“Bro, mabar kuy!”, “Ah payah, noob!”, “Woohoo, Winner Winner Chicken Dinner!”

Zaman sekarang siapa sih di antara kita yang tidak tahu atau asing dengan istilah-istilah seperti mabar alias main bareng, noob, pushing, AFK, bahkan winner-winner chicken dinner, dan lain sebagainya? Saya yakin hampir sebagian besar dari kita pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah-istilah tersebut.

Bagaimana tidak? Bisa dibilang hampir setiap hari kita menyaksikan pemandangan orang-orang bermain game online, sehingga baik para hardcore gamer, casual gamer, atau non-gamer sekalipun kini cukup lumrah dengan istilah-istilah baru tersebut. Tidak perlu jauh-jauh, lihat saja pemandangan di sekitar kita. Saat ini game online memang semakin marak dimainkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Pada umumnya, bermain game online memang tidak memandang usia, pekerjaan, dan jenis kelamin. Ya, jenis kelamin. Jangan salah, beberapa tahun terakhir ini tidak sedikit bahkan semakin menjamur para gamer dari kalangan gender perempuan. Tidak jarang juga ditemukan beberapa dari mereka yang justru sangat lihai dan ahli dalam memainkan beberapa jenis game online hardcore, seperti PUBG, Mobile Legend, dan lain-lain. Jadi, hilangkan pemikiran bahwa bermain game online itu hanya untuk kaum lelaki ya. Hehe.

Kata siapa perempuan tidak tertarik bermain game online? Ini contohnya. Kak Elvina Yanti, blogger sekaligus gamer perempuan yang keren dan jago nge-game! Sumber: ASUS via Akun Facebook Elvina Yanti

Di sisi lain, memang saya juga tidak menampik fakta bahwa masih banyak orang-orang yang menilai negatif dan memandang sebelah mata tentang bermain game. Tentu mereka memiliki alasan tertentu yang melatar belakangi pandangan tersebut. Salah satu yang paling sering saya dengar adalah sikap dan perkataan kasar yang secara refleks terjadi saat bermain game yang terkadang membuat orang lain  merasa terganggu karenanya atau akan berpengaruh kepada para pendengarnya, khususnya anak-anak.

But, it’s okay. Saya yakin alasan tersebut hanya bersifat relatif atau tergantung kepada pribadi gamer masing-masing. Dalam hal ini, saya percaya setiap orang pasti punya opininya masing-masing. Tetapi, bukan berarti bermain game itu tidak memberikan manfaat dan hal positif sama sekali. Ya, kan?

Seperti yang sudah saya rangkum dalam gambar di atas, bermain game tentu saja tidak melulu tentang kesan negatif yang selama ini masih dilekatkan oleh sebagian orang. Faktanya, jika dipahami dan ditelusuri lebih dalam, setidaknya saya mencatat ada sekitar 10 manfaat dan nilai positif dari bermain game online yang bisa kita dapatkan, beberapa di antaranya seperti mengasah kemampuan otak, menghilangkan stress, melatih kesabaran, membangun sifat optimis, melatih kerja sama tim, bahkan menghasilkan uang.

Berbicara tentang bermain game online, sebulan lalu tepatnya pada minggu ketiga bulan September 2020, ‘dunia persilatan’ smartphone gaming dibuat gonjang-ganjing dengan diluncurkannya secara resmi perangkat senjata perang baru yang mampu membuat para gamers mana pun tergiur dibuatnya. Kalau kamu mengaku sebagai seorang gamer sejati, harusnya kamu sudah tahu tentang kabar baik ini.

Tidak salah lagi, perangkat senjata perang yang saya maksud adalah ASUS ROG Phone 3. Nah, bagaimana? Cukup membuat penasaran, kan? Pastinya!

Bukan ASUS namanya, kalau tidak sampai membuat orang penasaran setiap kali peluncuran produk baru mereka, setidaknya bagi saya pribadi sebagai salah satu penggemar setia. Lagi dan lagi, ASUS menunjukkan kualitas jati dirinya sebagai perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, router, serta smartphone gaming terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.

Varian produk smarpthone gaming-nya yang bertajuk ROG (Republic of Gamers) sudah sangat dikenal di kalangan gamers dunia sebagai salah satu smartphone gaming idaman yang bisa diandalkan untuk memuaskan hasrat dan passion gaming para gamers sejati. Kabar baiknya, pada bulan September 2020 lalu, ASUS kembali menelurkan produk ASUS ROG Phone generasi terbaru, yaitu ROG Phone 3 dengan slogan andalannya #TheUltimateWinner dan #TheRealSultan. Wow!

Produk display ASUS ROG Phone 3 di offline retail Erafone Store, Supermal Karawaci, Tangerang. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Penampakan lebih dekat produk display ASUS ROG Phone 3 di offline retail Erafone Store, Supermal Karawaci, Tangerang. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bermodalkan rasa penasaran yang tinggi, saya akhirnya memantapkan hati untuk melangkahkan kaki demi melihat dan menyaksikan secara langsung bagaimana penampakan ASUS ROG Phone 3 yang baru dirilis sekitar sebulan lalu ini dan disebut-sebut sebagai smartphone gaming kelas sultan.

Jadilah beberapa hari lalu, saya pergi mengunjungi salah satu store Erafone di Supermal Karawaci, Tangerang untuk melihat si smartphone sangar satu ini. By the way, Erafone memang ditunjuk dan dipercaya oleh ASUS Indonesia secara langsung sebagai salah satu offline retail resmi untuk penjualan produk ASUS ROG Phone 3 terbaru ini, tentu saja selain ROG Store dan ASUS Exclusive Store yang memang toko resmi dari ASUS sendiri.

Erafone Store, Supermal Karawaci, Tangerang. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Singkat cerita, karena untuk menuju cabang ROG Store dan ASUS Exclusive Store yang sebagian besar berada di daerah DKI Jakarta dan jarak tempuhnya cukup jauh dari tempat tinggal saya, maka akhirnya saya putuskan untuk mengunjungi Erafone Store yang terlengkap dan terdekat, yaitu di Supermal Karawaci, Tangerang. Itu pun setelah saya memastikan bahwa Erafone memang ditunjuk ASUS sebagai salah satu toko offline resmi untuk penjualan smartphone gaming yang baru dirilis tersebut.

Mas Huzel, Promotor Brand ASUS di Erafone Store, Supermal Karawaci saat sedang melayani pengunjung yang bertanya seputar ROG Phone 3. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

Setelah tiba di Erafone Store, pandangan mata saya pun langsung terpusat pada produk display yang terpampang nyata dan cukup menyita perhatian para pengunjung lainnya juga. Tampilannya yang terlihat gagah dan mencolok memang bagaikan magnet yang ampuh menyihir siapa pun yang melihatnya, khususnya para gamers yang sudah khatam betul ‘jeroan’ dan spesifikasi andalan sebuah smartphone gaming.

Beruntungnya, saat itu saya bertemu juga dengan Mas Huzel yang bertugas sebagai Promotor Brand ASUS di cabang Erafone Store, Supermal Karawaci, Tangerang. Ia tampil dengan polo shirt berwarna hitam yang sangat khas dengan logo ROG (Republic of Gamers) pada beberapa bagiannya serta menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker dan pelindung wajah yang rapi, lengkap, dan cukup aman sebagai standar penerapan protokol kesehatan. Saat itu, ia sedang sibuk melayani beberapa pengunjung dan calon pembeli yang bertanya-tanya seputar ROG Phone 3.

Mas Huzel saat sedang menjelaskan kepada saya tentang ROG Phone 3. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

Setelah ia selesai melayani pengunjung lainnya, saya pun langsung bergegas menyapanya dan memperkenalkan diri sekaligus meminta izin untuk mencari informasi dan dokumentasi seputar ROG Phone 3. Tanpa diduga, ia ternyata mempersilakan saya dengan ramahnya dan dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan yang saya lontarkan.

