Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Apakah kalian orang asli Tangerang? Atau sudah lama tinggal di Tangerang seperti saya? 🙂 Jika Ya, tentu kalian tau bagaimana rasanya tinggal bertetangga dengan Kota Metropolitan Jakarta ya. 😀 

Terkadang merasa sedikit jealous dengan orang lain yang punya kampung halaman nan jauh di mata. Jauh dari keramaian kota metropolitan bahkan hingga menyebrangi pulau. Tradisi mudik ke kampung halaman setiap tahun selalu menjadi hal yang paling ditunggu. Bertemu sanak famili, mengunjungi tempat-tempat yang indah di kampung halaman dan lain sebagainya. 🙂 But, it’s okay. Walau Tangerang berada dalam ruang lingkup metropolitan dan secara umum dikenal juga sebagai kawasan industri, tetapi Tangerang juga punya banyak tempat seru dan menarik yang bisa kalian banggakan sebagai kampung halaman lho, apalagi ‘Surga Tersembunyi’ nya yang belum banyak diketahui orang. 🙂

Setiap orang tentu saja mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam mendefinisikan ‘surga’. Apalagi, jika ‘surga’ yang dimaksud bersembunyi di suatu tempat atau daerah yang belum banyak terjamah dan diketahui oleh khalayak ramai. Tentu akan membuat semua orang penasaran ya. Lalu, memangnya ada ‘surga tersembunyi’ di tanah Tangerang?

Jawabannya : Tentu saja.

Surga tersembunyi tersebut bisa kalian temukan di tanah Tangerang, tepatnya di daerah Kabupaten Tangerang. Hebatnya, tidak hanya satu, melainkan dua ‘surga’ sekaligus yang bisa kalian kunjungi karena jarak antara kedua ‘surga’ ini tidak terlalu jauh. Kedua ‘surga tersembunyi’ tersebut tak lain dan tak bukan adalah Telaga Biru Cigaru dan Tebing Koja atau Kandang Godzila.

MEMANJAKAN MATA DAN BERFOTO RIA DI TELAGA BIRU CIGARU

Sumber: sportourism.id

Mungkin diantara kalian ada yang pernah mendengar atau mengetahui sebelumnya tentang Telaga Biru Cigaru yang terletak di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang ini. Benar, tempat ini memang sempat nge-hits di dunia maya dan berbagai sosial media karena keunikannya dan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari metropolitan Jakarta. Wajar saja, karena Danau unik semacam ini memang jarang ditemukan di tanah Tangerang yang secara umum lebih dikenal sebagai daerah industri.

Suasana antusiasme pengujung Danau Biru Cigaru saat masih baru diketahui dan nge-hits di sosial media. Sumber : Dokumentasi Pribadi.

Telaga Biru Cigaru atau biasa disebut juga Danau Biru Cigaru merupakan salah satu fenomena alam yg terjadi di tempat bekas/eks galian tambang pasir di daerah Kecamatan Cisoka, Kab. Tangerang. Yang membuat tempat ini begitu fenomenal adalah karena genangan air sedalam sekitar 50 meter tersebut memiliki warna yg berubah-ubah, biru dan hijau (dulu sempat pula terlihat bening). Tak heran, kemudian masyarakat sekitar memberi nama tempat ini ‘Telaga Biru Cigaru’ sesuai dengan lokasinya yang berada di Desa Cigaru, Kecamatan Cisoka.

View this post on Instagram

'"Danau Biru Cisoka Bersolek" . Setelah heboh dan menarik perhatian publik pasca kehadirannya pada tahun 2015, kini hampir 4 tahun berselang, Danau Biru Cigaru yang terletak di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang ini semakin bersolek dengan memperbanyak fasilitas dan wahana hiburannya. . . Ini kali kedua kunjungan saya ke tempat ini. Pertama kalinya ya ketika heboh pada 2015 yang lalu. And can you guess what I feel, guys? 😅 . A little bit surprise and speechless, karena sudah sangat berbeda dengan kondisi pada tahun 2015. Mungkin pemerintah setempat dan warga sekitar sudah sangat menyadari potensi wisata yang dimiliki oleh Danau Biru Cigaru ini sehingga dikembangkan dengan menambahkan wahana-wahana hiburan 'kekinian' yang terbukti ampuh menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat, khususnya Kabupaten Tangerang dan sekitarnya, apalagi di libur lebaran seperti ini. 😃. . . Nah, gimana dengan kalian, guys? Sudah mampir kah kesini? 😁 Tunggu foto-foto saya yang lain di postingan selanjutnya ya. . 🌏 Location: Danau Biru Cigaru, Cisoka, Tangerang. . . #BangFirmanPhotograph #BangFirmanJalanJalan #BangFirmanLebaran #WhatFirmanDoesAsAmateurPhotographer #iCaptureTheMoment #JalanJalanLebaran #Holiday #DanauBiru #DanauBiruCigaru #DanauBiruCisoka #Cisoka #ExploreTangerang #AboutTng #ExploreBanten #CanonM10 #CanonMirrorless #Mirrorless #CanonIndonesia #Canonian #CanonPhotography #TourismEnthusiast #WhatFirmanDoesAsTourismEnthusiast #HumanInterest

A post shared by Firmansyah (@fman_firmansyah) on

Kini, tempat ini sudah dikunjungi oleh banyak orang. Ada saja orang yang datang berkunjung setiap harinya, khususnya pada akhir pekan dan hari libur. Ini semua tentunya berkat the power of social media. Karena nuansa alamnya yang memanjakan mata dan sangat instagramable, tak sedikit orang juga menjadikan Danau Biru ini sebagai lokasi photoshoot ala model untuk mempercantik feeds sosial media mereka seperti Instagram dan bahkan ada juga yang melakukan photoshoot untuk pre-wedding di Danau Biru Cigaru ini lho. Kece abis, kan?

Salah satu photoshoot yang dilakukan di Danau Biru Cigaru. Sangat instagramable, bukan? Sumber: Akun Instagram @michaellaneyssa

BERBURU FOTO KECE DI KANDANG GODZILA TEBING KOJA

Suasana Tebing Koja di pagi hari. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Nah, setelah puas berfoto ria dan memanjakan mata di Telaga Biru Cigaru, tidak jauh dari lokasi Telaga Biru ada lagi satu ‘surga tersembunyi’ yang baru-baru ini juga sempat menghebohkan para netizen di sosial media, khususnya di kalangan traveler. Surga itu bernama Tebing Koja atau banyak juga yang menyebutnya Kandang Godzila. Tebing Koja terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Jadi, sudah berbeda kecamatan dengan Telaga Biru Cigaru yang berlokasi di Kecamatan Cisoka. Tapi jangan khawatir. Jarak diantara keduanya tidaklah jauh. Bisa ditempuh sekitar 10 – 15 menit jika menggunakan sepeda motor.

Pemandangan Tebing Koja atau Kandang Godzila yang kece dan bagus untuk dijadikan objek foto. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Tidak jauh berbeda dengan Telaga Biru Cigaru, Tebing Koja juga terbentuk dari bekas tambang pasir yang sudah lama tidak aktif. Perbedaannya adalah jika Telaga Cigaru memiliki genangan air yang menutupi hingga tingginya sekitar 50 meter sehingga terbentuk layaknya sebuah Telaga atau Danau, sedangkan Tebing Koja ini memberikan sensasi pemandangan layaknya suatu lembah yang dibawahnya terdapat hamparan sawah, danau kecil dan dikelilingi oleh tebing-tebing dan bukit-bukit pasir yang terbentuk secara alami dari sisa-sisa penambangan.

Pemandangan di Tebing Koja saat menjelang senja. Sumber: hipwee.com

Nah, pasti diantara kalian juga ada yang bertanya-tanya deh. Mengapa orang-orang menyebut Tebing Koja ini sebagai Kandang Godzila? Julukan tersebut diberikan karena Tebing Koja ini sekilas terlihat seperti lembah-lembah yang muncul dalam film Godzila. Apalagi di Tebing Koja ini ada satu tebing yang terletak di tengah-tengah dan bentuknya menyerupai Raksasa Godzila atau Dinosaurus. Coba deh kalian perhatikan lagi. Mirip, kan? 😀

HOW TO VISIT?

Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke dua ‘surga tersembunyi’ di Tangerang ini, kalian bisa dengan mudah mencapai lokasi dengan dukungan akses yang memadai. Bagi kalian yang berasal dari Jabodetabek atau luar daerah lainnya, kalian bisa gunakan akses Commuter Line dan turun di Stasiun Tigaraksa, lalu melanjutkan perjalanan ke lokasi Telaga Biru Cigaru dan Tebing Koja menggunakan Angkutan Umum jurusan Balaraja – Taman Adiyasa atau Ojek Pangkalan yang stand by di depan stasiun. Opsi lainnya, tanpa naik kereta kalian bisa langsung naik Angkutan Umum lainnya  baik dari arah Jakarta ataupun Serang menuju ke Cisoka atau Solear, atau lebih enak dan leluasa lagi sih kalo perginya menggunakan kendaraan pribadi aja, bisa sepeda motor atau mobil. Bagaimana, simple kan?

Yuk jelajahi surga-surga tersembunyi yang instagramable di tepi metropolitan. 🙂

How many stars for this post?

8 Komentar

Aminnatul Widyana · November 11, 2018 pada 5:29 am

Ada ya tempat begini di kota metropolitan? Itu danau bisa warna hijau & biru apa mungkin kayak danaunya Kelimutu ya? Di sana juga bisa jd 3 warna gitu, yg 1 nya warna hitam

Like it?

    Firmansyah · November 11, 2018 pada 10:46 am

    Hahaha iya mbak, ada kok. Ini di Tangerang, tepatnya di Kabupatennya. Ya lumayan dekat lah dari Metropolitan Jakarta. Iya mbak, warnanya memang ada yg kehijauan dan kebiruan, ya bisa dibilang untuk warna airnya hampir sama dengan Danau Kelimutu di Flores ya. Tapi, bedanya itu kan di dataran tinggi ya mbak, kalau ini hanya bekas pertambangan pasir yang sudah tidak aktif, kemudian menjadi danau.

    Like it?

Joe Candra · November 11, 2018 pada 12:13 pm

sayangnya kmrn ane gak ksni bang, sumpah keren eta mah

Like it?

    Firmansyah · November 11, 2018 pada 12:34 pm

    Hhehe iya ya bang. Padahal searah dengan Stasiun Tigaraksa ya. Insya Allah lain waktu ya bang. Kalo maen ke Tangerang lagi. 🙂

    Like it?

hani · November 11, 2018 pada 3:38 pm

Saya sampai pelototin foto Kandang Godzila, tapi engga nemu uy bentuk godzilanya. Kayaknya saya harus ke sana aja yah. Hehe… Nah kalau dari Bandung, lebih praktis naik KA, turun Gambir, sambung commuter line yah. Sip…

Like it?

    Firmansyah · November 11, 2018 pada 4:42 pm

    Hehehe tebing yang di tengah itu bun. Agak mirip Dino atau Godzila gitu deh. Hehehe…
    Betul sekalii bun… Naik kereta api dari Bandung lanjut pake KRL terus abis dr KRL nanti naik angkutan umum atau sewa motor. Hehehe…

    Like it?

Adhi Nugroho · November 12, 2018 pada 12:16 am

Pertanyaannya, siapakah wanita yang berdiri di atas Tebing Koja? Hahaha. Ga penting.

Anyway, aku beneran penasaran sama Tebing Koja. Sekelilingnya itu persawahan, ya? Pasti seger banget pagi-pagi traveling ke sana ya, Mas. Terima kasih artikelnya. Nambah list tempat wisata alam. Sukses terus ya, Mas.

Like it?

    Firmansyah · November 12, 2018 pada 12:31 am

    Hahahaaha siapa ya itu? Wkwkwk…
    Betul mas, sekelilingnya itu persawahan. Segeerr banget, Mas pagi2 ke sana. Suasananya masih syahdu. 🙂
    Dan yang paling penting, instagramable alias hits hehehe…

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This