Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Pernah tidak sih kamu merasa insecure dan tidak percaya diri saat ingin mendaftar pekerjaan ke suatu perusahaan atau ingin mendapatkan kesempatan studi ke suatu universitas melalui beasiswa, namun keduanya memberikan syarat harus mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, baik lisan atau pun tulisan khususnya dalam Bahasa Inggris?

Atau, pernah tidak sih kamu memiliki rasa takut dan khawatir yang berlebihan saat ingin traveling ke luar negeri, bukan karena keterbatasan finansialmu, melainkan karena kemampuan kamu yang terbatas dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris sehingga membuat kamu cemas?

Pernahkah? Jika pernah, maka sepertinya artikel blogpost saya kali ini perlu untuk kamu dan kita pelajari bersama-sama sampai tuntas. Silakan disimak ya. 🙂

“English links us to the world”

Sebuah kalimat sederhana berbahasa Inggris yang singkat dan padat di atas mungkin terkesan biasa saja. Namun, percayakah bahwa kalimat pendek yang mungkin kamu anggap ‘receh’ tersebut justru bermakna sangat besar?

Believe it or not, kalimat sederhana tersebut saya temukan pertama kali dari cover buku paket pelajaran Bahasa Inggris saat saya masih duduk di kelas 10 tingkat SMA. It’s been years and a long time ago. Namun masih terekam sangat jelas dalam memori ingatan saya.

Jika dipahami lebih dalam, kalimat tersebut tentu bermakna sangat baik. Kata ‘links’ yang dibubuhkan pada kalimat tersebut sebagai verb atau kata kerja memiliki arti ‘menghubungkan’ dalam Bahasa Indonesia, kata tersebut seolah memberikan jiwa dalam kalimat sehingga secara tidak langsung mengingatkan siapa pun yang membacanya akan pentingnya peran Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mampu menghubungkan orang-orang yang ada di seluruh dunia dan membangun komunikasi satu sama lain.

By the way, berbicara tentang Bahasa Inggris dan perannya yang sangat sentral sebagai bahasa komunikasi internasional, ternyata hal tersebut juga tidak luput dari perhatian pemerintah Indonesia. Dalam program untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pemerintah juga memasukkan di dalamnya penguasaan Bahasa Inggris sebagai salah satu indikator untuk menjadi negara maju.

Faktanya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) pada acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional 2019 memang menyatakan tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 bahwa ke depannya pemerintah akan fokus kepada pembangunan sumber daya manusia setelah sebelumnya berfokus pada pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut dinyatakan untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang di dalamnya termasuk penguasaan bahasa asing sebagai salah satu kompetensi komunikasi dasar untuk bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain guna peningkatan ekonomi. Program ini juga selaras dengan visi Indonesia untuk menjadi negara ekonomi terbesar keempat dunia pada tahun 2045 yang dinyatakan secara langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada pembukaan acara tersebut.

MERESPONS DAN MENJAWAB TANTANGAN ZAMAN

Beragam cara dan solusi perlu kita temukan bersama dalam rangka menjawab tantangan era industri 4.0, serta dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama pada masa periode kerja 5 tahun ke depan. Berbagai pihak dari kalangan pemerintah dan swasta pun senantiasa berlomba-lomba memberikan dukungan, kontribusi, dan sumbangsih yang sebesar-besarnya demi mewujudkan peningkatan kualitas SDM tersebut, khususnya dalam penguasaan bahasa asing. Salah satunya adalah Nexgen English Online Co.

Nexgen English Online Co. sendiri merupakan perusahaan pengembang aplikasi Neo Study, yaitu aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris fully mobile pertama di dunia yang juga mampu mengeluarkan sertifikasi internasional CEFR. Aplikasi ini bekerja sama dengan Kredivo melalui DOKU selaku channel pembayaran untuk meluncurkan program cicilan hingga 12x sebagai solusi pembiayaan bagi mereka yang ingin belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cara yang paling efektif di mana pun dan kapan pun, serta mendapatkan sertifikasi Bahasa Inggris international CEFR yang bisa digunakan untuk melanjutkan studi ke beberapa kampus di luar negeri, seperti Amerika Serikat dan Eropa, khususnya yang sudah menerapkan standardisasi CEFR sebagai salah satu syarat administrasinya.

Memangnya CEFR itu kepanjangannya apa sih? Dan apa fungsinya?

For your information guys, bagi kamu yang belum tahu apa itu CEFR? CEFR adalah singkatan dari Common European Framework of Reference for Languages atau Kesepakatan Uni Eropa untuk Jenjang Kompetensi Bahasa yang merupakan ukuran global paling penting yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa. Dan seiring berjalannya waktu, sekarang standar ini justru semakin banyak digunakan di sekolah menengah, universitas, pemerintah, serta pihak swasta di seluruh dunia.

MENGENAL APLIKASI NEO STUDY LEBIH DEKAT

Seperti yang sudah diketahui di atas, Nexgen English Online Co. berhasil mengembangkan suatu aplikasi bernama Neo Study yang digadang-gadang mampu menjadi solusi canggih dan inovatif belajar Bahasa Inggris berbasis aplikasi yang efektif, fleksibel, dan nyaman untuk siapa pun yang memiliki gaya hidup aktif dan mobile. Sehingga tujuan dan target bagi setiap pengguna yang juga tertulis pada jargon atau slogan “better English, better Job, better Travel, better Life” dapat terwujud seperti yang diharapkan.

