Halo, Sobat Bang Firman’s Blog!

Apakah kamu pernah merantau ke daerah baru dan hidup terpisah dari keluarga serta kerabat terdekat? Baik untuk tujuan melanjutkan studi di universitas yang kamu impikan atau dalam rangka mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mewujudkan impian? Jika belum pernah, maka tulisan kali ini cocok untuk kamu simak dan baca hingga akhir. Selamat membaca ya. 🙂

~~~~~ 

“Bang, Ramadan mau datang ke Jakarta. Mau coba cari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saat kuliah. Nanti bantu Ramadan cari kost di Jakarta ya.”

~~~~~ 

Begitulah kira-kira pesan yang pernah disampaikan oleh Ramadan kepada saya melalui sambungan telepon. Dia adalah saudara sepupu saya yang tinggal di Padang, Sumatera Barat. Ia bercerita bahwa dirinya ingin mencoba mencari pekerjaan di Ibukota, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan di daerahnya.

Berbicara tentang merantau, melanjutkan studi, dan bekerja di daerah yang baru kita datangi, tentu saja kita membutuhkan sebuah tempat tinggal sebagai tempat untuk berlindung, beristirahat, serta melakukan berbagai aktivitas harian.

Maka tidak heran, jika para perantau biasanya ditawari oleh sanak famili atau saudara untuk tinggal bersama di kediaman mereka. Namun, karena satu dan lain hal, memenuhi tawaran untuk ‘menumpang hidup’ di rumah milik saudara atau kerabat terkadang justru menjadi pilihan yang cukup sulit dan tidak jarang membuat kita ‘gigit jari’.

Pasalnya, berbagai pertimbangan pastinya mengganggu dalam pikiran, seperti perasaan tidak enak karena harus menumpang dalam jangka waktu yang belum menentu, meningkatnya pengeluaran kebutuhan logistik harian si pemilik rumah, keterbatasan dalam melakukan beberapa aktivitas, dan lain sebagainya.

Atas dasar pertimbangan tersebut dan beberapa pertimbangan lainnya, maka muncullah berbagai opsi menarik bagi para perantau yang ingin memiliki tempat tinggal pribadi agar dapat lebih leluasa dalam menjalani kehidupan sehari-hari, salah satu yang paling direkomendasikan adalah tinggal di kost.

Tidak bisa dipungkiri, kost memang menjadi salah satu pilihan solutif dan recommended bagi para perantau, khususnya kalangan milenial dan Gen-Z yang sudah mantap untuk mencari tempat tinggal sendiri dan hidup secara mandiri. Kost juga sudah menjadi pemandangan lumrah hampir di setiap sudut perkotaan yang lokasinya berdekatan dengan kampus-kampus, perkantoran, dan kawasan industri.

Selain karena merasa kurang nyaman ‘menumpang hidup’ di tempat orang lain, tingginya harga properti perumahan saat ini, terutama di kota besar, ternyata membuat generasi milenial lebih memilih untuk menyewa  tempat tinggal ketimbang untuk membelinya.

Dilansir dari Katadata.co.id, hasil survei yang diadakan oleh Indonesia Property Watch menyatakan bahwa ada sekitar 47,4% generasi milenial yang memilih untuk tinggal di kost dan apartemen. Sisa presentasi lainnya adalah gabungan antara mereka yang berminat membeli properti rumah dan mereka yang memilih untuk tinggal di kediaman keluarga atau saudara.

Besarnya potensi kebutuhan kost bagi generasi milenial menyebabkan semakin menjamurnya para penyedia jasa kost di berbagai sudut kota. Usaha atau bisnis jasa kost memang cukup menjanjikan sehingga dapat menarik minat para pengusaha dan pengembang untuk turut mengembangkan bisnis kost ke arah yang lebih luas dan serius.

Nah, lalu apa saja sih kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kost idaman?

Disadari atau tidak, kost idaman yang sesuai harapan dan memenuhi segala kebutuhan harian pastinya akan ikut mempengaruhi produktivitas dan mood kamu selama menjalani aktivitas sehari-hari, misalnya prestasi akademik kamu di kampus, efektifitas dan kinerja saat bekerja di kantor, hang out dan bertemu dengan teman-teman, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk menyewa sebuah kost, ada baiknya kamu perhatikan beberapa hal sebagai bahan pertimbangan kamu saat mencari kost-kostan. Nah, sederet kriteria berikut bisa kamu pertimbangkan saat memilih kost idaman kamu. Check this out!

 1. LOKASI 

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih kost adalah lokasi. Pastikan lokasi kost idaman kamu berada di daerah yang strategis. Jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi kampus atau kantor tempat kamu bekerja.

Selain itu, kamu juga perlu perhatikan hal-hal yang berada di sekeliling kost tersebut. Pertimbangkan akses dan keadaan jalan, ketersediaan tempat makan, minimarket, laundry, dan berbagai kebutuhan anak kost pada umumnya, agar saat kamu sudah tinggal di sana kamu bisa merasa tenang dan nyaman.

 2. FASILITAS 

Selain lokasi, kamu juga perlu cek fasilitas apa saja yang kamu dapat bila kamu sewa kost tersebut. Biasanya beberapa fasilitas kost yang sudah tersedia antara lain: kasur, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar mandi, dan dapur umum dengan berbagai perlengkapannya. Jika kamu memilih kost yang sedikit lebih eksklusif, tentu saja fasilitasnya sedikit lebih berbeda, seperti adanya AC, akses internet dengan WIFI, kolam renang penghuni kost, dan lain sebagainya.

Fasilitas ini perlu kamu tahu agar pengeluaran bulanan kamu tidak menjadi bengkak setiap bulannya, karena itu mungkin ada beberapa hal yang bisa dihemat bila fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pemilik kost.

 3. HARGA 

Harga kost pastinya jadi pertimbangan yang tidak kalah penting. Kamu harus menyesuaikan harga kost dengan kemampuan finansialmu atau orang tua. Semua tinggal kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan. 

Kamu bisa bandingkan terlebih dahulu harga dari beberapa kost yang sudah kamu survei. Tapi, jangan mudah tergiur dengan harga yang lebih murah ya, karena kamu juga harus teliti tentang fasilitas yang ditawarkan, jangan sampai ada biaya tambahan yang kadang-kadang tidak termasuk dalam biaya sewa kost seperti biaya listrik, uang sampah/kebersihan, sewa kulkas, dan lain sebagainya.

 4. KEBERSIHAN 

Poin kriteria keempat ini pastinya tidak boleh diabaikan begitu saja. Kebersihan harus jadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan, karena kalau kost yang kamu tempati lingkungannya kurang bersih, bukan hanya Virus Korona yang mungkin akan hinggap, tetapi mungkin juga jadi sarang banyak penyakit lainnya yang malah membuat kamu jadi kurang sehat dan sakit.

 5. KEAMANAN 

Kriteria terakhir yang perlu kamu pikirkan juga adalah tentang keamanannya. Perhatikan apakah kost kamu terletak di kawasan yang ramai dan banyak penduduk, eksklusif di dalam komplek, atau justru sepi dan mengkhawatirkan. 

Jika kamu tertarik dengan kost yang lebih eksklusif, pastinya kost tersebut punya sistem pengamanan yang lebih ketat. Hal ini pun menjadi daya tarik dan nilai jual, karena tidak sedikit orang yang mengambil sewa kost ekslusif karena adanya faktor keamanan, agar mereka bisa tinggal di sana dengan perasaan yang aman dan nyaman. 

Sekarang, kamu setuju kan kalau zaman modern seperti saat ini apa pun bisa dilakukan secara praktis, mudah, aman, dan nyaman? Cukup dengan duduk santai sambil membuka smartphone dalam genggaman, semua hal dapat dilakukan, termasuk urusan mencari kost idaman sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Jadi, zaman sekarang cari kost-kostan di mana pun dan kapan pun bisa kita lakukan tanpa harus repot-repot keluar rumah dan survei door by door. Apa lagi dalam keadaan dan situasi kita yang saat ini masih di tengah pandemi Covid-19, pastinya akan lebih aman bagi kita untuk tetap di rumah saja dan mencari solusi terbaik untuk kost idaman cukup lewat smartphone dalam genggaman tangan.

Sebagai dampak dari meningkatnya para pencari kost, sekarang sudah banyak platform kost online yang fokus membahas dan menghadirkan informasi seputar kost, serta berkolaborasi dengan para pengusaha kost untuk bersama-bersama menyediakan kost dengan standar kualitas dan aturan tertentu.

Penasaran? Platform kost apa saja yang bisa kamu jadikan pilihan dan rekomendasi saat ingin mencari kost untuk tempat tinggalmu? Simak penjelasan berikut dan mari mengenalnya satu per satu.

1. BabeKost (Babekost.com) 

Platform kost yang satu ini bisa dibilang cukup legendaris, karena sempat terkenal dan menjadi andalan pada zamannya. Dengan ciri khas unik yang tergambar dari nama situsnya, logo bapak-bapak berkumis dan mengenakan peci, serta slogan situsnya “Info Juragan Kos-Kosan!” membuat platform kost ini  terlihat cukup berbeda, sehingga mudah dikenal dan diingat oleh para pengunjung situsnya.

BabeKost sendiri merupakan media online yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha kost untuk pasang iklan penyewaan kost dan hunian lainnya seperti apartemen, villa, kontrakan, dan lain sebagainya secara gratis, mudah, dan cepat. Ya, gratis. Itulah salah satu keunggulan BabeKost sebagai platform kost, semua iklan yang dipasang di BabeKost tidak dikenakan biaya sama sekali. Pilihan pencarian kost atau hunian lain di situs ini pun cukup lengkap dan bervariasi.

Namun BabeKost tetap memiliki kekurangan. Kekurangan BabeKost yang membuatnya sedikit tertinggal adalah belum tersedianya BabeKost dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di smartphone, melainkan hanya bisa diakses lewat situsnya saja. Tampilan situsnya pun terasa kurang mobile friendly jika diakses menggunakan smartphone. 

2. InfoKost (www.infokost.id)

Platform online kedua ini bernama InfoKost. Kalau platform kost sebelumnya cukup terkenal dengan ciri khasnya yang unik pada nama, logo, dan slogannya, platform online InfoKost justru dengan mantap dan percaya diri melabelkan diri mereka sebagai situs penyedia informasi kost, apartemen, dan villa pertama di Indonesia.

InfoKost menyajikan informasi lengkap data kamar kost, apartemen, dan villa dengan detail fasilitas yang lengkap mulai dari fasilitas di dalam kamar kost, apartemen, villa atau rumah, fasilitas umum di lokasi, lokasi ATM, minimarket dan peta lokasi yang akurat. Setiap kost, apartemen, dan villa dilengkapi dengan foto-foto dan semua data yang ada sudah diverifikasi oleh InfoKost.

Berbeda dan lebih unggul dibandingkan platform kost pertama tadi, platform online InfoKost ini sudah bisa diakses melalui aplikasi di smartphone yang bisa diunduh melalui Play Store untuk pengguna smartphone Android atau App Store bagi pengguna smartphone iOS atau iPhone.

3. YukStay (www.yukstay.com)

Jika kedua platform online sebelumnya menyediakan informasi sekaligus menawarkan hunian sewa yang lengkap dan bervariasi seperti kamar Kost, Villa, dan Apartemen. Platform online yang satu ini berani tampil lebih beda. Sebut saja, YukStay.com. YukStay.com menawarkan hunian sewa dan kost yang berfokus pada apartemen saja. YukStay.com dapat menjadi pilihan dan solusi dari masalah apartemen dan masyarakat urban atau perkotaan untuk mencari hunian. 

Dengan menyediakan gaya hidup baru di kota yang terjangkau untuk semua orang, YukStay.com melabelkan diri sebagai perusahaan properti sekaligus online marketplace yang berfokus pada 2 tipe model apartemen, yaitu co-living dan whole living unit. Singkatnya, bisa dibilang YukStay.com ini cocok bagi kamu yang ingin tinggal di kost idaman yang lebih eksklusif dengan bergaya apartemen.

Situs YukStay.com yang memiliki tampilan simpel, rapi, dan minimalis dengan dominasi warna biru dan putih membuatnya nyaman dan mudah untuk diakses. Dan berita baiknya lagi, YukStay.com juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa diunduh di Play Store dan App Store, sehingga bisa lebih mobile friendly tentunya.

4. Kost di RedDoorz

Untuk platform kost yang keempat ini, saya yakin pasti banyak dari kalian yang mungkin saja akan bingung dan bertanya-tanya, “memangnya ada dan bisa ya Kost di RedDoorz?”

Jawabannya: Tentu saja bisa!

Tenang, kamu tidak sendirian kok. Hehe. Saya juga termasuk yang baru tahu kalau ternyata saat ini kita bisa dengan mudah dan asyik mencari kost idaman hanya lewat genggaman tangan dengan menggunakan aplikasi RedDoorz. Keren, kan?

Siapa sih yang tidak kenal RedDoorz?

Saya yakin sebagian besar dari kalian pasti sudah mengenal dan tidak asing dengan nama perusahaan penyedia hotel yang terjangkau ini. Sejak tahun 2015 di Indonesia tepatnya di Jakarta, RedDoorz memang sudah merambah pasar jasa penyedia hotel dan pemesanan kamar berbasis teknologi yang memiliki pertumbuhan tercepat dan terbesar di Asia Tenggara selama perjalanannya hingga saat ini.

Saya pribadi sudah beberapa kali merasakan serunya menginap di hotel atau penginapan yang disediakan oleh RedDoorz di beberapa kota seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Yogyakarta.

Dengan lebih dari 1000 properti yang tersedia di Asia Tenggara, RedDoorz memiliki visi untuk mempermudah orang untuk bepergian dan menyediakan sebuah penginapan yang affordable alias terjangkau dan tepercaya di banyak kota besar dan destinasi. Dan hebatnya lagi, RedDoorz baru-baru ini juga mulai merambah sebagai salah satu platform kost online yang berkembang dan pastinya bisa diandalkan! Wooohooo!

Kalau kamu sudah pernah atau bahkan sudah lama menggunakan aplikasi RedDoorz, pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi RedDoorz di smartphone kamu. Karena ada tampilan baru di aplikasi RedDoorz pada bagian menu dengan pilihan ‘Hotel’ dan ‘Rumah Kost’. Tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah mengetahui dan membahas beberapa platform online untuk mencari kost idaman, lalu apa yang sebenarnya membedakan aplikasi RedDoorz dengan platform kost online lainnya?

RedDoorz yang telah melebarkan sayapnya sebagai salah satu platform kost online memiliki beberapa keunggulan dan keuntungan yang perlu untuk kamu ketahui dan pertimbangkan sebagai rekomendasi terbaik dalam mewujudkan kost idaman yang sesuai dengan ekspektasi dan harapan kamu. Dijamin, pengalaman kamu mencari kost idaman akan semakin mudah dan asyik menggunakan aplikasi RedDoorz. Gak percaya? Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan keuntungannya!

 1. FITUR PENCARIAN KOST YANG MUDAH DAN DETAIL 

Saat kamu membuka dan menggunakan aplikasi RedDoorz, kamu akan dihadapkan pada tampilan menu yang menampilkan kolom dan opsi pencarian kost yang kamu butuhkan. Kamu bisa mencari kost idaman kamu berdasarkan lokasi Kota atau melakukan pencarian berdasarkan “Near Me”, yaitu lokasi kost terdekat saat kamu sedang mengakses aplikasi.

Fitur pencarian kost ini mungkin terlihat sederhana dan biasa, tetapi nyatanya fitur pencarian ini sangat membantu untuk mempermudah pencarian kost, pastinya bermanfaat banget ya guys. Perlu diingat, bahwa untuk pemesanan Kost di RedDoorz bisa dilakukan minimal untuk 1 bulan ya.

 2. TAMPILAN DAN INFORMASI KOST YANG LENGKAP DAN TRANSPARAN 

Keunggulan kedua yang kamu bisa rasakan dari aplikasi RedDoorz adalah tampilan dan informasi kost yang detail, lengkap, dan transparan sehingga kamu bisa bebas dan puas dalam mencari serta memilih kost yang kamu inginkan. For your information, hingga saat ini sudah ada lebih dari 100 properti Kost di 14 Kota di Indonesia dengan fasilitas yang cukup lengkap. Dan akan terus bertambah sesuai target yang ingin dicapai oleh RedDoorz, yaitu menyediakan properti kost yang tersebar di 50 kota seluruh Indonesia. Awesome!

Melalui aplikasinya, RedDoorz mengutamakan transparansi dan kejujuran dengan memberikan tampilan foto kost dan semua detail informasi tentang fasilitas, lokasi, sarana pendukung dan destinasi terdekat, bahkan harga yang sesuai dengan kenyataan. So, don’t worry tentang biaya-biaya tambahan, karena Kost di RedDoorz memang tanpa biaya tambahan. Keren, kan?

 3. TERSEDIA FASILITAS SURVEI KOST SECARA GRATIS 

Dengan mencari Kost di RedDoorz melalui aplikasi, kamu pastinya tidak perlu repot-repot dan capek berkeliling kota untuk survei dan mencari kost idaman door by door. Jadi, kamu bisa pastikan dulu kost mana yang menarik hati dan menjadi pilihanmu dengan mencarinya lewat aplikasi RedDoorz dalam genggaman tangan kamu. Jika sudah dapat kost yang pas di hati, baru nanti kamu survei.

Beruntungnya, RedDoorz juga berbaik hati menyediakan fitur “Book Free Visit” atau kunjungan ke lokasi kost secara gratis yang kita bisa manfaatkan untuk melakukan survei langsung ke lokasi kost dan akan didampingi oleh tim RedDoorz yang juga akan menjelaskan lebih lanjut seputar kost yang kamu pilih. Menariknya lagi, kamu bisa mengatur jadwal sendiri untuk survei, mulai dari atur hari, tanggal, hingga jam. Wah, ini sih keren banget!

 4. HARGA HEMAT, BISA BAYAR UANG MUKA 10%, DAN DAPAT POIN 

Keunggulan berikut ini juga perlu kamu tahu. Kost di RedDoorz terbilang cukup hemat budget dan terjangkau, karena harga yang ditawarkan mulai dari 400 ribuan saja per bulannya. Saat kamu sudah mantap dengan pilihan kost idaman kamu, kamu juga bisa melakukan pembayaran DP atau uang muka sebesar 10% terlebih dahulu, kemudian sisanya bisa dilakukan melalui pembayaran secara online.

Satu lagi, kamu juga bakal dapat poin RedCash (semacam poin untuk diskon) setiap kamu berhasil melakukan transaksi di aplikasi RedDoorz. Poin tersebut pastinya berguna untuk kamu pakai saat ingin staycation di hotel atau penginapan lainnya. Menarik banget, kan? Pastinya!

Eh, tunggu sebentar!

Jika dilihat secara teliti dan seksama, kamu pasti akan menemukan istilah atau nama lain juga di aplikasi RedDoorz, yaitu KoolKost. Mungkin kamu akan merasa bingung dan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih perbedaan antara Kost di RedDoorz dan KoolKost? Mari cari tahu perbedaannya dengan melihat gambar dan penjelasan di bawah ini.

Jadi simpelnya, kalau Kost di RedDoorz pemesanan sewa bisa dilakukan untuk minimal 1 bulan, sedangkan KoolKost hanya bisa dipesan untuk sewa harian. Selain itu, Kost di RedDoorz pun baru bisa dipesan via aplikasi RedDoorz saja, berbeda dengan KoolKost yang bisa booking via aplikasi RedDoorz dan juga website reddoorz.com.

Lalu, sistem di KoolKost adalah booking langsung dengan melakukan transfer pembayaran di awal dan tidak bisa melakukan survei, sedangkan Kost di RedDoorz bisa melakukan survei langsung bersama Tim Internal RedDoorz, jika suka dengan kost yang disurvei, maka kamu bisa langsung membayar uang muka atau DP 10% untuk booking kost tersebut.

Begitulah perbedaannya. Mudah dimengerti, bukan? Hehe. Bagaimana pun, keduanya merupakan sama-sama produk dari RedDoorz. Keren!

Setelah mengetahui betapa asyiknya mencari kost idaman bersama RedDoorz dengan segala keunggulan dan keuntungannya, tetapi masih ada pertanyaan “kenapa harus cari Kost di RedDoorz?” Di situlah terkadang saya merasa sedih. Wew! 😀

Bercanda kok, guys. Hehe. Tenang. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekaligus agar kamu semakin yakin dan memantapkan hati untuk mencari dan mencoba Kost di RedDoorz, berikut ini saya rangkum kembali semua keunggulan, keuntungan, dan kelebihan-kelebihan lainnya dari Kost di RedDoorz. Apa sajakah? Lihat selengkapnya pada infografis di bawah ini ya. 

Bagaimana? Mudah dan asyik banget kan mencari kost idaman zaman sekarang? Apa lagi, di kondisi kita yang saat ini masih di tengah pandemi dan masa kenormalan baru (new normal), membuat kita semua lebih dianjurkan untuk meminimalisir aktivitas keluar rumah, sehingga lebih aman dan tidak berpotensi tertular atau menularkan virus berbahaya.

