Tips dan Trik Meningkatkan Engagement Rate Instagram untuk Kebutuhan Bisnis

Sumber: Pexels.com

Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Dewasa ini, siapa sih yang tidak kenal dengan Instagram?

Sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia pastinya sudah tahu tentang aplikasi yang kini sudah diakuisisi oleh Facebook tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram adalah sebuah aplikasi media sosial yang menjadi tempat tujuan bagi ratusan juta penggunanya untuk berbagi foto, video, desain, dan cerita mereka setiap hari.

Tidak heran jika aplikasi ini menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir karena begitu besar pengaruh Instagram dalam kehidupan kita sehari-hari. Seiring perkembangan waktu, Instagram juga tumbuh menjadi salah satu platform yang sangat baik dan terkenal untuk digunakan dalam berbisnis.

Perkembangan teknologi memang memudahkan banyak pengguna dalam mempromosikan bisnis yang mereka jalankan. Instagram memberikan kebebasan untuk melakukan posting foto, desain, dan video sesuai dengan kebutuhan dari bisnisnya masing-masing. Hampir setiap orang saat ini memiliki akun Instagram untuk cara mencari follower agar produk yang dijualnya lebih dikenal. Bisnis yang menggunakan Instagram tentu harus lebih cerdik untuk dapat meningkatkan profit alias keuntungan.

Keistimewaan Instagram kian bertambah karena media sosial ini menjadi platform yang sukses memasarkan banyak produk dan membentuk brand-brand baru. Hal ini terbukti dari adanya 8 juta akun bisnis yang terdaftar di Instagram dengan berbagai macam bisnis. Tahukah Anda, ada lebih dari 80 juta foto diunggah ke Instagram setiap harinya oleh basis pengguna aktif dalam jumlah yang besar? Sangat potensial, bukan?

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Sumber: Alona.co.id

Untuk itu, seiring dengan pengaruh Instagram pada sebuah bisnis, banyak yang masih belum mengetahui bagaimana tips menggunakan Instagram untuk bisnis, agar produk atau jasa yang dijual lebih dikenal karena pengaruh dari media sosial Instagram ini. Salah satunya adalah pentingnya mengetahui dan memahami cara meningkatkan Engagement Rate Instagram.

Apa itu Engagement Rate (ER)? ER itu adalah rasio antara orang-orang yang berinteraksi (follow, like, comment, share, view, dan lain-lain) dengan kiriman pos yang kita unggah di media sosial terhadap jumlah total orang yang melihat pos tersebut. Nah, mengoptimalkan Instagram untuk strategi marketing tentu saja butuh effort lebih. Kita harus menciptakan engagement rate yang bagus supaya dapat mengembangkan bisnis yang kita jalani.

Untuk itu, berikut ini Bang Firman akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara meningkatkan Engagement Rate Instagram untuk kebutuhan bisnis. Check this out!

1. Sering Mem-Posting dan Konsisten

Sebagai tips dan trik pertama dalam meningkatkan Engagement Rate Instagram untuk kebutuhan bisnis, tidak lain adalah frekuensi atau seringnya kita mem-posting dan juga konsistensi. Sebab, salah satu hal yang dipertimbangkan oleh algoritma Instagram adalah postingan yang baru.

Konsisten Posting Instagram

Sumber: Freepik.com

Semakin baru kiriman atau posting-an, semakin besar kemungkinan mendapatkan engagement rate yang tinggi. Oleh karena itu, kunci utamanya adalah konsisten dalam membuat posting-an. Jika perlu, buat jadwal posting agar teratur. Meski demikian, jangan terlalu sering menyajikan konten kepada audiens. Karena bisa jadi hal itu akan membuat akun kita terlihat spam di mata mereka.

2. Gunakan Hashtag atau Tanda Pagar

Tips selanjutnya untuk meningkatkan Engagement Rate Instagram adalah menggunakan hashtag atau tanda pagar. Pasalnya, saat kita menggunakan hashtag, posting-an tersebut otomatis dapat dilihat juga oleh para pengguna di seluruh dunia, bahkan yang bukan followers kita.

Hashtag

Sumber: Freepik.com

Meski begitu, kita harus perhatikan dengan baik saat menggunakan hashtag. Pastikan bahwa hashtag yang ditulis spesifik dan sesuai dengan posting-an yang sedang ditampilkan. Berbeda dengan Twitter, di Instagram kita dapat menggunakan hashtag sebanyak mungkin. Jadi, maksimalkan dengan baik.

3. Konten Menarik dan Mengikuti Tren

Salah satu tantangan terbesar menggunakan Instagram bagi penggiat bisnis adalah kehilangan ide untuk konten Instagram. Tapi, kita tidak boleh menyerah begitu saja. Pikirkan lebih dalam lagi dan buat konten-konten yang sekiranya dapat menarik perhatian audiens.

Konten Kreatif dan Tren

Sumber: Freepik.com

Jangan lupa juga untuk manfaatkan tren yang sedang hype di masyarakat dan media sosial. Karena tak bisa dipungkiri, dari waktu ke waktu pasti ada saja tren yang muncul, khususnya di media sosial Instagram. Akan tetapi, pastikan hal yang menjadi tren tersebut memiliki relevansi terhadap produk atau layanan bisnis yang kita jual.

4. Maksimalkan Fitur-Fitur yang Terdapat di Instagram

Tips selanjutnya untuk meningkatkan engagement rate di Instagram adalah maksimalkan fitur-fitur yang terdapat di Instagram, seperti memanfaatkan fitur-fitur di Instagram Story, menggunakan Geotag, mem-posting Instagram TV (IG TV), membuat video-video singkat dengan fitur Reels, dan lain sebagainya.

Fitur Insta Story

Sumber: Pexels.com

Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan fitur-fitur di Instagram tersebut, diharapkan bisa membantu kita untuk memperoleh banyak interaksi dari audiens dan mampu meningkatkan engagement sehingga produk atau jasa kita jual pun memiliki kesempatan besar untuk dilirik oleh mereka.

5. Jika Dibutuhkan, Manfaatkan Jasa Komentar Media Sosial

Seperti yang sudah diketahui, engagement rate di Instagram memang memiliki lebih banyak faktor dibandingkan dengan beberapa platform media sosial lainnya, seperti jumlah like, share, commentview, dan repost. Semakin tinggi engagement rate sebuah posting-an di Instagram, tentu akan menarik followers lainnya untuk ikut berkomentar dan berinteraksi, maka semakin besar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan.

Nah jika dibutuhkan, sekarang ini ternyata kita juga bisa gunakan dan manfaatkan jasa komentar Instagram untuk kebutuhan usaha dan bisnis online kita. Salah satu yang bisa Bang Firman rekomendasikan adalah Rajakomen.com.

For your information, Rajakomen.com adalah perusahaan periklanan untuk membantu pengusaha bisnis online di Indonesia. RajaKomen.com ini dipersembahkan untuk seluruh komentator Indonesia dan pemilik akun media sosial bisnis atau usaha yang ingin dikomentari positif oleh netizen yang ada di Indonesia.

Dengan meningkatnya Engagament Rate (ER) di sebuah posting-an media sosial, tentu akan membuat akun bisnis kita menjadi lebih populer. Brand atau produk yang dipromosikan pun akan lebih mudah dicari karena memiliki ER yang tinggi.

Komentar merupakan salah satu faktor interaksi dengan followers/subscribers. Rajakomen.com sebagai perusahaan periklanan ingin membantu pengusaha online dalam mendapatkan ER yang tinggi. Oleh karena itu, Rajakomen.com mengumpulkan komentator yang asli dan sudah terverifikasi (bukan BOT), sehingga dapat membantu promosi brand/produk milik advertiser. Komentator asli dari Indonesia, untuk produk Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kita tingkatkan Engagement Rate Instagram untuk kebutuhan bisnis kita! 😀

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih dan salam hangat. 🙂 

How many stars for this post?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)