Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Kamu sadar gak sih kalau ada banyak hal, momentum, atau barang berbentuk fisik yang biasanya dianggap sepele dan tidak memiliki makna apa pun di rumah, ternyata memiliki peran penting bahkan berdampak sangat besar terhadap gaya hidup, kebiasaan, cara berpikir, serta suasana hati atau mood kita sehari-hari?

Contohnya, momentum makan bersama keluarga di rumah. Tentu bukan hal yang aneh dan asing bagi setiap keluarga untuk makan bersama-sama di rumah. Namun disadari atau tidak, saat ini rasanya sudah semakin jarang kita melihat pemandangan keluarga yang duduk dan makan bersama di meja makan.

Sering kali saat jam makan tiba, ada saja yang lebih memilih makan sambil menonton televisi, makan di kamarnya sendiri sambil bermain smartphone, makan sambil menonton film di laptop, dan lain sebagainya. Tradisi makan bersama keluarga rasanya hilang begitu saja tergerus zaman dan kebiasaan-kebiasaan baru, sehingga keberadaan meja makan di rumah pun acap kali dianggap remeh dan tidak penting. 

Bagaimanapun, anggapan-anggapan yang menilai bahwa keberadaan meja makan di rumah itu tidak penting perlu untuk kita luruskan. Karena sejatinya, kita semua tentu sepakat bahwa meja makan seutuhnya memiliki peran sentral, baik dalam hubungan sebuah keluarga ataupun dalam konsep estetika ruangan.

Kehadiran meja makan sepatutnya tidak hanya sebatas tempat untuk menghidangkan dan menyantap makanan yang telah disajikan. Lebih dari itu, meja makan di rumah memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat yang sangat baik bagi keberlangsungan hubungan antar anggota keluarga serta menambah unsur estetika, karena adanya meja makan dapat memberikan kesan apik, rapi, dan manis pada ruang makan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa keberadaan meja makan begitu penting di rumah.

#1. Tempat Berkumpulnya Seluruh Anggota Keluarga 

Tidak dapat dipungkiri, makan bersama keluarga memang memberikan makna tersendiri. Seluruh anggota keluarga akan berkumpul ketika makan bersama di meja makan. Dengan demikian, pastinya momen berkumpul ini merupakan kesempatan yang baik dan berharga bagi seluruh anggota keluarga untuk berkomunikasi satu sama lain.

#2. Menjadi Tempat Diskusi Anggota Keluarga 

Meja makan memang semestinya tidak hanya sekadar untuk tempat makan bersama. Namun juga sebagai tempat diskusi bagi para anggota keluarga. Banyak yang bisa diobrolkan di meja makan bersama anggota keluarga sembari menyantap lezatnya makanan yang tersaji. Hal ini tentu saja bisa menambah kedekatan dan kehangatan hubungan antar sesama anggota keluarga.

#3. Sarana Mengajarkan Etika dan Keterampilan Sosial 

Makan bersama di meja makan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengajarkan sopan santun, khususnya etika saat sedang makan bersama. Selain itu, makan bersama di meja makan juga dapat membantu dalam rangka mengembangkan keterampilan sosial, khususnya bagi anak-anak. Seperti menjadi pendengar yang baik, sabar dalam menunggu giliran, dan lain sebagainya.

#4. Menambah Nilai Sajian Makan 

Adanya meja makan di dalam rumah tentu akan menambah kesan lezat dari makanan yang tersaji di atasnya. Dengan merapikan dan menata meja makan agar terlihat rapi, bersih, dan indah, maka akan memengaruhi penyajian makanan. Apa lagi penyajian dan penataan makanan yang rapi, bersih, dan menyenangkan disebut-sebut juga dapat meningkatkan gairah makan bagi yang melihatnya. Wah!

Berbicara tentang meja makan, sepertinya bukan rahasia umum lagi jika ruangan-ruangan kecil di dalam rumah yang tidak terlalu besar akan memberi tantangan tersendiri dalam proses menata rumah. Bagaimana tidak, pasalnya ada beberapa furniture berukuran besar yang biasanya cenderung mendominasi ruangan, salah satunya adalah meja makan yang sedang kita bahas ini.

Tapi jangan khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Hehe. Hadirnya berbagai desain meja makan minimalis yang mampu menyesuaikan penempatan di dalam ruangan kecil, tentunya memberikan angin segar bagi para pecinta furniture bergaya elegan dan minimalis.

Tidak hanya itu, meja makan minimalis juga mampu menonjolkan nilai estetika di ruang makan yang dapat memberikan kesan manis, elegan, luas, bersih, dan modern sehingga nyaman untuk dinikmati saat makan bersama keluarga atau tamu di rumah. 

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki meja makan minimalis tapi masih bingung bagaimana cara memilih dan membeli yang cocok untuk ruang makanmu di rumah, ada beberapa hal yang perlu untuk kamu perhatikan nih. Berikut ini adalah beberapa tips memilih dan membeli meja makan minimalis untuk membuat suasana rumah kamu jadi semakin manis!

#1. Tentukan Bentuk Meja Makan 

Saat mencari di pasaran, meja makan minimalis pastinya akan hadir dalam beberapa pilihan bentuk, seperti lingkaran, kotak, persegi panjang, hingga oval. Silakan pilih sesuai dengan keinginan, tapi perlu diingat bahwa menentukan bentuk meja makan pastinya juga akan memengaruhi ruang gerak kamu.

#2. Pilih yang Multifungsi untuk Mempermudah Kebutuhan 

Kalau bisa dua atau tiga fungsi, mengapa harus satu? Ya, kan? Singkatnya sih begitu. Hehe. Menggunakan meja makan minimalis yang multifungsi akan mempermudah kita saat ada tamu yang datang berkunjung. Misalnya, kamu bisa memilih meja makan minimalis yang bisa dilipat, dipanjangkan, atau dipendekkan untuk memudahkan kamu memanfaatkan ruang makan dengan optimal.

#3. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan 

Selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran set meja makan dengan ruangan. Apa lagi bagi kamu yang memiliki ruang makan terbatas, meja makan berukuran besar tentu bukan pilihan yang tepat karena akan membatasi ruang gerak. For your information, biasanya meja makan punya ketinggian standar antara 28 sampai 30 cm. Jadi, pilih yang menurut kamu nyaman ya!

#4. Sesuaikan dengan Jumlah Anggota Keluarga 

Oh ya, baiknya kamu juga mempertimbangkan jumlah anggota keluarga di rumah. Karena dengan menyesuaikan meja makan dengan jumlah anggota keluarga, akan membantu kamu untuk menentukan meja makan terbaik agar semua orang yang ada di rumah bisa ikut makan bersama dengan nyaman.

#5. Sesuaikan dengan Budget 

Dan tips memilih meja makan minimalis yang juga tidak kalah penting adalah sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu memiliki dana yang terbatas, kamu bisa memilih meja makan minimalis dengan harga di kisaran Rp. 1 juta atau 2 jutaan. Intinya, jangan sampai keinginan kamu untuk memiliki meja makan minimalis akhirnya malah mengganggu catatan pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu ya!

Nah, setelah mengetahui alasan pentingnya keberadaan meja makan di rumah serta beberapa tips dalam memilih dan membeli meja makan minimalis di atas, mungkin akan terlintas di pikiran kamu sebuah pertanyaan berikut:

Pertanyaan: Memangnya ada meja makan minimalis dengan kualitas produk terjamin, namun harganya tetap terjangkau dan mudah didapatkan baik secara offline maupun online? Di mana?
Jawabannya: Tentu saja ada! iCreate.id solusinya!

Benar sekali! iCreate.id bisa menjadi solusi yang tepat dan praktis untuk mewujudkan keinginan kamu memiliki meja makan minimalis di rumah. By the way, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang iCreate.id sebelumnya? 🙂 

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Jadi, bagi kamu yang baru pertama kali mendengar tentang iCreate.id, baiknya kamu kenalan dulu dengan toko furniture keren yang satu ini sebelum membahas lebih lanjut tentang produk meja makan minimalis dan furniture keren lain yang dimilikinya.

For your information, iCreate.id sebenarnya merupakan toko furniture online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan furniture, dekorasi, dan perlengkapan rumah lainnya, seperti sofa, meja makan, meja kerja, kursi makan, lemari, lemari kabinet, beragam pilihan aksesoris dan linen, dan lain sebagainya dengan jaminan produk berkualitas dan harga yang terjangkau. 

Dengan mengusung konsep produk furniture dan dekorasi yang minimalis dan elegan, serta dilengkapi sentuhan inspirasi dari gaya hidup ala Skandinavia atau bangsa Eropa Utara yang cukup mendunia, iCreate.id hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan berbelanja furniture, kapan pun dan di mana pun.

Selama perjalanannya sebagai toko furniture online, iCreate.id berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman belanja online yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Mulai dari adanya jaminan orisinalitas untuk semua produk yang mereka jual, transaksi dengan proses yang cepat dan mudah, beragam pilihan fasilitas pembayaran yang lengkap, mudah dan aman, fasilitas penukaran dan pengembalian produk, serta adanya garansi resmi dari iCreate.id.

Walau iCreate.id cukup dikenal dengan tagline-nya sebagai toko furniture online, namun beberapa tahun terakhir iCreate.id juga berusaha hadir lebih dekat kepada para pelanggannya dengan menghadirkan showroom atau offline store yang saat ini sudah tersedia di dua lokasi, yaitu di BSD City, Tangerang Selatan dan Gading Serpong, Tangerang, sehingga para pelanggan dan para calon pembeli yang penasaran dengan kualitas produk iCreate.id bisa survei dan melihatnya secara langsung.

Nah, ngomongin tentang iCreate.id beserta showroom atau toko offline-nya yang kini sudah tersedia di dua lokasi berbeda, kebetulan sekitar seminggu yang lalu saat sedang jalan-jalan santai di sekitar kawasan BSD City bersama adik saya, saya juga menyempatkan untuk mampir ke showroom iCreate.id BSD City yang beralamat di Ruko The Icon Business Park Blok A no. 3, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Video pengalaman ketika saya dan adik saya berkunjung ke sana pun sudah saya unggah ke kanal YouTube pribadi saya dan bisa dilihat pada tautan video YouTube di atas.

So far, saya pribadi pun merasa terkesan dengan produk-produk furniture dan dekorasi yang ditawarkan oleh iCreate.id saat mengunjungi showroom-nya serta melihat dan merasakan secara langsung beragam pilihan produk furniture yang dimilikinya. Mulai dari meja makan, kursi makan, meja kerja, sofa, lemari, aksesoris, linen, hingga kitchen set dan beragam dekorasi rumah lainnya, semuanya memang mengedepankan kualitas produk yang patut diacungi jempol!

Kembali ke pembahasan seputar meja makan minimalis.

Setelah saya mengetahui bahwa iCreate.id menjual berbagai macam pilihan produk furniture berkualitas secara online dan offline, serta layak dijadikan sebagai referensi dan rekomendasi toko furniture yang aman dan tepercaya, maka tidak heran bila akhirnya saya juga merekomendasikan iCreate.id sebagai solusi pilihan toko furniture bagi mereka yang ingin memiliki meja makan minimalis.

Dengan bermodalkan katalog online yang ada di website resmi iCreate.id dan pengalaman pribadi saat berkunjung ke showroom iCreate.id di BSD City, ada beberapa produk meja makan minimalis persembahan iCreate.id yang berhasil mencuri perhatian saya dan mungkin juga cocok dijadikan rekomendasi untuk kamu.

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

#1. Waldenburg Meja Makan Extendable Motif Marmer 

Kalau boleh dibilang, meja makan Waldenburg yang cantik ini sudah mencuri perhatian saya sejak pandangan pertama. Uuuhh… So sweet banget, kan? 😀 Ya bagaimana tidak, nuansa premium dan berkelas dengan garis-garis yang bersih dan penampilan yang ramping membuat meja makan bermotif marmer ini seolah memancarkan pesona dan gaya yang mewah di ruang makan. 

Meja makan minimalis ini berkonsep extendable. Dimensi awalnya membuat meja tersebut cocok untuk digunakan oleh empat orang saat makan bersama. Tapi tenang, jika butuh kursi ekstra, cukup tarik daun ekstensi bawaan yang cerdas untuk memberi ruang bagi tambahan anggota keluarga atau teman.

#2. Hannover Meja Makan Kayu Minimalis 

Jujur ya. Saat pertama kali saya melihat meja makan Hannover ini secara langsung di showroom, kesan yang muncul di pikiran saya adalah meja ini cukup sederhana namun terlihat manis dan elegan. Ukurannya yang tidak begitu besar semakin memberikan kesan minimalis yang sangat kental. Selain itu, saya juga suka perpaduan warna yang dimilikinya, yaitu warna putih di bagian atas dan cokelat di bagian bawah atau kakinya.

Meja makan ini terbuat dari bahan MDF dan Solid beech wood. Dengan bentuknya yang persegi dan desainnya yang simpel tapi terlihat premium akan membuat ruang makan di rumah tampak lebih  manis dan berkelas. Dilihat dari ukuran dan desainnya juga, meja makan kayu ini sangat cocok untuk di apartment atau ruang makan yang tidak terlalu besar.

#3. Postdam Meja Makan Minimalis Kayu 4 Kursi 

Setuju gak kalau saya bilang meja makan ini sangat bergaya Skandinavia? 🙂 Nyatanya, meja makan Postdam beserta kursinya ini memang sangat memberikan kesan dan vibes yang cukup minimalis untuk ruang makan di rumah.

Meja makan kayu ini terbuat dari MDF yang dilapisi dengan HPL (High Pressure Laminate) sehingga menjadikan meja makan minimalis ini awet untuk pemakaian dalam kurun waktu yang lama. Dengan kaki yang terbuat dari kayu solid menjadikan meja makan ini kokoh untuk menopang aneka macam hidangan yang kamu sajikan nantinya. Bahkan, iCreate.id menjamin bahwa kaki kursi yang solid dan kuat tersebut dapat menanggung beban lebih dari 150 kg. Wow! Kuat banget nih!

Nah, itu dia beberapa pilihan meja makan minimalis yang berhasil mencuri perhatian saya dan pastinya cocok banget untuk dijadikan rekomendasi bagi kamu yang ingin segera memiliki meja makan minimalis di rumah. Segera miliki ya, sebelum nanti dipinang oleh orang lain. *eh …

Bagaimana? Sudah puas melihat tampilan produk meja makan minimalis yang dimiliki oleh iCreate.id?

Eitss, tunggu dulu. Produk-produk premium dan unggulan iCreate.id pastinya tidak hanya sekadar meja makannya yang minimalis, melainkan masih banyak produk-produk furniture berkualitas lainnya yang bisa kamu pilih dan miliki untuk menghiasi rumah kesayangan kamu. Mulai dari produk furniture seperti meja kerja, sofa, lemari, serta berbagai pilihan aksesoris dekorasi rumah berkualitas seperti lukisan, bunga, cermin, bingkai foto, jam, hingga beragam pilihan linen berkualitas seperti bed cover, bantal, karpet, handuk, dan lain sebagainya.

Agar tidak dianggap sebagai isapan jempol belaka, berikut ini saya tampilkan berbagai pilihan produk berkualitas persembahan iCreate.id dalam versi foto-foto yang lebih riil dan jelas.

*Peringatan: Foto-foto berikut ini bisa membuat siapa pun yang melihatnya jadi ingin segera meminang produknya. (produknya lho, bukan modelnya) 😀

Membahas tentang furniture dan dekorasi rumah memang seru ya, seakan tidak ada habisnya. Karena semua orang pastinya ingin mempersembahkan dan menampilkan yang terbaik bagi rumah sebagai tempat tinggal sehari-hari mereka. Jadi, wajar saja kalau semua orang akhirnya berlomba-lomba dan mencari ke sana ke mari untuk memiliki produk furniture dengan kualitas yang baik dan tampilan yang apik, termasuk mencari dan membelinya secara online.

Dan mulai sekarang, sepertinya kita sepakat kalau ingat tentang furniture online, pastinya akan ingat iCreate.id dong! Hehe …

By the way, setelah panjang lebar membahas tentang meja makan dan berbagai furniture lainnya di iCreate.id, ditambah dengan foto-foto dan video vlog yang saya abadikan saat berkunjung ke showroom iCreate.id di BSD City, mungkin akan muncul satu pertanyaan lagi.

Pertanyaan: Kenapa sih harus belanja furniture di iCreate.id?
Jawabannya: Ya karena iCreate.id menawarkan berbagai keunggulan yang tidak bisa kita dapatkan di toko-toko furniture lainnya. Jadi, why not?

Nah, untuk lebih meyakinkan, berikut ini saya tuliskan secara rinci beberapa alasan dan keunggulan-keunggulan yang dimiliki iCreate.id. Yuk, disimak!

  1. Belanja furniture online dan offline : Berbelanja furniture secara online melalui website iCreate.id dan akun-akun iCreated.id di marketplace, dan juga secara offline dengan mengunjungi showroom atau offline store-nya.
  2. Gratis ongkir (ongkos kirim) :  iCreate.id tidak tanggung-tanggung memberikan penawaran menarik berupa Gratis Ongkir bagi kamu yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.
  3. Gratis instalasi : Lagi-lagi buat kamu yang berdomisili di Jabodetabek. Selain gratis ongkir, kamu juga bisa dapat fasilitas gratis instalasi. Untung banget, kan? Kalau hemat begini, sudah pasti semuanya suka.
  4. Beragam pilihan produk furniture dan dekorasi : Seperti yang sudah dijabarkan, iCreate.id memiliki banyak variasi produk furniture dan dekorasi rumah. Mulai dari meja, lemari, kursi, hingga beragam pilihan aksesoris dan linen.
  5. Produk dijamin berkualitas : Kualitas produk furniture dan dekorasi rumah persembahan iCreated.id memang tidak perlu diragukan lagi. Kalau kurang yakin, silakan kunjungi showroom-nya untuk melihat secara langsung. Dijamin puas!
  6. Website profesional, simpel, danmobile friendly : Situs resmi iCreate.id memiliki kesan simpel, namun tetap profesional. Dan yang paling penting, mobile friendly! Jadi, situsnya tetap mudah diakses walau menggunakan smartphone.
  7. Adanya garansi dan fasilitas refund : iCreate.id memberikan garansi 7 hari uang kembali apabila kita tidak puas dengan barang yang dibeli. Selain itu, kita juga bisa menukar atau mengembalikan produk apabila produk yang kita beli tidak sesuai saat sampai di rumah.
  8. Terdapat fasilitas cicilan 0% : Buat kamu pengguna kartu kredit, fasilitas ini pastinya menguntungkan sekali, karena iCreate.id memberikan fasilitas cicilan 0% yang bisa kamu nikmati melalui berbagai pilihan kartu kredit ternama.
  9. Review-review positif dari pembeli : Tidak perlu ragu belanja di iCreate.id, karena sudah banyak sekali review positif, baik dari para langganan maupun dari para pembeli baru. Tidak percaya? Cek saja sendiri di websitenya. 😀
  10. Layanan Customer Service 24 Jam dan bukan robot! : Hmmm … kamu pasti bete dong kalau mau tanya-tanya tapi dilayaninya oleh robot? Wkwk. Tapi tenang, itu gak akan terjadi saat menghubungi customer service iCreate.id via WhatsApp. Layanan customer servicenya pun sangat profesional dan menjunjung tinggi pelayanan pelanggan. Keren!
  11. Dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya. Rasakan saja sendiri bagaimana puasnya berbelanja di iCreate.id ya. Selamat mencoba. 😀

Pada awal tulisan, saya sempat menuliskan bahwa meja makan termasuk salah satu hal atau barang yang biasanya dianggap sepele dan tidak memiliki makna apa pun di rumah. Padahal, keberadaan meja makan memiliki peran penting dan berdampak sangat besar terhadap banyak hal, salah satunya bagi suasana hati atau mood kita sehari-hari di rumah. Setuju, kan?