Dengan memanfaatkan smartphone dan platform-platform kost online seperti yang sudah dijabarkan di atas, kita bisa mencari kost idaman yang diinginkan hanya dalam satu genggaman tangan! Berbagai kriteria kost idaman yang kita dambakan dapat kita lihat dan cari tahu secara lengkap tanpa perlu repot-repot keluar rumah dan mendatangi lokasi kost satu per satu. Dijamin! Pengalaman mencari kost idaman akan menjadi lebih mudah, asyik, dan pastinya aman. Ya, kan? 🙂

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk! Cari kost idaman kamu sekarang juga!

How many stars for this post?

12 Komentar

Ira Anisbar · Agustus 9, 2020 pada 2:31 pm

Jadi inget dulu pernah nginep di RedDoorz Bandung waktu wisuda adik. Ternyata udh ada kost ya sekarang. Kereeeen.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 16, 2020 pada 2:36 pm

    Banyak memori bersama RedDoorz ya, Kak? 😀 Betul, sekarang sudah ada kost juga di RedDoorz.

    Like it?

Angga Suprayogi · Agustus 11, 2020 pada 7:29 pm

Wah, aku baru tahu ternyata ada kost juga di RedDoorz. Kalau RedDoorznya sih sudah lama tahu, sering nginep di RedDoorz soalnya. Hehee .. Terima kasih informasinya, Bang.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 15, 2020 pada 11:34 am

    Iya, Angga. Awal 2020 ini RedDoorz melebarkan sayapnya juga ke properti kost. Semoga bermanfaat ya informasinya.

    Like it?

yusuf · Agustus 21, 2020 pada 4:17 pm

saya sering menginap di RedDoorz setiap kali traveling, harga murah lokasi strategis dan propertynya bagus, banyak promo pula
kayaknya perlu coba nih kost di reddoorz hehe
terima kasih sharingnya bang firman 👍🏻

Like it?

    Firmansyah · Agustus 21, 2020 pada 4:46 pm

    Nah, betul banget itu Mas Yusuf. Saya juga sudah beberapa kali nginep di RedDoorz kalau traveling ke luar kota. Hehehe.
    Terima kasih sudah berkunjung ke Bang Firman’s Blog ya.

    Salam hangat.

    Like it?

Joe Candra · Agustus 22, 2020 pada 4:14 pm

Aku baru mampir nih, Bang. Ulalaaaaa auto deh kayaknya ini mah. Kerennnn!!!!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 22, 2020 pada 9:08 pm

    Hahaha … Bisa aja, Bang Joe. Aamiin.
    Thank you yak, Bang Joe. On the way ke blogmu nih.

    Like it?

Cory Pramesti · Agustus 22, 2020 pada 9:48 pm

Jadi inget pas pertama kali ke jakarta aku tuh bang, nyari kosan sana sini, nyari yang pas dan sesuai aja susah. Harus panas-panasan. itu sekitar pertengahan tahun 2011. Alhamdulillah sekarang makin mudah buat nyari kost ya bang. Banyak platform yg bisa dinikmati terutama reddoorz, huhu.. Seneng banget rasanyaaa.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 22, 2020 pada 9:57 pm

    Wah, jadi nostalgia ya, Kak Cory. Betul, Kak. Alhamdulilah, sekarang sudah banyak platform kost online untuk mencari kost dengan mudah ya, salah satunya RedDoorz ini.

    Terima kasih sudah berkunjung dan membaca ya, Kak.
    Salam hangat.

    Like it?

Annie Nugraha · Agustus 30, 2020 pada 3:43 pm

Enaknya sekarang sudah ada aplikasi yg membantu cari kost-kostan. Jaman saya dulu kudu hunting langsung. Kesana kemari sampe capek deh. Dan itu nyarinya bisa berminggu-minggu. Duh, bener² makan waktu, tenaga, dan ongkos.

Bener² ok nih RedDoorz. Bikin makin mudah cari tempat tinggal sementara sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

TFS Firman. Sudah menuliskan sesuatu yg bermanfaat.

Congratz juga untuk kemenangannya ya. You’ve nailed it well!!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 31, 2020 pada 4:14 pm

    Betul sekali, Mbak Annie. Cari kost-kostan zaman sekarang sudah enak banget ya, apa lagi dengan hadirnya platform online seperti RedDoorz ini. Makin memudahkan!

    Alhamdulillah. Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya ya, Mbak Annie.
    Semoga bermanfaat. 🙂

    Salam hangat.

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)