Melalui aplikasi Neo Study ini, Nexgen English Online Co. bertekad mempercepat kefasihan berbahasa Inggris para pengguna dengan menyediakan konten yang dibangun untuk beradaptasi dengan setiap individu secara personal menggunakan AI (Artificial Intelligence) dan data dari lebih 25 juta pengguna, teknologi pengenalan suara (speech recognition) untuk melatih pelafalan pengguna, serta pelatih profesional bersertifikat untuk menyediakan interaksi manusia di dunia nyata, menyediakan pelatihan secara pribadi, dan memberikan umpan balik ke pengguna terkait konsep-konsep Bahasa Inggris yang sudah dipelajari dalam 2 minggu sebelumnya menggunakan aplikasi Neo Study.

Jadi, bila disimpulkan secara garis besar ada beberapa fitur unggulan yang bisa ditemukan pada aplikasi Neo Study sebagai konten dan alat pembelajaran Bahasa Inggris. Seperti konten pembelajaran adaptif, adanya fitur pengenal suara atau speech recognition untuk melatih pengucapan kata dan kalimat Bahasa Inggris dengan benar, fitur neo LIVE coach session untuk berlatih one-on-one dengan coach bersertifikasi secara langsung melalui video call, serta fitur mastery test dan sertifikasi internasional.

Namun selain itu, sebagai terobosan lain Nexgen English Online Co. juga meluncurkan fitur terbaru “Try Before You Buy” yang terdapat di dalam aplikasi Neo Study, di mana para pengguna yang sebelumnya sudah melakukan tes penempatan (placement test) akan dapat mencoba konten pembelajaran selanjutnya sesuai dengan hasil tes yang sudah mereka lakukan, sehingga konten pembelajarannya pun akan lebih relevan dan sesuai dengan kemampuan Bahasa Inggris mereka saat itu.

Dengan kata lain, dengan hadirnya fitur “Try Before You Buy” para pengguna akan dibiarkan mencoba fitur-fitur terbaru di dalam aplikasi Neo Study secara gratis, namun kemudian akan ada tawaran untuk menambahkan rencana pembayaran cicilan menggunakan Kredivo, sehingga layanan ini dapat menjangkau semua kalangan di Indonesia yang ingin meningkatkan kefasihan berbahasa inggris mereka.

“Kami sangat yakin dengan apa yang kami katakan tentang Neo dan jaminan kefasihan yang kami tawarkan setelah lebih dari 30 tahun melakukan penelitian.”
~ Ian Adam, CEO Nexgen English Online Co. dan DynEd International ~

KESIMPULAN DAN PENUTUP

Seperti kata pepatah “tak ada gading yang tak retak”, demikian pula dengan diri kita pribadi dan aplikasi yang dikembangkan oleh Nexgen English Online Co. ini yang tak luput dari kesempurnaan. Pasti akan selalu ada perbaikan dan perubahan.

Namun, dengan segala fitur unggulan yang kini sudah dimiliki oleh aplikasi Neo Study, setidaknya ada secercah harapan yang semakin bersinar, akan tumbuhnya rasa percaya diri dan berkembangnya kemampuan diri dalam berkomunikasi dan menjalin interaksi ke seluruh pelosok bumi. Tanpa ada rasa takut dan khawatir lagi. Kesempatan studi dan karier pun semakin terbuka lebar dan menjanjikan.

Sistem pembelajaran Neo Study yang tangguh didasarkan pada data studi yang dikumpulkan dari lebih dari 25 juta siswa dari seluruh dunia sangat mendorong kebiasaan belajar yang baik, yang memungkinkan NexGen untuk memantau kemajuan dan menjamin hasil para pengguna aplikasi.

Akhirnya! Dengan platform aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris yang canggih dan inovatif seperti Neo Study di smartphone kamu. Kamu dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris dengan lebih cepat, apa lagi dengan biayanya yang terjangkau. Maka, tidak salah bila akhirnya Neo Study dipilih sebagai solusi yang terbukti untuk meningkatkan kefasihan Bahasa Inggris, karena sistem pembelajarannya yang efektif, kuat, fleksibel, nyaman, serta dirancang untuk menyesuaikan gaya hidup kamu yang aktif dan mobile. 🙂

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk! Download aplikasi Neo Study di App Store (pengguna iPhone) dan Google Play (pengguna Android).

Open new opportunity with Neo Study, dan gapai mimpimu dengan Neo, sekarang! 

How many stars for this post?

2 Komentar

Ari Santosa Pamungkas · Maret 10, 2020 pada 5:14 pm

Halo Bang… saya langsung kepoin ni blog nya Abang 🙂
Alhamdulillah bisa sama2 dapat rejeki dari Neo kita ya Bang…
Salam kenal ya Bang 🙂

Like it?

    Firmansyah · Maret 10, 2020 pada 8:10 pm

    Halo, Bang Ari. Wah, Alhamdulillah. Saya dapat teman baru lagi. 🙂
    Dan alhamdulillah bisa menang bareng juga ya.

    Terima kasih ya Bang sudah berkunjung.

    Salam kenal dan salam hangat juga dari Bangfirman.com. 🙂

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)