5 Permainan Seru Non Kartu yang Bisa Dimainkan di Solitaire.orgHalo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Berbicara tentang permainan atau game memang tidak pernah ada habisnya ya? Setuju? πŸ˜€

Tren permainan atau game online memang semakin berkembang dan canggih seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin mutakhir. Bagi sebagian besar orang saat ini, bermain game bisa dibilang bukan lagi sebagai bagian dari hobi, melainkan gaya hidup. Ya, gaya hidup alias lifestyle dalam aktivitas kita sehari-hari.

Mengapa demikian? Tentu saja karena rutinitas yang padat sehari-hari terkadang menimbulkan rasa bosan dan lelah pada diri kita. Maka dari itu, tidak heran jika banyak dari kita yang sudah menjadikan game sebagai sarana untuk refreshing dan menghilangkan rasa bosan tersebut. Sama halnya seperti berolahraga, menonton film, membaca buku, atau jalan-jalan.

Tapi, walau zaman semakin canggih dan pilihan bermain game online sudah semakin banyak, beberapa pilihan game online kasual juga masih layak untuk dimainkan oleh kalian saat rasa bosan melanda, khususnya bagi kalian yang suka game-game kasual atau memang sedang malas bermain game hardcore. Nah, salah satu game yang bisa menjawab kebutuhan tersebut adalah Solitaire.

Kalian pasti kenal dan tahu Solitaire, kan? 5 Permainan Seru Non Kartu yang Bisa Dimainkan di Solitaire.orgSolitaire ini termasuk salah satu game online ‘jadul’ yang cukup asyik dan seru untuk dimainkan, apalagi saat kebosanan melanda. Permainan online ini menggunakan kartu yang bisa dimainkan secara online. Kelebihan game ini salah satunya adalah karena kita tidak perlu download aplikasinya terlebih dahulu untuk memainkannya. Lalu bagaimana? Kita cukup buka situs game-nya di Solitaire.org dan langsung bermain di sana. Simpel banget, kan?

Sekilas Tentang Permainan Solitaire

Seperti yang sudah ketahui bersama, pada dasarnya Solitaire adalah permainan kartu yang bisa dimainkan secara online lewat Windows. Komponen game Solitaire ini biasanya disertakan oleh Windows karena dibuat oleh Wes Cherry, seorang anak magang di perusahaan Microsoft. Karya permainannya ini pun kini semakin berkembang dan disukai oleh banyak orang. Seperti halnya permainan kartu biasa, Solitaire dimainkan dengan berbagai gaya. Ada yang bisa dimainkan sendiri dan ada pula yang dimainkan bersama pemain lain. Tingkat kesulitannya juga beragam. Mulai dari yang mudah, medium, sampai sulit.

*****

Eiittss, tapi tenang. Bagi kalian yang kurang suka bermain permainan kartu di Solitaire (atau punya pikiran kalau bermain permainan kartu itu terlihat seperti judi πŸ˜€ ), perlu diketahui bahwa permainan Solitaire itu tidak melulu tentang permainan kartu kok. Karena di Solitaire.org ini tersedia banyak permainan-permainan lainnya yang tidak hanya bertemakan tentang kartu. Nah, lewat tulisan ini saya akan beritahu beberapa di antaranya. Check this out!

1. Solitaire – Zuma Legend

Mendengar namanya, game Zuma Legend ini mungkin tidak asing lagi bagi kalian. Game ini memiliki 100 level. Kita sebagai pemain harus mengalahkan setiap level untuk membuka kunci berikutnya. Di dalam setiap level ada rantai bola terbatas yang bergerak menuju akhir level. Tugas pemain adalah membuat set 3 bola atau lebih berturut-turut untuk melepaskannya dari rantai sebelum sampai ke ujung.

Solitaire Zuma LegendKita juga bisa sambil mencari koin yang tersebar di sekitar level secara berkala. Dengan cara mengincar dan menembak salah satu dari mereka (koin), jika berhasil maka pemain akan mendapat 1.000 poin. Kita hanya perlu menembak ke mana pun bidikannya dengan mouse atau jari. Jika pemain kalah pada suatu level, pemain dapat memutar ulang dan skor akan dikumulatif di seluruh level.

Seru dan bikin ketagihan! Apalagi ketika kalah di satu level, rasanya ingin mengulang terus sampai berhasil! πŸ˜€

2. Solitaire – Letter ScrambleΒ 

First of all, saya mau bilang bahwa permainan ini cocok bagi kamu yang ingin sekaligus menguji kemampuan kosa kata Bahasa Inggris kamu. Game Letter Scramble ini menggunakan ubin huruf yang ditampilkan di layar bermain untuk membuat kata-kata dalam Bahasa Inggris yang valid atau benar. Gunakan keyboard/keypad untuk mengetik kata-kata menggunakan huruf yang tersedia di layar lalu klik enter ketika sudah yakin dan selesai mengeja kata.

Solitaire Letter ScrambleGame ini memiliki 3 level di mana Anda harus mengeja lebih banyak kata secara bertahap per level, dimulai dengan 20 lalu 30 lalu 40. Bagi saya, game ini cukup seru dan menantang karena secara tidak langsung kemampuan dan perbendaharaan kosa kata kita dalam Bahasa Inggris diuji dalam game ini. Kecepatan dan ketepatan menjadi hal yang penting dalam game ini, karena game ini menggunakan batasan waktu. Jangan lupa dicoba ya!

3. Solitaire – Candy House

Bagi pecinta game kasual yang simpel dan mudah, Candy House ini bisa jadi pilihannya. Bagaimana tidak? Kita cuma harus menukar 2 item untuk mencocokkan 3 atau lebih item yang sama dalam kolom vertikal atau baris horizontal. Gerakan yang valid mengharuskan kita untuk menyelesaikan satu set 3 atau lebih.

Solitaire Candy HouseBuat kecocokan yang lebih lama untuk mendapatkan potongan power up yang menghancurkan potongan lain pada baris yang sama atau potongan lain dengan warna apa pun yang kita pilih. Masing-masing dari 50 level diberi batas waktu. Saat kita maju melalui permainan, desain tata letak berubah dan beberapa bagian terkunci pada posisinya. Seru dan layaK dicoba saat iseng untuk usir kebosanan. πŸ˜€

4. Solitaire – China Temple

Game China Temple ini termasuk dalam kategori solitaire.org/hidden-object-games/. Sesuai dengan nama kategorinya, sebagai pemain kita diminta untuk menemukan semua benda tersembunyi yang terdapat di dalam game. Kita hanya cukup lakukan klik pada objek untuk memilihnya. Cubit atau klik panjang pada gambar atau layar untuk memperbesar atau memperkecil.

Solitaire China TempleSaat saya mencoba permainan ini, saya akui kita akan merasa kesal, geregetan, dan penasaran sendiri ketika merasa sulit untuk menemukan benda atau sesuatu yang tersembunyi di dalam game ini. Maka, kunci dalam memainkan game ini adalah kelihaian mata, sabar, teliti, dan detail dalam memperhatikan setiap apa pun yang ada di layar game, walaupun itu hal kecil dan berada di tempat tidak terduga. Menarik! πŸ˜€

5. Solitaire – Daily Word Search

Rekomendasi terakhir dalam daftar ini adalah game Daily Word Search. Setiap harinya, game ini menawarkan level lain untuk dimainkan untuk setiap ukuran papan atau layar. Bagian atas kolom kiri akan menyediakan daftar kata yang ditampilkan dan kemudian hitungan berapa banyak kata yang tersisa. 10 kata pertama ditampilkan, kemudian saat kita menemukannya, kata itu akan menghilang dan muncul kata baru yang akan menggantikannya.

Solitaire Daily Word SearchKata-kata tersebut bisa dicari dalam baris horizontal, vertikal, atau diagonal dan beberapa kata dieja terbalik. Permainan ini memang terkesan simpel dan lawas karena kesederhanaannya. But hey, kalau sedang bosan atau bad mood, game ini akan membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, karena mengandalkan kecepatan dan ketepatan. Selain itu, pastinya game ini juga akan membuat kita lebih refreshed dan mengembalikan good mood.

*****

By the way, ini hanya 5 permainan yang saya masukkan pada daftar ini ya. Boleh jadi 5 permainan yang ada di daftar ini tidak menarik, kurang seru, atau terlalu biasa menurut kalian. Maka dari itu, selebihnya kalian bisa cek dan coba langsung di Solitaire.org ya. Kalian bisa cari di sana game-game kasual yang seru, menarik, dan pastinya bisa kalian jadikan sarana untuk refreshing dan mengusir kebosanan.

