Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Siapa sih di antara kalian yang sudah ‘gerah’ dengan kondisi saat ini dan sudah rindu sekali ingin jalan-jalan alias traveling, baik di dalam atau pun ke luar negeri? 

Tenang, Sobat! Kita semua sama kok. Pada kondisi pandemi virus yang masih mengkhawatirkan seperti saat ini, kita semua berada di level ketidakpastian yang sama, termasuk dalam hal keinginan untuk traveling, aktivitas yang banyak digemari dan biasanya dilakukan oleh orang-orang saat liburan. Namun, kini keinginan traveling tersebut perlu ditahan untuk sementara waktu, setidaknya hingga kondisi dunia kembali pulih dan membaik.

Berbicara tentang traveling, salah satu hal yang paling mungkin bisa kita lakukan saat ini adalah planning atau merencanakan kegiatan traveling yang nantinya bisa kita realisasikan setelah pandemi berakhir. Sebagai pelipur lara karena masih harus menahan nafsu untuk traveling, kita bisa mencoba untuk  iseng-iseng memulai planning dengan mencari dan memilih destinasi dan kegiatan traveling yang layak untuk dijadikan pilihan atau opsi.

Nah, seiring dengan perkembangan dunia yang semakin hari semakin membuat was-was karena merebaknya virus berbahaya, kesehatan menjadi hal yang sangat utama dan berharga dalam melakukan berbagai macam aktivitas, termasuk untuk urusan traveling.

Wisata medis, berobat dan periksa kesehatan sekaligus berwisata. (Sumber gambar: medicaltourismmalaysia.id)

Karena faktanya, kegiatan traveling ke mana pun dan apa pun yang kita lakukan tentu tidak akan menyenangkan dan mengesankan jika keadaan tubuh kita tidak sehat dan fit saat melakukannya. Tidak heran jika istilah wisata medis atau medical tourism dengan misi #LiburanSehat semakin familiar di telinga kalangan traveler belakangan ini.

Sebagai contoh, tidak perlu jauh-jauh, kita semua mungkin sudah sering mendengar bahwa tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berobat dan melakukan pemeriksaan kesehatan hingga ke negeri tetangga seperti Malaysia. Selain karena letak geografisnya yang cukup dekat, fasilitas dan layanan kesehatan yang ditawarkan pun berkualitas tinggi karena sudah menggunakan teknologi medis terbaru dan ditangani oleh petugas-petugas kesehatan yang andal dan berpengalaman.

Jadi, tentu tidak berlebihan jika akhirnya kita sebut Malaysia sebagai salah satu destinasi traveling sekaligus opsi atau pilihan recommended untuk berwisata medis yang bisa kita wujudkan setelah pandemi berakhir nanti. Ibarat peribahasa “sambil menyelam minum air”, siapa sih yang tidak ingin berobat sekaligus berwisata di Malaysia? Hehe …

Beberapa destinasi #LiburanSehat di Malaysia. (Sumber gambar: medicaltourismmalaysia.id)

Oh ya, sedari tadi kita sudah banyak menyebut dan menyinggung tentang wisata medis, #LiburanSehat, dan juga Malaysia. Mungkin banyak dari kalian yang sudah penasaran atau bingung, memang semenarik apa sih berwisata medis dan #LiburanSehat di Malaysia?

Jawabannya: Semenarik apa? Tentu saja menarik! Berwisata medis di Malaysia memang semakin menarik dan mengesankan karena semuanya dapat diwujudkan bersama MHTC atau Malaysia Healthcare Travel Council. 

Berkenalan dengan Malaysia Healthcare Travel Council

For your information, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia. Organisasi ini bertugas sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia, serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien-pasien dari negara-negara lain termasuk Indonesia yang ingin berobat dan membutuhkan informasi berobat di Malaysia, seperti di Kuala Lumpur, Sarawak, Sabah, Penang, Melaka, Johor, Selangor, dan lain sebagainya.

Karena organisasi ini didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, maka tidak heran bila Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) ini memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Namun selain itu, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) juga memiliki beberapa kantor perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar, dan Vietnam.

Malaysia Healthcare Travel Council (Sumber gambar: malaysiahealthcare.org)

Terdapat banyak pilihan rumah sakit berkualitas yang bergabung dan bernaung di bawah MHTC ini, baik yang terletak di Malaysia Barat seperti di Kuala Lumpur, Penang, Johor, dan lain sebagainya, maupun yang berada di Malaysia Timur, seperti di kota Kuching, Sarawak dan Sabah. Mulai dari tingkatan rumah sakit biasa (ordinary) hingga rumah sakit mewah (elite) yang dapat dipilih dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan.

Beberapa rumah sakit yang merupakan anggota MHTC dan bisa menjadi rekomendasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas di Malaysia, antara lain: Penang Adventist, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye Specialist Centre, Mahkota Medical Centre, Sunway Medical Centre, Alpha Fertility Centre, Institut Jantung Negara, Pantai Hospital Group, Prince Court Medical Centre, dan masih banyak lagi rumah sakit lainnya.

Dikutip dari laman situs microsite resmi Medical Tourism Malaysia (medicaltourismmalaysia.id), beberapa layanan berkualitas yang ditawarkan oleh MHTC adalah sebagai berikut:

  • Memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia,
  • Rumah sakit didukung oleh tenaga medis berpengalaman dan profesional,
  • Kemudahan membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan,
  • Memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan untuk biaya perawatan dan pengobatan rumah sakit,
  • Memiliki layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Services (MGS) untuk mempermudah mendapatkan informasi.

Skema Alur Pelayanan Malaysia Healthcare (Sumber gambar: mhtc.org.my)

Kemudian setelah mengetahui sekilas tentang Malaysia Healthcare, pertanyaan selanjutnya yang mungkin akan muncul di benak kalian adalah mengapa harus Malaysia Healtchcare dan memang apa saja keunggulannya sehingga harus dijadikan opsi dan rekomendasi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa alasan dan keunggulan yang dimiliki Malaysia Healthcare sehingga layak untuk dipertimbangkan sebagai opsi destinasi wisata medis bagi siapa pun.

  • Berobat sambil menjelajah sekitar
  • Fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang berkualitas
  • Harga cukup terjangkau dan kompetitif
  • Jarak tempuh yang dekat (bagi kita yang di Indonesia dan sekitarnya)
  • Keuntungan berupa kemudahan dalam bahasa dan komunikasi (negara serumpun)
  • Tersedia berbagai macam wisata lainnya, mulai dari kuliner hingga atraksi hiburan 

Jadi, Bagaimana? Tertarik untuk #LiburanSehat ke Malaysia?

Pandemi memang belum berakhir hingga kini. Tapi, bukan berarti kita tidak boleh berencana untuk traveling, bukan? Hehe …

Apa lagi dengan segala keunggulan dan pengalaman menarik yang ditawarkan oleh Malaysia Healthcare Travel Council, membuat kegiatan traveling menjadi semakin beragam. Hadirnya wisata medis yang semakin diminati akan menjadi tren baru untuk saat ini dan ke depannya di tengah kondisi dunia yang tak pasti.

Liburan sehat penuh semangat di Malaysia. (Sumber gambar: medicaltourismmalaysia.id)

Tetapi, walau di tengah kondisi yang tidak pasti, setidaknya ada satu hal yang pasti yaitu bahwa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, kita tidak perlu menunggu sampai jatuh sakit! Karena dengan berwisata medis di Malaysia, kita dapat melakukan konsultasi, cek kesehatan, treatment, atau melakukan pelayanan kesehatan lainnya sekaligus menikmati suasana liburan yang pastinya menyenangkan.

Nah, jika kalian tertarik, maka jangan lupa untuk selalu ikuti perkembangan informasi terupdate tentang Malaysia Healthcare Travel Council ya. Caranya simpel saja, kalian bisa ikuti akun media sosial Instagram mereka yaitu @medtourismmy.id dan cari tahu lebih banyak tentang mereka dengan mengunjungi website resmi di medicaltourismmalaysia.id ya! Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam sehat dan salam hangat. 🙂

 

Referensi:

  • Situs Resmi Medical Tourism Malaysia Versi Indonesia: https://medicaltourismmalaysia.id/
  • Akun Media Sosial Instagram Medical Tourism Malaysia Versi Indonesia: @medtourismmy.id
  • Situs Resmi Malaysia Healthcare Travel Council: https://www.mhtc.org.my/
  • Situs Resmi Malaysia Healthcare: https://malaysiahealthcare.org/
How many stars for this post?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: