Bingung Cari Rekomendasi Game Edukasi Anak Coba Intip 5 Game Online Ini!

Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Siapa nih di antara kalian yang hobi banget main game di smartphone atau desktop? 

Saya yakin pasti banyak banget. No doubt! Faktanya, memang bagi sebagian besar orang di dunia saat ini sudah menjadikan game sebagai salah satu bagian dari lifestyle atau gaya hidup, sama halnya seperti olahraga. Tentu saja setiap orang memiliki berbagai alasan untuk bermain game, salah satu yang paling umum didengar adalah untuk refreshing dan menghilangkan penat. 

Tapi, agak sedikit berbeda urusannya jika yang bermain game adalah anak-anak. Hingga saat ini, masih banyak orang tua yang berpikir bahwa bermain game itu buruk atau tidak mengajarkan apa pun kepada anak-anak. Sebagai orang dewasa atau orang tua dari anak-anak, kita pasti merasa khawatir dari efek buruk kebiasaan bermain game terhadap anak-anak.

Padahal, bermain game ternyata juga memiliki sederet alasan positif bagi anak-anak. Misalnya, bermain game bisa membantu untuk meningkatkan keterampilan anak-anak dan sebagai alat untuk membantu dalam hal edukasi atau mendidik anak-anak.

Nah, untuk lebih lengkapnya, saya rincikan dalam gambar infografis di bawah ini ya. Setidaknya, ada 7 manfaat dari bermain game untuk anak-anak yang harus diketahui dan pastinya baik untuk sarana edukasi. Apa sajakah? 

7 Manfaat Bermain Game untuk Anak-Anak yang Harus Kamu KetahuiItulah 7 manfaat bermain game untuk anak-anak yang perlu untuk kita ketahui bersama. By the way, saat ini sudah mulai banyak game online yang bertebaran di internet dan memiliki unsur permainan edukatif yang bisa membuat anak-anak menjadi lebih kreatif dan mampu mengembangkan keterampilannya. Selain itu, seperti yang saya tuliskan pada gambar di atas, bermain game juga pastinya bisa mendekatkan hubungan dengan anak saat menikmati aktivitas bermain game bersama.

Sekarang, adakah di antara kalian yang justru masih bingung untuk mencari rekomendasi game edukasi untuk anak? Kalau memang ada, just keep calm, guys. Hehe. Jadi, belakangan ini saya mencoba berbagai game di Plays.org yang banyak sekali jenis dan pilihan kategorinya. Dari sekian banyaknya pilihan game yang bisa dicoba, saya sudah sortir 5 game yang bisa dijadikan rekomendasi bagi kalian yang sedang bingung mencari pilihan game edukasi untuk anak-anak.

So, what are you waiting for? Let’s check them out one by one!

1. Guardians Defenders of Mathematica

Untuk yang pertama, mari kita mulai dengan Guardians Defenders of Mathematica. Guardians Defenders of Mathematica adalah game RPG latihan matematika KS2 bertema fantasi untuk anak-anak dan siswa. Pemain dapat memilih dari 16 kategori matematika yang berbeda, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Ini termasuk pecahan, desimal, dan tes kecepatan perkalian waktunya.

Guardians Defenders of MathematicaYang membuat game ini semakin seru dan menarik adalah karena kalian bisa memilih 1 dari 24 karakter berbeda seperti ksatria, penjaga hutan, prajurit, penyihir, dan lain sebagainya. Untuk memenangkan pertempuran matematika, kalian harus menjawab setidaknya 7 dari 10 pertanyaan dengan benar. Setelah kalian memenangkan permainan, kalian akan mendapatkan satu perisai untuk kategori itu. Cobalah untuk mendapatkan 4 perisai per kategori dan buka sebanyak mungkin senjata dan aksesori.

guardians-defenders-of-mathematica-game 2Intinya, game ini meminta kalian untuk mempertahankan Kerajaan Mathematica dengan mengasah keterampilan matematika. Semakin banyak pertempuran Matematika yang kalian mainkan, tentu saja akan membuat permainan ini semakin seru dan sengit. Yuk dicoba untuk anak-anak di rumah!

2. Garfield Sentences Writing Structure Game

Rekomendasi selanjutnya adalah Garfield Sentences Writing Structure Game. Permainan ini bisa dibilang adalah game edukasi yang sangat sederhana untuk anak-anak dengan bertemakan kucing komik strip yang terkenal. Ya, Garfield! Siapa sih yang tidak kenal dengan si kucing ikonik ini? 😀

garfield-sentences-game-mode

Bagi kita yang orang Indonesia, game ini sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun. Untuk cara bermainnya, kita perlu unlock atau buka bintang yang cukup pada setiap level agar Garfield dan Odie (tokoh Anjing teman Garfield) bisa melihat dan menemani kalian saat bermain game ini.

garfield-sentences-practice-game 2Game ini cukup bagus sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, khususnya dalam pelajaran Bahasa Inggris. Dengan game ini, anak-anak bisa berlatih menyusun kata dan membentuk kalimat secara lengkap dalam Bahasa Inggris. Kalian cukup pilih antara dua mode permainan yang tersedia dan bermain game hingga bisa dapatkan bintang untuk bisa membuka rasi bintang kartun. Menarik, kan? Layak banget dicoba nih untuk anak-anak!

3. Gumball’s Word Search Game

Game edukasi ketiga yang saya masukkan dalam rekomendasi ini adalah game sederhana bernama Gumball’s Word Search Game. Dalam permainan menemukan kata ini, kalian harus cari nama penduduk Elmore sebanyak yang diminta dan secepat mungkin. Kata-kata tersebut bisa dicari dalam baris horizontal, vertikal, atau diagonal dan beberapa kata dieja terbalik. 

amazing-world-of-gumball-word-search

Dapatkan peringkat bintang yang lebih tinggi dan itu semua tergantung pada seberapa cepat kalian memecahkan teka-teki kata yang harus ditemukan. Maka, temukan kata-kata lebih cepat untuk mendapatkan peringkat bintang yang lebih baik.

amazing-world-of-gumball-word-search-game-play 2Permainan ini memang terkesan simpel dan lawas karena kesederhanaannya. But hey, bagi anak-anak, game ini akan membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, karena mengandalkan kecepatan dan ketepatan. Selain itu, pastinya game ini juga akan membuat mereka lebih bahagia dan merasakan mood yang baik. 

4. Zombie Typing Practice Game

Kalian ingat gak kalau game yang bertemakan zombie pernah sangat booming dimainkan beberapa tahun silam? Sepertinya peran zombie dalam sebuah game cukup menambah kesan dan tantangan tersendiri sehingga bisa mencuri perhatian banyak orang. Nah, rekomendasi game edukasi anak selanjutnya juga bertemakan zombie nih, yaitu Zombie Typing Practice Game.

zombie-typing

Jika dilihat dari namanya saja, sebenarnya sudah bisa diketahui bahwa game ini adalah permainan latihan mengetik untuk anak-anak di mana mereka dapat melatih kecepatan mengetik mereka pada keyboard/keypad dengan menembak zombie yang masuk dengan kata-kata di kaki mereka.

Bagaimana cara bermainnya? Untuk setiap zombie, ketik kata yang ditampilkan di bawah dekat kakinya sebelum zombie sampai mendekat ke jagoan kalian di layar. Jika kalian mengetik huruf yang salah, kata tersebut akan dihapus dan kalian harus mulai mengeja dan mengetiknya lagi dari awal.

zombie-typing-game 2Ketika zombie bisa mencapai ke tempat kalian dan menyerang, kalian bisa mati atau kalah setelah mendapatkan 4 pukulan dari zombie. Di setiap putaran berikutnya zombie-zombie tersebut akan bergerak lebih cepat.

Bagaimana? Seru dan menantang sekali, kan? Hahahaha. Anak-anak pasti suka deh! Selain karena harus menghindari zombie agar tidak mati, skill mengetik anak-anak juga pastinya akan lebih terasah dan terbiasa mengetik cepat. 🙂

5. Colorush Logic Puzzle Game

Terakhir, sebagai rekomendasi yang kelima saya pilih Colorush Logic Puzzle Game. Ini adalah permainan teka-teki logika sebanyak 32 tahap atau level di mana kalian harus membawa partikel warna ke satu atau lebih kapasitor yang terletak di lapangan bermain. 

colorush game

Gunakan bumper untuk mengarahkan partikel warna dan memindahkannya guna melintasi level. Hindari rintangan seperti balok-balok. Jika kalian terjebak, cobalah mundur dari kapasitor untuk membuat jalan/lintasan baru yang lain.

Game ini benar-benar akan menguji logika saat memainkannya. Cocok untuk melatih cara berpikir dan logika anak-anak dalam mencari solusi dan jalan terbaik saat bermain permainan logic puzzle ini. Karena tantangan permainannya yang berkaitan dengan logika, maka game ini juga cocok untuk dimainkan oleh orang dewasa. Penasaran? Yuk, dicoba sensasinya!

colorush-level-25

Nah, itulah 5 rekomendasi game edukasi untuk anak-anak yang bisa dimainkan secara online. Ingat ya, bermain game bagi anak-anak tidak selamanya buruk kok, asalkan diberi pemahaman dan arahan serta disesuaikan dengan tempat, situasi, dan waktu atau jadwal kegiatan mereka.

For your information, untuk bermain game-game kasual yang ada di Plays.org ini, kalian tidak perlu mengunduh aplikasi dan tidak perlu mendaftar atau mengatur akun pengguna. Kenapa? Karena semua file game akan disimpan secara lokal di cache browser web kalian. Jadi, kalian bisa mainkan game-game ini di Apple Safari, Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, dan browser web modern lainnya.

Kalian bisa memainkannya melalui perangkat seluler seperti Apple iPhone, ponsel Android dari pabrikan seperti Samsung, Xiaomi, dll, tablet seperti iPad atau Kindle Fire, laptop, dan komputer desktop yang didukung Windows. Ya, itulah keunggulannya. Game-game ini dirender dalam HTML5 yang ramah seluler, sehingga menawarkan gameplay lintas perangkat. Simpel dan mudah, kan? 

Semoga tulisan ini memberikan informasi dan bermanfaat. Terima kasih dan salam hangat. 🙂

How many stars for this post?

15 Komentar

Dirman · November 6, 2021 pada 5:09 pm

Saya tertarik dengan apa yang dipersembahkan plays dot org ini adalah karena bisa dimainkan di dekstop, jadi untuk anak-anak, bisa lebih aman dalam hal management waktunya, karena pakai laptop, bisa diberi pengertian bahwa laptop adalah alat kerja.

Tapi kalau mainnya di gadget, ampuuuuuuun dech, pak! 🙂

Like it?

Dila · November 7, 2021 pada 8:11 am

Sepertinya game pertempuran matematika seru, harus direkomendasiin ke ponakan supaya bisa belajar sambil bermain.

Dari 5 game di atas, yang paling pengen saya coba Zombie Typing Practice Game, Walaupun udah gede dan suka nulis di blog, saya merasa kemampuan ngetik masih rendah… jadi harus dilatih sambil main game.

Like it?

Pohon ketela · November 7, 2021 pada 8:52 am

Plays org emang the best kalau soal permainan. Fitur yang tersedia banyak banget, dan cocok untuk edukasi anak2. Jadi bukan hanya bermain hape dan game saja, bisa sekalian belajar

Like it?

Ayu Natih Widhiarini · November 7, 2021 pada 10:56 am

zaman sekarang main game adalah salah satu sarana melepas penat, saya sebenernya gak terlalu suka main game, namun ternyata sekalinya main ketagihan, haha.

kepoin ah Plays.org kayaknya banyak game yang mengedukasi.

Like it?

Sandra Hamidah · November 7, 2021 pada 12:45 pm

Baca ini jadi pengen main game. Colourush sama zombie pasti anak aku suka heheu makasih infonya bang

Like it?

Fenni Bungsu · November 7, 2021 pada 5:22 pm

Tertarik sama games Gumball’s Word ini, bisa bermanfaat buat menambah perbendaharaan kata ya. Istilahnya bermain sambil belajar hehe. Thanks artikelnya Bang Firman.

Like it?

arip · November 7, 2021 pada 8:20 pm

Menarik banget ya Plays.org ini, permainannya oke edukasinya dapet. Ngeliat Zombie Typing jadi inget saya juga dulu maen yg kayak gini, akhirnya bisa ngetik cepet pake 10 jari dan manfaatnya kerasa sampai sekarang.

Like it?

Asty Intan Pratiwi · November 7, 2021 pada 11:17 pm

Anakku belum pernah mainin salah satu game yang disebut, tapi emang doyan bgt nge-game sih. Pengen deh cobain salah satunya, nanti aku cari biar anakku ada game baru lg jd gak bosen hehe

Like it?

    Ulfah Aulia · November 8, 2021 pada 12:01 am

    Dunia anak2 yg skrg sangat dekat dengan teknologi ya Bang. Jadinya kalau mereka yg suka game melihat banyak variasi game seperti ini bakalan senang deh… Apalagi kalau gamenya bisa mengedukasi gini, malah akunya kepo juga, wkwkwk

    Wahh aku bakalan cus ke websitenya deh.

    Like it?

Yuni BS · November 8, 2021 pada 4:52 am

Game online sekarang mah paling digemari sama semua kalangan. Tapi rerata kudu install aplikasinya yang kadang bikin handphone berteriak protes.

Uniknya di plays.org ini, kita nggak perlu unduh aplikasi. Lebih hemat deh jadinya.

Like it?

iputpj · November 8, 2021 pada 7:18 am

Bagus bgt sajian games dari plays dot org ini makasih rekomendasi nya nanti aku ajak anaku main ini juga

Like it?

Hamimeha · November 8, 2021 pada 7:26 am

Yeayya aku juga udah nyoba nih plays.org sebab aku suka sama game tanpa download hahahaha biar g penuh memoriku

Wah gamenya bikin muter otak nih bang firman. Aku nyobanya game jadul aja lah hahhahaa

Iya sih game tak selalu megatif asal bijak dalam menggunakannya ya

Like it?

Raja Lubis · November 8, 2021 pada 8:43 am

Saya juga sudah mencoba bermain di plays.org. Sejauh ini memang lebih efisien karena nggak harus unduh aplikasi. Dan history-nya masih bisa digunakan kembali, selama nggak clear chache atau clear data.

Like it?

Ning! · November 8, 2021 pada 10:12 am

Bagus-bagus ya gamenya, dan yang aku suka browser based, jadi nggak perlu menuh-menuhin memori buat install game, hihi

Like it?

Eri Udiyawati · November 9, 2021 pada 6:41 pm

Aslinya ngegame itu bisa berimbas baik juga buat anak-anak, ya. Terpenting waktu dan pas mainnya diawasin oleh orang tua.

Plays.org ini solusi buat ngegame tanpa ribet ngunduh aplikasi.

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: