Banner Utama Veronika

Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Siapa nih di antara kalian semua yang mengaku sebagai pengguna sekaligus pelanggan setia layanan provider Telkomsel? Ayo ngaku! Hehe …

Kenapa saya tiba-tiba bertanya seperti itu pada pembukaan tulisan saya kali ini? Jawabannya tentu mudah dan simpel saja, karena tulisan ini akan menjadi ‘hidangan spesial’ bagi kalian para pembaca setia Bang Firman’s Blog yang juga menggunakan layanan Telkomsel. Hehe …

By the way, Bang Firman sendiri pun seorang pengguna setia Telkomsel lho. Jadi kalau kalian merasa sama dan ‘satu frekuensi’ dengan saya, sini-sini kita tos dan kumpul virtual dulu! 😀

Eittss, tapi bagi kalian yang bukan pelanggan atau belum menggunakan layanan Telkomsel, jangan kabur dulu, please. Baiknya, kalian simak dulu tulisan ini hingga akhir ya. Siapa tahu tulisannya bermanfaat dan setelah membacanya kalian akan ‘kecantol’ dan jatuh cinta dengan Telkomsel. 🙂

Apa lagi, sebagai pengguna Telkomsel nantinya kamu juga bisa Tanya Veronika Asisten Virtual sepuas yang kamu inginkan untuk membantu melayani kamu dalam hal urusan atau kebutuhan layanan provider Telkomsel pada smartphone kesayangan kamu. Uluuluuu…. Asyiknya bisa punya Asisten Virtual pribadi secantik Veronika. *Uhuk

Nah, kalian pasti penasaran dong dengan Veronika, Sang Asisten Virtual Telkomsel? Yuk kita bahas!

Veronika, Asisten Virtual kami, siap jawab berbagai pertanyaanmu. Mulai dari aktivasi paket internet, isi pulsa, cek kuota internet, bayar tagihan kartuHalo, hingga tukar Telkomsel POIN, Veronika siap bantu kebutuhanmu.

Baiklah, sebelum kita berbicara lebih jauh tentang Veronika Telkomsel, mari kita bahas dan pahami terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan Asisten Virtual dan segala hal yang berhubungan dengan istilah tersebut.

Seperti yang dapat kita lihat dan rasakan hingga saat ini, kebutuhan manusia akan komunikasi bisa dibilang menjadi salah satu faktor berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi dalam ranah komunikasi sejatinya dilakukan untuk semakin mempermudah individu-individu dalam masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain, termasuk komunikasi pada sisi pelayanan pelanggan.

Gambar Veronika 1Disadari atau tidak, seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi tersebut, saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang melakukan inovasi dalam hal pelayanan pelanggan dan mulai menanggalkan bentuk pelayanan secara konvensional. Contohnya, Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air juga sudah mengembangkan inovasi tersebut dengan menghadirkan asisten virtual.

Asisten Virtual sebenarnya merupakan turunan dari Artificial Intelligence (AI) yang dilengkapi dengan serangkaian bahasa pemrograman dengan basis Natural Language Processing (NLP) dan mesin pembelajaran yang memungkinkan terjadinya interaksi layaknya individu pada umumnya.

Nah, sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi terkini dan prinsip customer-centricity, Telkomsel pun tak mau ketinggalan dalam mengadopsi teknologi asisten virtual, yang kemudian diwujudkan melalui asisten virtual bernama Veronika.

Judul Veronika 2Bagaimana? Sekarang sudah paham tentang Asisten Virtual, kan?

Kalau sudah paham, kini saatnya kita berkenalan dengan Veronika, Asisten Virtual Telkomsel yang ‘multi-talented’ dan pengertian banget. Ingat kata peribahasa, tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta lho. Hehehe …

Jadi, Veronika adalah layanan digital berbasis chat yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya, seperti membeli paket, mengisi pulsa, bayar tagihan kartuHalo, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

Veronika Banner LatarJika kamu cukup familiar dengan istilah chatbot, maka Veronika ini pun bisa kamu sebut sebagai layanan chatbot yang sengaja dikembangkan oleh Telkomsel.

Layanan chatbot Veronika resmi dihadirkan Telkomsel pada tahun 2017 sebagai bentuk respon perusahaan terhadap semakin masifnya penggunaan pesan instan di kalangan masyarakat. Sebelumnya, Veronika lebih dikenal sebagai mesin penjawab milik Telkomsel di kala panggilan masuk tidak terjawab.

Hadirnya asisten virtual menjadi salah satu layanan Telkomsel untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan untuk bertransaksi dan mengaktifkan layanan, di samping aplikasi MyTelkomsel, UMB (USSD Menu Browser), dan mitra Telkomsel. Layanan ini dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

Nah, bagi kita para pelanggan Telkomsel yang butuh bantuan Veronika, kita bisa menjumpainya di berbagai platform atau channel. Apa saja platform atau channel tersebut? Dan bagaimana cara mengakses asisten virtual Telkomsel? Yuk, kita simak penjelasannya secara rinci berikut ini!

Sebagaimana yang dapat diketahui melalui informasi di website resmi Telkomsel, layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat diakses melalui akun resmi Asisten Virtual Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Untuk mulai melakukan percakapan dengan Veronika, ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan. Agar lebih detail, spesifik, dan jelas, di bawah ini adalah rincian penjelasan cara mengakses Veronika atau layanan Asisten Virtual Telkomsel pada masing-masing platform atau channel yang tersedia. 

Gambar Veronika 2

1. Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi self-service persembahan Telkomsel bernama MyTelkomsel ini juga dilengkapi dengan fitur asisten virtual. Untuk dapat melakukan percakapan dengan Veronika, yang harus kamu lakukan adalah pilih “Menu” yang ada di kolom bawah. Setelah itu klik menu “Help Center”, pilih “Chat with Veronika”, dan kamu akan dibawa ke halaman chat.

Untuk memulai percakapan, kamu bisa ketik “Hai” atau “Halo”. Veronika akan menyapamu dan memberikan kata kunci untuk berbagai kebutuhan, seperti Isi Pulsa, Beli Paket, Kirim Hadiah, dan lainnya.

Gambar Veronika 4 Fix

2. Situs Telkomsel

Cara mengakses asisten virtual Telkomsel berikutnya bisa dilakukan dengan membuka situs resmi Telkomsel. Asisten virtual ini bisa kamu akses di semua halaman situs resmi Telkomsel dengan mengklik ikon Veronika yang ada di pojok kanan bawah.

Pada saat kamu klik logo tersebut, kamu akan langsung dibawa ke menu chat. Tapi, sebelumnya Veronika akan menyapamu dan menanyakan namamu. Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkah yang tertera di kolom chat.

Gambar Veronika 5

3. WhatsApp

Selain situs Telkomsel dan aplikasi MyTelkomsel, kamu juga bisa menghubungi asisten virtual Telkomsel lewat pesan instan WhatsApp di nomor 0811-1111-1111. Kamu bisa mulai menyapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo”. Nantinya Veronika akan membalas dan menanyakan apa kebutuhanmu.

Bagi pelanggan pascabayar, Veronika juga bisa memberikan detail informasi mengenai tagihan yang belum terbayar, tanggal tenggat, hingga batas penggunaan.

Gambar Veronika 6

4. LINE

Kamu juga bisa menghubungi Veronika melalui aplikasi pesan instan LINE (@Telkomsel). Langkah-langkah dalam berkomunikasi dengan Veronika melalui LINE kurang lebih sama persis dengan langkah WhatsApp. Kamu dapat menyampaikan kebutuhanmu dengan Veronika melalui kolom chat.

Gambar Veronika 7

5. Facebook Messenger

Asisten virtual Veronika juga hadir di Facebook Messenger (Telkomsel). Kamu bisa langsung mengunjungi halaman chat Facebook Messenger milik Telkomsel. Sapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo” dan sampaikan kebutuhanmu. Ikuti langkah demi langkah yang disampaikan di kolom chat ya.

Gambar Veronika 8

6. Telegram

Terakhir, melihat penggunaan aplikasi Telegram yang semakin masif di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Akhirnya, Telkomsel pun turut menghadirkan layanan Telkomsel Care melalui Telegram (@telkomsel_official_bot).

Saat berada di halaman Telegram Telkomsel Care kamu tinggal tekan tombol “start” yang ada di bawah. Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar dan kurang lebih sama persis dengan langkah-langkah pada aplikasi WhatsApp, LINE, dan Facebook Messenger.

Gambar Veronika 9Masih kurang detail penjelasannya? Atau justru terlalu panjang, ribet, dan bikin pusing? Hmmm …

Tenang, Sobat. Di bawah ini saya tampilkan juga video penjelasan singkat tentang cara mudah mengakses Asisten Virtual Telkomsel yang saya dapatkan langsung dari kanal YouTube resmi milik Telkomsel. So, here you go and check this out!

Jadi, bagaimana? 😀

Veronika Telkomsel, Sang Asisten Virtual ini sangat memudahkan dan membantu kita dalam berbagai hal kebutuhan, bukan? Seru banget pokoknya! Berasa jadi punya asisten pribadi di dalam smartphone gitu ya. Hehe …

Nah, buat kamu yang mau dapat informasi lebih lanjut mengenai layanan pelanggan Telkomsel, ada beberapa channel yang bisa kamu akses juga selain layanan Veronika sebagai Asisten Virtual Telkomsel. Kamu dapat menghubungi call center 24 jam di 188, GraPARI terdekat, email cs@telkomsel.co.id, juga akun media sosial Facebook fan page Telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel.

The last but not least, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi bagi kamu ya. Amin.

Terima kasih dan salam hangat. 🙂

 

Sumber Referensi Tulisan: 

  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel 
  • https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/cara-mengakses-veronika-layanan-asisten-virtual-telkomsel 
  • Akun Media Sosial Instagram Telkomsel dan Kanal YouTube Telkomsel
How many stars for this post?

8 Komentar

Joe Candra P · Maret 22, 2021 pada 3:02 pm

Aku dari 2016 pakai no Telkomselku ini bang hahhaha, udah tua banget ye gw (eh). Btw klo lagi gabut bisa ngechat si Veronika nih eaaaa wkwkkw

Like it?

    Firmansyah · Maret 24, 2021 pada 9:18 am

    Hahaha. Tos, Bang! Aku juga sudah lama pakai Telkomsel.
    Veronika bisa jadi multifungsi banget yak. 😀

    Like it?

Aldhi Fajar · Maret 25, 2021 pada 3:51 pm

Ini memudahkan banget sih mas, apalagi untuk semua pelanggan telkomsel. Kehadiran chatbot virtual ini bikin mudah dalam mengetahui info terbaru dan promo dari telkomsel. Sangat dalem artikelnya, mantap mas.

Like it?

    Firmansyah · April 13, 2021 pada 11:41 am

    Betul. Setuju dengan, Mas Aldhi. Terima kasih sudah berkunjung dan komentar di sini ya, Mas.

    Salam hangat.

    Like it?

nandra · April 3, 2021 pada 9:43 pm

saya berpikir ini sangat bermanfaat bagi para pelanggang telkomssel yang bisa serbaguna

Like it?

    Firmansyah · April 13, 2021 pada 11:43 am

    Betul, Kak Nandra. Terima kasih ya. Semoga bermanfaat.

    Salam hangat.

    Like it?

Azizahnet · April 12, 2021 pada 9:20 am

Selamat Bang. Tulisannya juara. Mantaplah…

Like it?

    Firmansyah · April 13, 2021 pada 11:40 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya. Semoga tulisannya bermanfaat. 🙂

    Salam hangat.

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)