapa proses yang telah disiapkan khusus untuk Anda.

Dengan melakukan upload data klien Anda ke dalam produk i1 – AccounTax Service SystemEver, Anda dapat melakukan pengecekan jurnal dan kesesuaian angka-angka pada laporan keuangan klien berdasarkan aturan berlaku dengan cepat dan mudah.

Produk i1 – AccounTax Service SystemEver juga menyediakan beragam laporan keuangan yang dibutuhkan untuk klien-klien Anda dan membantu Anda dalam memberikan jasa secara maksimal kepada klien Anda.

Tentang SystemEver

SystemEver merupakan sistem software ERP berbasis cloud yang dibuat dan dimiliki oleh YoungLimWon (永林院) Softlab Co., Ltd, suatu perusahan teknologi terkemuka di Asia yang telah beroperasi sejak 1993 di Korea Selatan.

Pada September 1997, YoungLimWon Softlab meluncurkan sistem ERP Korea pertama bernama K-System dan menjadikan Younglimwon salah satu perusahaan ERP terkemuka, terpercaya dan telah terdaftar di Korean Stock Exchange sejak Agustus 2020.

Seiring perkembangan waktu, pada 2014 Younglimwon meluncurkan sistem ERP berbasis cloud untuk menjangkau pasar Asia, dan ini berhasil menjadi solusi banyak perusahaan, membuat bisnis mereka maju serta berkembang sehingga mendapuk YoungLimWon Softlab menjadi Top 10 ERP Software di Asia berdasarkan APAC CIO Outlook.

Pada tahun 2017, Younglimwon hadir di Indonesia dengan membawa sistem Cloud ERP SystemEver yang telah terbukti dan teruji di Korea, Jepang, serta Vietnam. Younglimwon membuka kantor cabang di Indonesia untuk menunjukkan keseriusan dan dukungan penuh bagi pangsa pasar di Indonesia.

Hingga saat ini, Younglimwon telah melayani lebih dari 1.800 pelanggan di Korea, Jepang, Vietnam dan Indonesia. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 28 tahun, Younglimwon – melalui SystemEver yakin dapat memberikan solusi cloud ERP terbaik di Asia.

Khusus Indonesia, Younglimwon menghadirkan SystemEver i-Series yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis di Indonesia dengan skala medium enterprise. SystemEver memiliki 3 layanan yang siap menjadi mitra solusi Anda, yaitu:

  1. SystemEver i1-AccounTax Service, yang dapat membantu konsultan pajak, konsultan akuntansi untuk memudahkan dalam melakukan servis kepada klien.
  2. SystemEver i5-Sales/Distribution, yang dapat membantu perusahaan Distribusi atau Penjualan dalam mengelola bisnisnya dengan menjalankan sistem penjualan, sistem pembelian, dan lain sebagainya.
  3. SystemEver i7-Manufaktur, yang dapat memudahkan manajemen dalam mengelola bisnis dengan  menggunakan sistem manajemen inventory, dan lain sebagainya.

Dengan investasi yang terjangkau bagi pelaku bisnis, SystemEver dapat diandalkan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif berorientasi hasil.

“Kami berharap teknologi manajemen terpadu ERP SystemEver bisa membantu pelaku bisnis UKM di Indonesia tumbuh melesat. Pengalaman panjang kami selama  28 tahun  di Korea, Jepang, Vietnam dan Indonesia menjadi kekuatan bagi kami untuk terus beradaptasi sesuai dengan tren yang berkembang dan karakter sosial budaya masyarakat, “papar CEO Younglimwon Softlab, Young-Bum Kwon.

“Dengan ERP memungkinkan integrasi penuh aktivitas operasi bisnis dan sistem infomasi yang berjalan di setiap lini manajemen secara real time,” tambahnya.

Itulah dia penjelasan seputar Software Produk i1 SystemEver, Sistem Cloud ERP Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi bagi para pembaca, khususnya Anda yang bekerja sebagai seorang konsultan pajak dan konsultan akuntansi.

Terima kasih dan salam hangat. 🙂

 

Disclaimer:

Beberapa foto ilustrasi didapatkan dari situs penyedia foto gratis, Pexels.com

How many stars for this post?

2 Komentar

SyM · Oktober 27, 2022 pada 4:15 pm

Informasinya keren, mudah banget dimengerti

Like it?

Nur · November 3, 2022 pada 9:31 am

sangat menarik, terimakasih informasinya

Like it?

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: