“Hmmm, mantap kali Mbak…” 

“Ikuuuuut Mbak…”

“Ya Allah keren bangeeettttt…”

“Wow wow…”

“Aduh takut kalah lagi :(:(:(“

Itulah beberapa komentar yang hadir memenuhi kolom komentar di akun Instagram milik Mbak @uniekkas

Hmmm… kira-kira ada apa ya dengan komentar-komentar di atas? 😀

Beberapa waktu lalu, tepatnya beberapa hari setelah kepulanganku dari kegiatan Writingthon Asian Games 2018 di Jakarta bersama blogger-blogger lainnya dari seluruh Indonesia, seperti biasa mataku masih terjaga di hadapan layar #ASUSLaptopku ASUS X200M untuk menuntaskan tulisan terbaru di blog (hmmm…kegiatan semacam ini perlahan memang sudah mulai menjadi rutinitas bagiku, ya apalagi namanya kalau bukan mengejar deadline lomba hehe…), tiba-tiba aku penasaran ingin membuka handphone, karena sedari tadi ku perhatikan layarnya berkedap-kedip pertanda ada banyaknya notifikasi yang masuk, setelah ku cek pada layar utama handphone, ternyata sebagian besar notifikasi datang dari Instagram.

Tidak ingin berlama-lama menyimpan rasa penasaran (karena kalau kelamaan disimpan, nanti malah ditikung teman sendiri, oalaaahhh opoo ikiii, baper jadinya ), aku pun mulai greget dan ingin cepat mengetahui ada apa gerangan dibalik banyaknya notifikasi di handphone-ku ini. 

Dan ternyata, jeng… jeng… jeng…😀

Bukti Screenshot Instagram Mbak @uniekkas yang memposting info lomba blog ASUS Laptopku! Bisa dibayangkan bagaimana kehebohan yang terjadi di kolom komentar postingan Mbak Uniek ini. 😀

Dari notifikasi Instagram tersebut ku dapati beberapa teman blogger me-mention akunku di sebuah komentar yang berada di postingan akun Instagramnya Mbak Uniek Kaswarganti (@uniek_kas) yang intinya memberitahu bahwa akan ada lomba blog yang diadakan oleh Mbak Uniek dan ASUS yang berhadiahkan beberapa laptop dan juga arloji. Oalahh… Mbak Uniek, engkau lagi-lagi membuat panik dan heboh blogger-blogger sejagad dunia maya. *Emang paling jago deh si mbaknya membuat blogger-blogger kalang kabut dan gelisah supaya bisa menangin lombanya. 😀 

Sebenarnya, yang lebih membuat heboh para blogger di postingan Instagram Mbak Uniek ini adalah karena hadiah utamanya yang sangat mempesona dan membuat para blogger tergiur, yaitu 1 Unit ASUS Vivobook Flip TP410 Series. Whooaaa… Pantes saja pada heboh, siapa sih yang gak tergiur dengan laptop idaman yang keren, canggih, modern dan bisa di-‘flip’ alias dibolak-balik ini.  Cocok banget nih buat aku sebagai seorang #TeacherBlogger yang punya pekerjaan dan rutinitas dengan mobilitas tinggi. Hehehe… (Pleasee … Mbak Uniek selipin satu buat aku ya…. 😀 *Pemaksaan)

By the way, sebelum lanjut membahas tentang Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 yang dielu-elukan oleh para blogger ini, aku ingin cerita sedikit tentang kebersamaanku bersama laptop andalanku, ya dialah #ASUSLaptopku ASUS X2OOM 🙂 Si biru kecil nan sederhana yang menemani perjuanganku saat kuliah hingga ku meraih gelar Sarjana.