Nah, dengan memiliki meja makan minimalis persembahan iCreate.id, itu juga bisa menjadi sarana bagi kita untuk mencerahkan mood dan menambah semangat kita di rumah. Karena selain membuat suasana rumah semakin estetik dan manis, berbagai pilihan meja makan minimalis yang ditawarkan oleh iCreate.id juga bisa dimanfaatkan secara multifungsi untuk produktivitas kita. Jadi, kita bisa tetap aktif dan produktif selama di rumah. Amazing,  bukan? 🙂

Hebatnya lagi, iCreate.id hadir di tengah-tengah maraknya kebutuhan akan produk-produk furniture berkualitas. Kehadiran iCreate.id sebagai toko furniture online pastinya patut untuk diapresiasi, mengingat masih minimnya referensi toko furniture berkualitas dan tepercaya yang bisa melayani pembelian furniture secara online serta menyediakan showroom untuk keperluan survei produk dan pembelian secara offline. 

So, tunggu apa lagi? Yuk, kita buat suasana rumah kita jadi semakin manis dengan meja makan minimalis persembahan iCreate.id. 🙂

Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi, inspirasi, dan manfaat.

Terima kasih dan salam hangat.

 

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Tetap Produktif Bersama iCreate.id. Tulisan ini merupakan hasil pemikiran dan pengalaman pribadi penulis yang didukung oleh beberapa sumber referensi lainnya sebagaimana tercantum pada daftar sumber referensi di bawah.

Beberapa foto merupakan dokumentasi pribadi dan beberapa lainnya didapatkan dari iCreate.id. Beberapa gambar diolah desain secara mandiri oleh penulis menggunakan Canva. Adapun video juga merupakan dokumentasi pribadi yang diunggah ke situs video YouTube dengan nama kanal Bang Firman’s Channel. Terima kasih.

 

Sumber Referensi Tulisan: 

  • Pengalaman Pribadi Berkunjung ke Showroom iCreate.id di BSD City
  • Website Resmi iCreate.id (https://www.icreate.id/)
  • Media Sosial iCreate.id
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2012/07/03/10201132/10.manfaat.makan.bersama.keluarga
  • https://www.popbela.com/inspirations/tips-memilih-meja-makan
  • https://www.genpi.co/berita/43119/catat-3-fungsi-meja-makan-yang-sering-diabaikan?page=2 
How many stars for this post?

4 Komentar

Muhammad Aqil Maulana · Maret 2, 2021 pada 9:07 pm

Bagus banget cara penyampaiannya dalam penulisan. Awal-awal ngebahas tentang keluarga dulu, kemudian merembet alasan yang sekiranya bisa mempengaruhi para pembaca.
Setelah diyakini bahwa para pembaca ini tertarik, dikasih tau tips dan trik cara memilih meja makan minimalisnya.
Selain itu, ada banyak foto yang mendukung tulisan. Gk tanggung-tanggung, juga ada videonya.

Gk heran kalo Bang Firman juara satu di lomba ini :).
Congratulation ya bang.

Like it?

    Firmansyah · Maret 4, 2021 pada 12:54 pm

    Wah. Terima kasih banyak ya, Kak Aqil Maulana. Sudah mau mampir membaca dan memberikan komentar di sini.
    Alhamdulillah. Semoga tulisannya bermanfaat ya. Aamiin.

    Terima kasih juga atas ucapan selamatnya. Jazaakumullah.

    Salam hangat. 🙂

    Like it?

Joe Candra · Maret 4, 2021 pada 11:06 pm

INIIIII MAHHHH EMANG KEREENNNNNN…. Sekali lagi congratssss bang hahhaa

Like it?

    Firmansyah · Maret 6, 2021 pada 4:20 pm

    Hihi …. Syukron, Bang Joe.
    Terima kasih sudah mampir ngecek, baca, dan komentar di sini ya. 😀

    Salam hangat.

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)