Hadirnya Mas Huzel di Erafone saat itu tentu saja memberikan saya keuntungan, karena saya jadi bisa bertanya-tanya banyak hal kepadanya tentang produk ASUS ROG Phone 3 yang saat ini sedang banyak diincar oleh para pecinta smartphone gaming ini.

Momentum tersebut juga tentu saja saya manfaatkan untuk melihat-lihat ASUS ROG Phone 3 secara langsung dengan memegang dan memperhatikan setiap detail bentuk penampakan desain bagian luar dan tampilan menu di dalamnya, serta tidak lupa juga untuk mendokumentasikannya dalam bentuk gambar atau foto.

Selfie bersama Mas Huzel dan ROG Phone 3 sebelum beranjak pergi. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Setelah puas melihat-lihat dan bertanya-tanya tentang ROG Phone 3 kepada Mas Huzel, brosur sudah di genggaman tangan, berbagai dokumentasi pun sudah diabadikan, akhirnya saya berpamitan kepada Mas Huzel untuk melanjutkan perjalanan dan berterima kasih atas kesempatan dan penjelasan informasi yang diberikan.

Dan sebelum beranjak pergi, pastinya saya juga tidak lupa untuk mengajak Mas Huzel berfoto selfie bersama ASUS ROG Phone 3, sang bintang smartphone gaming bagi para gamers sultan!

“Mari sambut kedatangan smartphone gaming paling powerful di dunia. Dengan segudang peningkatan dari generasi sebelumnya, ROG Phone 3 dipastikan akan menjadi perangkat andalan para hardcore mobile gamer di Indonesia sebagai senjata utama dalam setiap pertempuran.”

~ Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia ~

Dalam acara peluncurannya yang juga disiarkan secara online streaming, ASUS dengan bangga dan penuh percaya diri menghadirkan produk smartphone gaming terbarunya ini. ROG Phone 3 memang diproduksi secara spesial dengan mengusung prosesor dan sistem operasi yang powerful, yaitu Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang akan membawa pengalaman gaming premium kepada para pengguna ROG Phone 3.

Dengan hadirnya berbagai fitur gaming premium, termasuk Snapdragon Elite Gaming tidak heran bila kemudian ROG Phone 3 menjadi smartphone paling powerful di dunia dan menjadi dambaan para gamers, baik gamer casual atau pun gamer profesional.

Sebagai pemegang titel smartphone paling powerful di dunia. Faktanya, ROG Phone 3 memang tidak hanya dibekali oleh SoC terbaik yaitu Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang mendukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, tetapi ROG Phone 3 juga dibekali dengan sistem pendingin baru yang lebih canggih dari pendahulunya. Sistem pendingin yang bernama GameCool 3 tersebut memungkinkan ROG Phone 3 untuk dapat menemani kegiatan gaming penggunanya seharian tanpa kendala dalam performa.

Sudah cukup? Tentu saja belum! Smartphone gaming paling powerful di dunia ini masih memiliki banyak keunggulan-keunggulan lainnya yang pastinya akan membuat para game maniac gigit jari lantaran ingin segera meminangnya. Baiklah, agar lebih rapi dan detail untuk disimak, berbagai keunggulan lainnya akan saya bahas pada bagian selanjutnya. Check this out!

 1. Performa Sangar dan Lancar dengan Powerful Snapdragon 865 Plus 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ROG Phone 3 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang akan membawa pengalaman gaming premium kepada para pengguna ROG Phone 3. Snapdragon 865 Plus sendiri adalah prosesor yang sangat powerful dan kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz yang pastinya akan sangat lancar dan menyenangkan ketika digunakan untuk bermain game. Sangar banget, kan? Hands down!

Selain itu, dukungan memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM yang berkapasitas hingga 256GB juga membuat ROG Phone 3 unggul dari semua smartphone yang ada di pasar saat ini. Tidak ada kompromi soal performa di ROG Phone 3. Berkat spesifikasi tersebut, semua game dipastikan dapat berjalan lancar tanpa kompromi.

 2. Layar dan Visual Memukau dengan Stuninng 144Hz Display 

ROG Phone 3 dilengkapi layar kencang dan visual memukau dengan refresh rate 144Hz dan response time 1ms. Layar yang digunakan juga mendukung teknologi 10-bit display dan HDR10+ sehingga dapat menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat.

Tidak cukup sampai di situ, ROG Phone 3 bahkan mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1 yang artinya warna dapat ditampilkan dengan sangat akurat di smartphone gaming ini. Untuk meminimalisir efek mata lelah saat digunakan, ROG Phone 3 juga sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced.

Dengan Stunning 144 Hz display ini pastinya membuat permainan semakin seru karena tampilan visualnya yang memukau dan memanjakan mata. Game akan tampil semakin nyata berkat adanya fitur 10 bit HDR10+ serta sangat responsif karena memiliki fitur response time 1ms.

 3. Kekuatan Tahan Lama dengan Monster 6000mah Battery 

Pengguna ROG Phone 3 tidak hanya akan menikmati pengalaman bermain game terbaik, tetapi juga dapat bermain game lebih lama berkat baterai berkapasitas besar 6.000mAh. Selain memiliki baterai yang sangat besar, ROG Phone 3 sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan gamer untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya.

Selain itu, ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3 sehingga gamer dapat mengisi ulang baterai secara terus menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.

Bisa dibayangkan, dengan daya tahan Monster 6000 mah Battery, kita bisa bermain game sepanjang hari. Tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai, dan jika habis pun bisa diisi dayanya dengan cepat berkat teknologi ROG 30W HyperCharging. Jadi, tidak ada hambatan berarti untuk daya tahan baterainya, bukan? Powerful!

 4. Rancangan Hebat untuk Gamers, It’s Absolutely Built for Gamers! 

Percaya atau tidak, varian ROG Phone merupakan smartphone gaming pertama yang mengoptimalisasi gaming pada mode landscape dan hal tersebut kembali dihadirkan di ROG Phone 3. Smartphone gaming ini memiliki desain ergonomis dan dirancang agar gamer tetap nyaman saat bermain game pada mode landscape dalam waktu lama.

Tidak bisa dipungkiri, ROG Phone 3 memang benar-benar built for gamers! Smartphone ini secara khusus dibuat untuk para gamers dengan berbagai macam fitur unggulan seperti side charging design, sehingga kita bisa bermain dengan nyaman ketika men-charge smartphone, lalu ada fitur Air Trigger 3 Technology yang membuat ROG Phone 3 selayaknya konsol game dengan joystick, Dual Front Speaker, Multi Antena Wi-Fi, dan Quad mic noise canceling array. Dengan demikian, Game apapun akan semakin seru dimainkan.

Gamer juga akan disuguhkan dengan kualitas audio terbaik saat bermain game berkat Game Mode terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata. ROG Phone 3 juga telah mendukung teknologi Qualcomm aptX Adaptive yang akan memberikan gamer kualitas suara terbaik.

 5. Kualitas Kamera Killer dan Bikin Ngiler! 

Pernah gak kamu terpikirkan kalau smartphone gaming itu berarti kualitas kameranya biasa saja, karena kamera bukan sebagai fitur prioritas bagi smartphone gaming? Kalau pernah, berarti kita toss dulu! Faktanya, walaupun kamera bukan jadi fitur prioritas bagi sebagian besar smartphone gaming, tapi teori dan konsep itu ternyata tidak berlaku untuk ASUS ROG Phone 3 yang ingin memberi pengalaman lebih maksimal kepada penggunanya dengan menghadirkan kualitas kamera yang killer dan bikin ngiler!

Tidak percaya? ASUS mana mungkin bohong. Nyatanya, ROG Phone 3 memang telah dilengkapi tiga kamera di bagian belakang yaitu kamera utama 64MP Sony IMX686 dengan bukaan lebar f1.8, kamera Ultrawide 13MP dengan bidang pandang 125° dan bukaan f/2.4, serta kamera Makro 5MP yang dapat fokus pada objek sedekat 4-6 cm.

Nah, kalau kamu hobi selfie ROG Phone 3 juga sangat mengerti keinginan kamu dengan menyematkan satu kamera 24MP yang terletak di bagian depan. Fitur kamera depan pun sudah dilengkapi dengan OIS untuk menjaga gambar tetap stabil pada saat diambil.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Bagaimana? Bikin ngiler banget, kan? Kalau saya pribadi, pastinya nge-fans banget sama kameranya. Karena kebetulan saya juga hobi foto dan suka merekam kegiatan-kegiatan, ROG Phone 3 ini pastinya bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pokoknya, hail to the king alias sultan deh! 

 6. Aksesori untuk Pengalaman Gaming Maksimal 

Sama seperti pendahulunya, ROG Phone 3 juga kembali hadir dengan sederet aksesori gaming yang dapat meningkatkan pengalaman bermain para gamer di Indonesia. Gamer yang telah memiliki aksesori ROG Phone 2 pun tidak perlu khawatir, karena sebagian besar aksesori gaming ROG Phone 2 masih dapat digunakan di ROG Phone 3.

Beberapa aksesori terbaru yang menemani ROG Phone 3 antara lain: ROG Kunai 3 Gamepad + ROG TwinView Dock 3 + ROG AeroActive Cooling 3. Aksesori-aksesori tersebut menjadi salah satu hal yang bikin ROG Phone jadi smartphone paling gaming dan unik. Aksesori-aksesori ini tentu saja memberikan pengalaman bermain game yang paling imersif. These accessories amazingly give the most immersive gaming experience!

Luar biasa, bukan? Keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh ROG Phone 3 ini memang benar-benar bukan main dan pastinya jauh lebih upgrade dibandingkan kakak pendahulunya serta jauh mengungguli standar berbagai smartphone gaming lainnya yang ada di pasaran.

Lalu, bagaimana spesifikasi dan fitur-fitur lainnya?

Jika ingin mengetahui lebih detail tentang spesifikasi dapur pacu dan fitur-fitur yang dimiliki oleh ROG Phone 3, di bawah ini saya tampilkan gambar berupa daftar spesifikasi yang lengkap dan detail tentang ASUS ROG Phone 3. Check it out below!

Untuk masalah harga dan ketersediaan, ROG Phone 3 ini telah tersedia di Indonesia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta model yang penyimpanan nya 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12).

Serunya lagi, kita juga bisa dapatkan berbagai promo menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 3 di kanal-kanal store pembelian, baik di offline retail secara langsung seperti ROG Store, ASUS Exclusive Store, Erafone, dan Urban Republic, atau pun melalui e-commerce seperti Eraspace, Tokopedia, JD.ID, Blibli, dan Shopee.

Say No More to Smartphone Kentang!”

Bagaimana? Apakah deretan penjelasan tentang ROG Phone 3 ini semakin membuat kamu penasaran? Atau justru membuat kamu semakin minder karena kamu masih pakai ‘HP Kentang’? 😀

Tenang, kamu tidak sendirian. Hehe. Saya juga belum punya ROG Phone 3 kok. Tapi, kalau kamu memang mengaku sebagai gamer sejati, menjadikan ROG Phone 3 sebagai partner baru kamu dalam bermain game pastinya tidak akan membuatmu rugi dan menyesal, justru sebaliknya ROG Phone 3 akan membuatmu semakin andal dan profesional! 

“Hanya ada dua jenis smartphone gaming di dunia, ROG Phone dan smartphone lainnya.”

~ Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia ~

Perkataan di atas yang diungkapkan secara langsung oleh Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia memang sangat menarik dan pastinya ikonik. ASUS seolah ingin mengokohkan diri mereka sebagai smartphone gaming yang tiada tanding dan tiada banding. Dan benar saja, hal tersebut selalu diwujudkan oleh ASUS setiap kali meluncurkan produk-produk smartphone gaming yang berkualitas dengan standar yang jauh lebih unggul dibandingkan smartphone-samrtphone gaming lainnya di pasaran.

Baiklah, menjelang akhir tulisan ini saya hanya ingin mengingatkan kembali bahwa hadirnya ROG Phone 3 terbukti membuat dunia smartphone gaming gonjang-ganjing, sekaligus membuat siapa pun penasaran, termasuk saya sendiri. Karena pada akhirnya, rasa penasaran jugalah yang menggerakan hati, pikiran, dan tubuh saya untuk mendatangi smartphone gaming #TheRealSultan ini, menyaksikan keistimewaannya secara langsung, serta menyajikannya ke dalam sebuah tulisan yang sedang kamu baca ini. 

“Memiliki dan menggunakan ASUS ROG Phone 3 rasanya seperti menjadi Iron Man!”

Nah, masih ingat tentang Odading Mang Oleh? 😀 Itu lho, penganan asal Bandung yang beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial. Jika boleh meminjam istilah Iron Man untuk menggambarkan kenikmatan Odading, maka para gamers yang menggunakan ROG Phone 3 nantinya juga dapat mewujudkan sensasi dengan perumpamaan yang sama, yaitu bagaikan menjadi Iron Man karena memiliki smartphone gaming yang powerful, kuat, tahan lama, gahar, dan super kencang sehingga mampu menjadi perangkat yang bisa diandalkan untuk digunakan dalam setiap pertempuran game dan menjadi pemenang sejati. #TheUltimateWinner!

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh ROG Phone 3, passion dan hasrat para gamers Indonesia pastinya semakin terpenuhi, sehingga bukan tidak mungkin jika pada kemudian hari gamers-gamers Indonesia akan semakin banyak yang memiliki kualitas skill tinggi dan berprestasi dalam bidang game atau e-Sport, karena segala kebutuhan akan smartphone gaming yang powerful dan dapat diandalkan semuanya dapat diwujudkan dalam satu perangkat senjata perang, sehingga skill dan kemampuan gaming pun semakin matang dan garang!

Jadi, tunggu apa lagi?

Saatnya wujudkan sensasi menjadi gamer sekaligus pemenang sejati bersama ROG Phone 3! #TheUltimateWinner #TheRealSultan

 

Disclaimer: 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Writing Competition: ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia. Beberapa gambar merupakan dokumentasi pribadi penulis dan beberapa lainnya didapatkan dari sumber yang disediakan oleh ASUS Indonesia. Terima kasih.

How many stars for this post?

4 Komentar

Joe Candra · Oktober 31, 2020 pada 2:06 am

Fix khas banget pokoknya klo ente always visit the place yg berhubungan bang, mantabbbbb emang nih. Smg bs meminangnya yess bang. Aamiin

Like it?

    Firmansyah · Oktober 31, 2020 pada 11:51 pm

    Aamiin Yaa Rabb. Kebetulan saja dapat idenya seperti itu, Bang. Hehe.
    Good luck juga untuk Bang Joe ya. Aamiin.

    Like it?

Hendra Suhendra · November 2, 2020 pada 7:44 am

Bang, mabar kuy, pake ROG Phone 3, hehehe… Dijamin bisa lupa ngeblog dah kalo udah main game pake ponsel ini. Bang, nitip atu ya, kirim ke Depok

Like it?

    Firmansyah · November 4, 2020 pada 8:37 pm

    Hehehe. Iya juga ya, Mas Hendra. Kayaknya kalau sudah pegang ROG Phone 3, bisa-bisa bakalan lupa ngeblog ya, karena keasyikan nge-game. 😀

    Terima kasih sudah berkunjung, Mas.

    Salam hangat.

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)