Jadi, ceritanya aku sudah mulai ‘kepincut’ dengan ASUS sejak zaman masih kuliah S1 dulu, tepatnya menjelang akhir tahun 2015 atau semester 7 di perkuliahan. Survei ke toko-toko laptop untuk beli notebook sederhana yang bisa mendukung kegiatan kuliahku, khususnya dalam menyelesaikan skripsi, dan tentunya dengan budget yang pas-pasan kala itu. Akhirnya, aku memilih notebook ASUS X200M sebagai partnerku dalam menuntaskan skripsi dan meraih gelar Sarjana. Dan Alhamdulillah, akhirnya aku lulus tepat pada waktunya.

Sebuah gelar persembahan untuk mendiang kedua orang tuaku dan juga untuk kakak-adikku. Wajar saja, karena kami hanyalah keluarga dengan latar belakang Pendidikan sederhana, sebagai anak ke-5 dari 6 bersaudara, ternyata akulah yang pertama kali menamatkan Pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Tentunya ini juga sebagai motivasi besar untuk Irma, adikku satu-satunya dan paling bontot.

Setelah lulus dari kampus dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan, praktis kehidupanku selanjutnya mulai berfokus kepada pekerjaan utamaku yaitu mengajar. Dan #ASUSLaptopku sangat membantu dalam meringankan pekerjaanku ini, seperti membuat lesson plan, membuat silabus, mencari sumber materi tambahan, sebagai media penyampaian materi di kelas serta berbagai kegiatan sekolah lainnya. Untuk urusan dan keperluan mengajar, ASUS X200M memiliki performa yang cukup baik dan bisa diandalkan.

Selanjutnya, selain mengajar aku pun mulai menghidupkan passion-ku yang lain, yaitu menulis dan blogging. Aku mulai blogging pada tahun 2012 dengan blog gratisanku di WordPress dan sempat vakum selama 2 tahun. Berbicara blogging, maka berbicara juga tentang kompetisi blog yang selalu ada saja setiap bulannya. Saat masih menyusun skripsi, aku memang belum terlalu aktif mengikuti kompetisi-kompetisi blog. Namun setelah wisuda dan menjalani rutinitasku sebagai guru, aku mulai melirik dan semakin tertarik untuk mengasah kualitas dan kreatifitas tulisan serta menantang diriku sendiri untuk bersaing bersama blogger lainnya dalam menjemput rezeki melalui kompetisi blog. 

Dan lagi-lagi #ASUSLaptopku menjadi saksi bisu atas penghargaan yang pernah aku raih dalam kompetisi blog, salah satunya beberapa waktu lalu aku terpilih menjadi salah satu pemenang Writingthon Asian Games 2018 mewakili Provinsi Banten dan berhasil mempertemukanku dengan blogger-blogger keren dari seluruh provinsi di Indonesia.

Salah satu pencapaian terbaik dalam kompetisi blog. Beberapa waktu lalu, terpilih menjadi salah satu pemenang kompetisi Writingthon Asian Games 2018 yang diadakan Kementerian Kominfo RI.

Dan sekarang aku jadi membayangkan, dengan spesifikasi sederhana yang dimiliki laptopku ASUS X2OOM saja, aku mampu meraih beberapa penghargaan dalam dunia blogging walaupun aku termasuk kategori newbie dalam dunia ini, apalagi kalau aku upgrade #ASUSLaptopku ke laptop ASUS yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, lengkap dan canggih seperti ASUS Vivobook Flip TP410, wah pastinya aku akan semakin semangat lagi dalam berkreasi dan berkarya. Inilah saatnya #2018UpgradeLaptopASUS #2018GantiLaptopASUS 

Oke, sekarang tiba saatnya aku menjelaskan Si Laptop Idaman, ASUS Vivobook Flip TP410. Sudah siap? 😀

Seperti kata pepatah “the first impression lasts forever“, kesan pertama itu berlangsung selamanya atau akan selalu teringat dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, kesan pertamaku saat pertama kali mengetahui dan melihat ASUS Vivobook Flip TP410 ini (walau hanya dalam gambar) adalah modelnya yang eye-catching dan canggih dengan kemampuan flip yang pastinya akan membuat siapapun yang memilikinya terlihat semakin percaya diri dan menjadi pusat perhatian orang lain. 

Mengapa secara ‘look‘ ASUS Vivobook Flip TP410 terlihat begitu mengesankan?

Yups, namanya juga Laptop Flip jadi ASUS Vivobook Flip TP410 ini bisa di-display menjadi 4 mode yaitu powerful laptop, shared viewer, media stand, dan responsive tablet. Dan keunggulan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ASUS Vivobook Flip TP410 sangatlah berkelas.

ASUS Vivobook Flip TP410 ini bisa dikatakan sebagai perangkat laptop yang unik dalam hal kegunaan dan bentuk. Perangkat laptop ini memiliki keunggulan yang cocok banget untuk segala pekerjaan yang menuntut produktivitas dan mobilitas tinggi. Dan berikut ini adalah keunggulan-keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 yang akan membuat kita semakin ‘kepincut’ dan ingin segera meminangnya. 😀

1. ASUS Vivobook Flip TP410 Berbobot Ringan, Ramping dan Sangat Stylist

ASUS Vivobook Flip TP410 ini cukup tipis dan sangat ringan. Dengan tingkat ketebalan 19.2 mm dan berat keseluruhan yang hanya 1.6 kg saja, menjadikan laptop ini salah satu laptop convertible 14 inci yang paling portable dan sangat mendukung aktivitas pekerjaan yang serba mobile.

2. Tampilan Berfitur NanoEdge Display dan Ultra Accurate Touch

Dengan layar 14 inci namun memiliki tampilan ultra-tipis berfitur “Nanoedge”, laptop ini mampu memaksimalkan ukuran layar sekaligus meminimalkan ukuran body laptop. Layar Full HD 14 inci terbingkai dalam ukuran bingkai laptop berukuran 13 inci. Dengan desain NanoEdge, ASUS VivoBook Flip TP410 memiliki fitur 78,7% Screen-to-Body Ratio yang luar biasa. Tampilan Full HD juga menampilkan teknologi wide-view 178 technology yang memastikan kualitas warna dan kontras tetap hidup, bahkan ketika dilihat pada sudut yang tajam.

3. Semakin Aman dengan Fingerprint Sensor

ASUS Vivobook Flip TP410 ini juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Dengan demikian, laptop ini mendukung fitur Windows Hello yang umumnya hanya hadir di laptop kelas atas. Dengan Windows Hello, pengguna bisa sign-in ke Windows 10 yang terinstalasikan di dalam laptop ini hanya dengan sentuhan jari. Dengan demikian, faktor keamanan juga semakin meningkat. ASUS VivoBook Flip TP410 juga sudah preinstall Windows 10.

Spesifikasi Lengkap ASUS Vivobook TP410

Main Spec. VivoBook Flip 14 TP410
CPU Intel® Core™ i3-7100U Processor (3M Cache, up to 2.40 GHz) – TP410UAIntel® Core™ i5-7200U Processor (3M Cache, up to 3.10 GHz) – TP410UA/URIntel® Core™ i7-7500U Processor (4M Cache, up to 3.50 GHz) – TP410UR
Operating System Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4 SDRAM 1600MHz – TP410UA8GB DDR4 SDRAM 1600MHz – TP410UA/UR
Storage 500GB HDD – TP410UA1TB HDD – TP410UA/UR
Display 14″ (16:9) LED backlit FHD (1920 x 1080) Glareon 13” frame(Touchscreen with 72% NTSC TP410UA/UR)
Graphics Intel HD Graphics 620 – TP410UANvidia GT 930MX 2GB VRAM – TP410UR
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 2x USB 3.0 ports, 1x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1x HDMI, 1x SD card reader, Volume up/down
Camera HD Web Camera
Connectivity Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Speakers And Digital Array MicrophoneASUS SonicMaster Technology with Harman/Kardon
Battery 3 Cells 42 Whrs Polymer Battery
Dimension 327.4 x 226.5 x 19.2 mm (WxDxH) – TP410
Weight 1,6Kg with battery (TP410)
Colors Grey (TP410)
Price Rp. 7.399.000 – TP410UA / Rp. 9.799.000 – TP410UARp. 10.699.000 – TP410UR

Rp. 14.299.000 – TP410UR

Warranty 2 tahun garansi global senilai Rp. 1.250.000

View this post on Instagram

ASUS VivoBook Flip 14 TP410 selain bisa menjadi notebook yang bisa didisplay dalam 4 mode, VivoBook Flip 14 TP410 juga memiliki ukuran sasis sebesar 13 inci, namun memiliki bentang layar alias display 14 inci. Bobotnya juga hanya 1,6Kg, sangat ringan dibawa kemana saja. ASUS VivoBook Flip 14 TP410 Harga ASUS VivoBook Flip 14 TP410 mulai dari Rp 7.099.000 Spesifikasi ASUS VivoBook Flip 14 TP410: – Intel ® Core™ i7-7500U Processor / Intel ® Core™ i3-7100U – Windows 10 Home – Layar sentuh 14” FHD (1920×1080) Wide wideview with 13” chasis – GT 930MX-2GB VRAM / Grafis Intel® HD 620 – 1TB HDD / 500GB HDD – 8GB / 4GB DDR4 Up to 12GB – Wi-fi + BT4.0, VGA Webcam – 2x USB 2.0, USB 3.0, USB 3.1 Type C – 4 Mode Transformasi berbeda – Metal cover with hairline design resist rough treatment during commute / travel – 2 Tahun Garansi Global, senilai Rp 1.250.000 #ASUSAja #ASUSVivoBook #VivoBook

A post shared by ASUS Indonesia (@asusid) on

Laptop ASUS bukanlah brand laptop yang asing bagiku. Tetapi memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan keunggulan-keunggulan canggih seperti ASUS Vivobook Flip TP410 ini tentu belum pernah aku rasakan sebelumnya (semoga ada rezeki untuk segera memilikinya, Aamiin). Jika dikaitkan dengan pekerjaan dan rutinitas yang aku jalani setiap hari, kehadiran ASUS Vivobook Flip ini tentunya akan sangat mempermudah pekerjaan atau passion-ku, baik sebagai Guru ataupun Blogger. Agar lebih rinci, aku coba jabarkan keduanya ya.

-Sebagai Guru

Menjadi seorang guru di era digital tentu tidaklah mudah dan tantangannya tidak bisa disamakan dengan guru pada era sebelum digitalisasi. Mengapa? Karena siswa-siswi yang dihadapi oleh guru era digital memiliki kemampuan dan daya respon yang tinggi dan cepat terhadap segala hal yang berbau digital, wajar saja karena sebagian besar dari siswa-siswi saat ini sudah mengenal gadget atau perangkat digital semenjak mereka lahir ke dunia. 

Kemudian, segala sesuatu yang baru dan belum pernah ada di sekitar kita sebelumnya pasti akan selalu membuat orang lain penasaran. Dengan tampilan ASUS Vivobook Flip TP410 yang canggih dan eye catching ini, pasti akan mencuri perhatian siswa-siswi saat pertama kali aku gunakan sebagai media penyampaian materi di kelas.  Selain itu, dengan tampilan ASUS Vivobook Flip TP410 yang tipis dan ringan juga akan semakin mempermudah dan membantuku dalam mengerjakan tugas-tugas akademik sekolah secara lebih fleksibel, seperti membuat silabus dan lesson plan, membuat slide presentasi materi ataupun untuk browsing bahan tambahan materi pembelajaran di kelas.

-Sebagai Blogger

Sedikit berbeda ceritanya jika aku gunakan ASUS Vivobook Flip TP410 untuk passion-ku sebagai seorang blogger. Menjadi seorang blogger adalah passion yang selalu mendorongku untuk selalu bekerja dengan ide kreatif. Dan ide kreatif itu bisa datang kapan dan dimana saja, bahkan saat sedang tidak berada di ruang kerja. 

Dalam menjalani passion sebagai seorang blogger yang menuntut mobilitas tinggi, aku termasuk blogger yang suka mengeksekusi ide kreatif yang aku punya di tempat-tempat hangout atau coworking space, seperti cafe atau restoran cepat saji. Aku mungkin memang bukan seorang Pro Blogger atau Freelance Blogger, tapi memiliki ASUS Vivobook Flip TP410 akan membuatku terlihat lebih Pro sebagai seorang blogger apalagi dengan tampilan ASUS Vivobook Flip TP410 yang keren ini. Siapa tau nanti jika aku punya klien kerja untuk blog, pastinya akan lebih percaya diri jika aku tunjukkan hasil progres kerjaku dengan Vivobook Flip TP410 ini. Super, kan? 🙂

Nah, sekarang sudah tau kan bagaimana ceritaku bersama ASUS? Itulah cerita tentang #ASUSLaptopku yang menjadi sahabat dan saksi bisu selama hampir 3 tahun ini, bermula dari mengerjakan skripsi pada saat kuliah, menjalani keseharian sebagai guru dan juga dalam berkreasi atau berkarya melalui kompetisi menulis blog.

Bersama laptop ASUS, sudah banyak momen-momen dan pengalaman spesial yang aku lalui serta beberapa penghargaan yang aku torehkan. Semoga di tahun ini bersamaan dengan keinginan untuk #2018GantiLaptopASUS X200M ke ASUS VivoBook Flip TP410, aku juga berharap bisa semakin produktif dalam menjalani rutinitas serta semakin kreatif dalam berkarya.

Terbayang kan? Bagaimana susah ‘move on‘ nya aku dari ASUS? Hehe. Apalagi dengan keunggulan-keunggulan serta pesona yang dipancarkan oleh ASUS Vivobook Flip TP410, bikin semua blogger meleleh dibuatnya. Jadi, kalau orang lain bilang #2018GantiLaptopASUS karena mereka sebelumnya memang tidak menggunakan laptop ASUS, berbeda dengan aku.  Kalau aku, sebagai pengguna ASUS maka aku lebih suka bilang #2018UpgradeLaptopASUS 😀 

Yuk kita ganti dan upgrade laptop kita ke ASUS Vivobook Flip TP410.  (Colek lagi Mbak Uniek nya ahh… *kode pake banget) 😀

#2018TetapPakaiLaptopASUS #2018SusahMoveOnDariLaptopASUS


Disclaimer :

ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com.

How many stars for this post?

28 Komentar

aldhi Fajar · September 8, 2018 pada 1:18 am

Asus memang yg terbaik bang firman, salam kenal yaaa

Like it?

    Firmansyah · September 8, 2018 pada 1:01 pm

    Betul bang. Setujuuu…
    Salam kenal juga ya bangg…

    Like it?

Taumy · September 8, 2018 pada 10:44 am

Luar biasa, guru dan blogger itu memang butuh Apparel yang selalu mendukung kelancaran pekerjaan. Salah satunya Asus Vivobook Flip series ini

Like it?

    Firmansyah · September 8, 2018 pada 1:05 pm

    Thank you Mas Taumy for coming here. Hehe… Iya Mas betul sekali. Makanya ASUS Vivobook Flip ini pasti akan sangat membantu untuk mendukung pekerjaan saya sebagai seorang Guru sekaligus Blogger. 🙂

    Like it?

Joe Candra P · September 8, 2018 pada 8:00 pm

wow mantebbbb banget bang

Like it?

    Firmansyah · September 8, 2018 pada 8:40 pm

    Makasiiihh Bang Joe…. Btw, ASUS Vivobook ini emang mantebbb sih 🙂

    Like it?

Maskris | www.maskris.co.id · September 9, 2018 pada 10:57 am

Aduh itu laptopnya bikin mupeng bang..

Like it?

    Firmansyah · September 9, 2018 pada 4:28 pm

    Iya bang, semua blogger pasti pengen ya. hehe

    Like it?

Bai Ruindra · September 9, 2018 pada 1:47 pm

Semangat Pak Guru, semoga tercapai apa yang dicitakan ya.

Like it?

    Firmansyah · September 9, 2018 pada 4:29 pm

    Aaamiiin. Makasih ya Pak Guru udh singgah ke sini. 🙂

    Like it?

Arda Sitepu · September 9, 2018 pada 7:40 pm

ASUS itu selalu kece dalam setiap inovasi baru. Semoga kesampean punya 1 ya mas 🙂

Like it?

    Firmansyah · September 9, 2018 pada 9:53 pm

    Setuju mbak. ASUS emang keren bangettt… Aamiiiiin.. 🙂

    Like it?

Salman · September 9, 2018 pada 11:10 pm

Wah, memang mantap ASUS VivoBook-nya. Klo laptopnya keren gini semua profesi kebantu banget nih produktifitasnya.

Like it?

    Firmansyah · September 10, 2018 pada 8:22 am

    Iya mas, setuju banget, termasuk aku nih sebagai #TeacherBlogger 😀
    Semoga dapat 1 unit ya dari Mbak Uniek. Aamiin..

    Like it?

evrinasp · September 10, 2018 pada 3:25 pm

Kalau laptop keluaran Asus buatku tak perlu diragukan lagi sih, seri flip ini emang bikin orang jadi pingin ganti laptop, aku naksir bail zenbook flip maupun vivobook flip, dua2nya bagus, semoga laptop impian dapat tercapai. Aamiin

Like it?

    Firmansyah · September 11, 2018 pada 8:17 am

    Setuju mbak. Bener. Brand ASUS dengan model Vivobooknya ini emang bikin semua kepengen sih ya. Aaamiiin. Makasiih mbak udh berkunjung kemari. 🙂

    Like it?

Aminnatul Widyana · September 12, 2018 pada 2:33 pm

Wah, ternyata pak guru toh… Wkwkkk…pantesan tulisannya manteb bener. Semoga ntar kalo aq ditakdirkan ngajar lg di sekolah,tetep bisa eksis ngeblog juga kayak bpk yg 1 ini.

Like it?

    Firmansyah · September 12, 2018 pada 8:00 pm

    Hehehee iya Makasih ya Bu. 🙂 Eksis ngeblognya bareng ASUS Vivobook ini pasti makin mantep. 🙂

    Like it?

Zai Z · September 14, 2018 pada 6:36 am

Ulasannya menarik nih, bang. Semoga nanti juara ya trus bisa dapet deh ASUS flip-nya. Amin

Like it?

    Firmansyah · September 14, 2018 pada 12:49 pm

    Aaamiin Yaa Rabb, Syukron ya kunjungan dan do’anya. 🙂

    Like it?

Zai Z · September 14, 2018 pada 6:37 am

Ulasannya menarik nih, bang. Semoga nanti juara ya trus bisa dapet deh ASUS flip-nya.

Like it?

    Firmansyah · September 14, 2018 pada 12:45 pm

    Aaaamiiin Allahumma Aaaamiiin…. Makasih ya komentar dan do’anya. 🙂

    Like it?

Uniek Kaswarganti · September 14, 2018 pada 9:53 am

Terima kasih ya Mas Firman sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

Like it?

    Firmansyah · September 14, 2018 pada 12:44 pm

    Wah wah. Sama-sama Mbak Uniek. Jangan lupa selipin satu buatku ya, Mbak. 😀

    Like it?

Anjar Setyoko · September 17, 2018 pada 3:18 pm

Mantap bang firman ulasannya, Mudah2an-mudahn menang lombanya

Like it?

    Firmansyah · September 17, 2018 pada 10:27 pm

    Aaamiiin Yaa Rabb. Makasih banyak ya Mas Anjar do’anya. 🙂

    Like it?

Mirwan Choky · September 18, 2018 pada 7:50 am

Keceee… semoga menang lomba nya mas…

Like it?

    Firmansyah · September 18, 2018 pada 8:10 am

    Terima Kasih mas. Tapi sepertinya belum rezeki. 🙂

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)