Dan seperti yang sudah saya singgung di awal tulisan, untuk bermain game-game kasual yang ada di Solitaire.org ini, kalian tidak perlu mengunduh aplikasi dan tidak perlu mendaftar atau mengatur akun pengguna. Kenapa? Karena semua file game akan disimpan secara lokal di cache browser web kalian. Jadi, kalian bisa mainkan game-game ini di Apple Safari, Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, dan browser web modern lainnya.

Kalian bisa juga memainkannya melalui perangkat seluler seperti Apple iPhone, ponsel Android dari pabrikan seperti Samsung, Xiaomi, dll, tablet seperti iPad atau Kindle Fire, laptop, dan komputer desktop yang didukung Windows. Ya, itulah keunggulannya. Simpel, mudah, pastinya seru banget, kan?Β 

Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi dan bermanfaat. Terima kasih dan salam hangat. πŸ™‚

How many stars for this post?

10 Komentar

Katerina · Desember 17, 2021 pada 5:30 pm

Aku kalau liat games Solitaire ini ingat masa-masa masih pakai komputer monitor tabung lho. Kurang lebih 19-20 tahun yang lalu, pas masih kerja kantoran. Kalau lagi bosan, penat kerja, atau pas istirahat, hiburanku main Solitaire :))
Pas teknologi hp, laptop, dan game makin canggih, malah gak pernah main game sama sekali. Bukan ga mau, tapi kecanggihan, ga bisa main hahaha
Eh sekarang ada Solitaire.org ya, jadi kangen masa2 itu. Mau coba main ah, sekalian reuni πŸ˜€

Like it?

Diaz Bela · Desember 17, 2021 pada 9:56 pm

Sama kak aku juga suka bnagte letter scramble.. itung-itung ngasah vocab bahasa inggris, hehehe

Like it?

Irpa · Desember 18, 2021 pada 9:25 am

Solitaire.org bisa jadi alternatif kalau lagi mau nostalgia mainin game kenangan atau asah otak dengan main game scrabble πŸ˜€

Like it?

Nur Asiyah · Desember 18, 2021 pada 1:53 pm

Dulu favorit banget games Zuma. Sampe diomelin kakak gegara nge game itu mulu. Tapi emang dulu games enggak sebanyak sekarang dan dia sangat asyik dimainkan. Jadi hiburan yang beneran menghibur, bukan malah bikin pusing. Soalnya sekarang banyak juga games yang bukannya bikin seneng malah bikin pusing, hehe.

Like it?

Afrina · Desember 18, 2021 pada 3:02 pm

Saya sering banget main game zuma di solitaire ini. Kalau dulu sering main di komputer, skrg bisa dari hp lebih praktis juga. Udah gitu di solitaire ini juga banyak gamenyaa jadi seru

Like it?

Dirman · Desember 18, 2021 pada 4:53 pm

Wah, ada zuma dan beberapa game legend yang lain ya, pak? Mantap.. orang kekinian bilang : “anti mainstream”. Mungkin ini yang ingin dicoba disuguhkan oleh solitaire.org. Keren!

Like it?

Ulfah Aulia · Desember 19, 2021 pada 10:03 pm

Dari ke lima game ini paling suka game zuma, ini game lagend banget. Awal main game itu di komputer lama, game satu2nya yg tersedia di komputerku sehingga senang main gamenya… Kalau skrg pengen cobain ke semua gamenya buat refreshing dan mengurangi rasa bosan.

Like it?

Eko PRasetyo · Desember 19, 2021 pada 10:20 pm

Semua game nya bagus kak,
Tapi saya masih main Zuma legend, game ini mudah dan hanya pencocokan warna setiap ingin dilempar.. Kadang makin menegang kalau warna yg ditembak selalu tidak tepat sasaran.

Like it?

Ning! · Desember 20, 2021 pada 6:05 am

Gara-gara Solitaire ini aku jadi kecanduan main Solitaire dong! Wkwkwk.. bukan kecanduan yg terus-menerus main game ya, cuma jd tempat pelarian gitu, kalau lagi suntuk aku main Solitaire dan suntuknya lumayan hilang. Kalau lagi buntu nulis juga main Solitaire satu ronde dulu biar fresh. Pokoknya apa-apa jadi larinya main Solitaire, seru sih agak mikir jadi lupa sama masalah.

Like it?

Antung Apriana · Desember 21, 2021 pada 5:02 am

Game yang ada di solitaire ini beberapa merupakan game jadul yang pernah dimainkan generasi 90an yaa. Berasa nostalgia deh lihat game ini ada di solitaire

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: