Kolaborasi Astra Financial

Perkembangan zaman dengan penggunaan teknologi yang semakin mutakhir dan pemanfaatannya yang semakin masif menuntut berbagai perusahaan di dunia untuk mampu beradaptasi dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan hidup manusia yang semakin dinamis, tak terkecuali bagi perusahaan finansial. Maka tidak heran, jika di tengah ketatnya persaingan dan kompetisi dunia bisnis, tidak sedikit perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi dalam rangka mengembangkan inovasi dan menghadirkan solusi.

Berbicara tentang perkembangan zaman, kecanggihan teknologi kini tak hanya populer digunakan untuk berkomunikasi dan berbelanja saja. Lebih dari itu, justru semakin banyak hal dan urusan yang dapat dilakukan dan diselesaikan secara online, terlebih untuk urusan finansial, mulai dari urusan membayar tagihan hingga berinvestasi. Tidak dapat dipungkiri, sektor keuangan memang menjadi salah satu bidang kehidupan yang tak terelakkan dari kecanggihan teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin menjamurnya berbagai macam fintech alias financial technology yang berkembang di masyarakat.

Dengan adanya fasilitas online dalam urusan finansial, pengguna dapat melakukan beragam transaksi pembayaran atau berinvestasi cukup dari rumah bahkan hanya lewat genggaman tangan, sehingga tidak perlu lagi berkunjung ke kantor offline. Namun di sisi lain, banyak juga pengguna yang merasa khawatir dengan sistem keamanan online. Karena berdasarkan fakta di lapangan, tindak kejahatan seperti penipuan hingga pencurian data pribadi masih sering terjadi berulang kali.

Menghadirkan Solusi Lewat Kolaborasi

Sebagai langkah nyata merespons fenomena tersebut dengan meningkatkan sistem keamanan transaksi online dan mempercepat upaya transformasi digital perusahaan, Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang keuangan, berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk menjalankan aplikasi MOXA yang baru diluncurkan pada akhir bulan Maret 2021 yang lalu.

Aplikasi MOXA yang baru diirilis beberapa bulan lalu ini akan berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub, yaitu aplikasi finansial lengkap yang dapat membantu pengguna mencari berbagai macam layanan keuangan, mulai dari pembiayaan pembelian kendaraan, umroh, haji, gadget, dana tunai, hingga asuransi jiwa atau pun mobil.

Kolaborasi Astra Financial dan Alibaba Cloud sendiri berupa pemanfaatan teknologi yang mutakhir, infrastruktur komputasi awan yang cemerlang, tepercaya, dan berkinerja tinggi. Keunggulan tersebutlah yang menjadi alasan bagi Astra Financial untuk memilih dan menggandeng Alibaba Cloud sebagai partner kolaborasi. Dengan bermitra bersama Alibab Cloud, pengelolaan data nantinya harus dilakukan selaras dengan prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan. 

Alibaba Cloud Leon-Chen

Leon Chen selaku General Manager Alibaba Cloud Indonesia dalam konferensi media secara online. (Sumber: www.astrafinancial.co.id)

Menurut Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia, Alibaba Cloud sangat senang untuk mendukung Astra Financial dalam mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan menawarkan infrastruktur cloud yang tangguh dan teknologi yang canggih termasuk container, security, dan database. Selain itu, Alibaba cloud juga mempunyai kapabilitas yang komprehensif untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan memiliki pusat data lokal dan scrubbing center di Indonesia, Alibaba Cloud yakin dapat menjadi mitra yang tepercaya bagi instansi-instansi keuangan di Indonesia seperti Astra Financial.

Sedangkan bagi Astra Financial sendiri, sebagaimana yang diungkapkan oleh Direktur Astra Financial sekaligus Project Leader MOXA, Handoko Liem menjelaskan bahwa kemitraan strategis ini memungkinkan Astra Financial memberikan layanan jasa keuangan yang fleksibel dan stabil. Aplikasi MOXA juga dilengkapi dengan keamanan yang ketat dan sistem pemulihan yang tepercaya. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir karena Astra Financial telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan perusahaan yang telah dikenal dan sangat andal pada bidangnya.

Dengan kolaborasi yang optimistis dan strategis ini, Astra Financial menyatakan siap untuk menghadirkan solusi sekaligus menjadi pelopor di sektor keuangan yang secara proaktif merangkul kecerdasan sistem cloud serta teknologi digital guna mempercepat pertumbuhan dan menawarkan layanan yang telah ditingkatkan bagi jutaan pengguna di tanah air. 

Upaya Astra Financial Perkuat Layanan Digital 

Berbagai upaya dan cara dilakukan oleh Astra Financial dalam rangka memperkuat pelayanan digital dengan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Alibaba Cloud seperti Alibaba Cloud Container for Kubernetes, Content Delivery Network (CDN), Object Storage Service (OSS), dan RDS PostgreSQL untuk meningkatkan kelincahan dan stabilitas kinerja Aplikasi Moxa yang optimal. Tidak hanya itu, Astra Financial juga memanfaatkan kemampuan keamanan Alibaba Cloud melalui data pusat lokal seperti Web Application Firewall (WAF), Cloud Monitor, dan Log Service guna memastikan aplikasi dilengkapi dengan tingkat keamanan tertinggi yang memenuhi kepatuhan dan peraturan lokal.

Grand Launch MOXA Super App Andal dari Astra Financial

Peluncuran aplikasi MOXA secara virtual yang dihadiri oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk beserta jajaran Direktur Astra lainnya. (Sumber: www.astrafinancial.co.id)

Selain deretan upaya yang telah disebutkan di atas, Astra Financial pun menyebutkan beberapa rencana pada masa depan seiring berjalannya aplikasi MOXA nanti. Rencana-rencana yang dimaksud adalah meningkatkan pelayanan dan memperluas tawaran produk melalui teknologi. Rencana tersebut memiliki tujuan agar pengguna dapat mencapai kebebasan finansial yang berorientasi pada nilai kepuasan, sehingga tentunya akan memberikan rasa puas tersendiri bagi pengguna. 

Menyejahterakan Bangsa Melalui Aplikasi MOXA

Dengan gebrakan dan terobosan baru berupa aplikasi MOXA, tentunya Astra Financial juga telah membuktikan bahwa perusahaan yang sudah cukup ‘senior’ dan lama malang melintang di dunia finansial pun mampu untuk terus eksis dan merespons modernisasi dengan selalu meng-upgrade diri perusahaan dan mengedepankan inovasi.

Aplikasi MOXA milik Astra Financial seolah menyulap berbagai urusan finansial yang terkesan rumit dan sulit menjadi lebih mudah dan terarah hanya dalam genggaman tangan, terlebih bagi kalangan milenial yang terbiasa dengan mobilitas tinggi dan berbagai aktivitas yang dilakukan melalui gawai pintar.

Pada akhirnya, akan selalu ada harapan yang dipanjatkan dari setiap upaya dan langkah yang dilakukan untuk terus melaju ke depan. Begitu pun dengan aplikasi MOXA persembahan Astra Financial ini. Ada sejumput asa yang tumbuh di balik pengoperasian aplikasi MOXA. Astra Financial yakin dan optimis bahwa kolaborasi yang dilakukan bersama Alibaba Cloud dan berbagai mitra lainnya dengan menghadirkan solusi keuangan terbaik bisa memuluskan jalan untuk mewujudkan cita-cita mulia Astra Financial, yaitu untuk menyejahterakan bangsa.

Kolaborasi Astra Financial, menyejahterakan bangsa melalui aplikasi MOXA.

Kolaborasi Astra Financial, menyejahterakan bangsa melalui aplikasi MOXA. (Sumber: www.astrafinancial.co.id)

Kolaborasi Astra Financial dengan menghadirkan MOXA dan anak-anak perusahaan Astra Financial yang terintegrasi di dalamnya seakan menjadi bukti nyata yang semakin menegaskan Astra Financial sebagai raksasa perusahaan keuangan di Indonesia yang masih bertahan dengan sejuta pengalaman dan tantangan lintas zaman.

Namun bagaimanapun, Astra Financial tetaplah perusahaan swasta yang berharap dengan kehadirannya bisa memberikan manfaat, sumbangsih, dan kontribusi lebih kepada bangsanya. Sebagaimana tercantum dalam filosofi perusahaan PT Astra International Tbk (Catur Dharma) yang pertama yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Semoga.

 

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Jurnalis dan Blogger Astra Financial (KBJAF) 2021. Tulisan ini merupakan hasil pemikiran pribadi penulis yang didukung oleh beberapa sumber referensi lainnya sebagaimana tercantum pada daftar sumber referensi tulisan.

Sumber Referensi Tulisan: 

  • Pemikiran Pribadi
  • https://www.astrafinancial.co.id/2021/04/23/kolaborasi-astra-financial-alibaba-cloud-dalam-pengoperasian-aplikasi-moxa/
  • https://id.alibabanews.com/kolaborasi-astra-financial-alibaba-cloud-dalam-pengoperasian-aplikasi-moxa/
  • Media Sosial Astra Financial 
How many stars for this post?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: