Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

“Liburan memang identik dengan istirahat, bepergian yang jauh atau bersenang-senang, tetapi sebenarnya liburan juga punya definisi yang lain, tidak melulu dimaknai seperti itu. Perpindahan dari rutinitas harian yang kita jalani ke aktivitas atau pekerjaan yang lainnya, itu juga liburan, itu juga istirahat.”

Begitulah kata-kata yang sering saya dengar dan berulang kali disampaikan oleh Guru Besar saya di yayasan pendidikan tempat saya mengajar saat ini. Rutinitas saya sebagai seorang tenaga pengajar di sekolah berbasis Pondok Pesantren memang menuntut saya untuk selalu memberikan totalitas, baik dalam mengajar, mendidik dan juga mengasuh para peserta didik. Tidak hanya sekadar mentransfer ilmu di dalam kelas, kehidupan di sekolah dan asrama yang tersistem selama 24 jam bersama anak-anak pun pastinya menuntut saya untuk selalu siap mendampingi mereka dalam berbagai kondisi permasalahan serta beragam kegiatan sekolah yang ada, baik formal maupun informal.

Kegiatan formal adalah kegiatan yang dilakukan pada jam KBM di dalam kelas. 

Contoh kegiatan informal atau di luar jam KBM sekolah, salah satunya adalah mengaji kelompok sore hari di asrama.

Maka, saat saya memiliki waktu luang untuk liburan singkat atau yang dalam bahasa kekinian disebut juga ‘liburan tipis-tipis’, saya memanfaatkannya dengan kegiatan yang produktif dan menambah inspirasi. Seperti yang saya rasakan saat liburan pergantian tahun 2018-2019 yang lalu. Di saat orang lain dengan semangatnya merencanakan traveling ke luar kota jauh-jauh hari karena mendapatkan jatah liburan yang cukup panjang saat liburan pergantian tahun, sementara saya harus kembali bersemangat memulai aktivitas mengajar pada Semester Kedua di hari-hari menjelang pergantian tahun. Liburan saya memang berbeda, lebih awal karena menyesuaikan dengan kalender pendidikan di yayasan tempat saya mengajar.

Agar tetap produktif, dengan jatah liburan ‘tipis-tipis’ yang saya miliki di minggu ketiga bulan Desember 2018, saya pun cenderung memilih jalan-jalan ringan dan mencari inspirasi di daerah sekitar kota tempat tinggal sambil mengalungi kamera mirrorless di leher, menangkap pemandangan atau moment yang langka dan istimewa dengan kamera, lalu membagikannya di media sosial agar hasil jepretannya bisa dinikmati oleh orang lain.

Selain membagikannya di media sosial, cerita dan hasil jepretan yang saya miliki itu juga biasanya saya rangkai menjadi versi yang lebih lengkap ke dalam sebuah tulisan di blog yang semoga menarik, inspiratif dan disukai oleh pembaca. Momen liburan tipis-tipis ini pastinya tidak boleh saya sia-siakan begitu saja tanpa blogging dan bermesraan dengan Si Biru, benda persegi panjang yang memiliki layar dan papan ketik yang selalu saya bawa ke mana pun di dalam ransel.

Benda apalagi yang dimaksud kalau bukan laptop netbook sederhana ASUS X200M berwarna biru yang sudah ‘berjasa’ menjadi sahabat setia sejak zaman kuliah S1, menjadi partner andalan dalam membuat lesson plan, menyusun berbagai kegiatan sekolah, mengerjakan tugas struktural sekolah lainnya hingga membantu mengantarkan saya menjadi juara di beberapa kontes menulis blog. 

Saya bersama ‘Si Biru’ yang berjasa

Sesederhana itulah saya memaknai dan menikmati liburan ‘tipis-tipis’. Cukup berpindah dari rutinitas mengajar dan membimbing anak-anak di sekolah ke aktivitas lainnya yang saya gemari, seperti jalan-jalan ringan, memotret dan blogging. Jadi, liburan tipis-tipis tidak melulu diisi dengan plesiran ke luar kota yang jauh ya. *Kecuali kalau libur panjang, saya pun pasti mau traveling ke luar kota, siapa sih yang gak suka jalan-jalan? Hehe…

LIBURAN TIPIS-TIPIS YANG ROMANTIS BERSAMA LAPTOP ASUS

Tempat makan yang cozy, instagramable dan penuh inspirasi

Entah sudah berapa kali saya bepergian dengan membawa ‘Si Biru‘, rasanya sudah tidak bisa terhitung karena saking seringnya. Bahkan terasa aneh jika tidak membawanya ketika bepergian. Berbagai macam tempat sepertinya sudah menjadi saksi kemesraan  antara saya dan ‘Si Biru‘, mulai dari kafe, restoran, tempat nongkrong, spot traveling dan lain sebagainya. Termasuk ketika memiliki kesempatan liburan tipis-tipis, sudah pasti harus ada hari yang saya jadwalkan untuk ‘bermesraan’ dan membuat konten tulisan di blog bersama ‘Si Biru‘ agar liburan tetap produktif dan bermanfaat. 

Biasanya saya memang lebih memilih untuk fokus dan ‘menyendiri’ di kafe atau tempat makan sekaligus tempat nongkrongnya anak milenial, apalagi kalau menulis konten blognya ditemani oleh segelas semangat dari full milkshake oreo dan cemilan lain yang super nikmat di tempat makan yang cozy, instagramable dan penuh inspirasi. Asik banget, kan?

Sayang seribu sayang, kemampuan ‘Si Biru‘ tidak seandal dan se-gress dahulu ketika tahun-tahun awal memilikinya, walau dengan spesifikasi netbook sederhana yang kala itu saya harapkan cukup untuk membantu saya menuntaskan skripsi. Namun sekarang? Seiring berjalannya waktu, hampir 5 tahun sudah ‘Si Biru‘ bersama saya dan kemampuannya pun semakin melemah, apalagi ‘Si Biru‘ ini sudah beberapa kali terjatuh. Haduuhh… makin gak karuan rasanya. Ditambah intensitas aktivitas saya di dunia blogging yang semakin tinggi, pastinya membutuhkan laptop dengan spesifikasi dan performa yang lebih andal. Fix! Saya memang sangat-sangat butuh laptop baru untuk menunjang aktivitas saya, baik dalam mengajar atau pun membuat konten tulisan di blog. 

Romantis bersama ‘Si Biru’ saat liburan tipis-tipis

Itulah mengapa bagi seorang teacher blogger yang hobi traveling seperti saya, pastinya membutuhkan laptop yang kokoh dan tahan banting, namun tetap ringan dan ringkas untuk dibawa kemana pun. Jadi, tidak memberatkan bawaan di tas dan ketika tidak sengaja terjatuh atau terinjak saat dibawa bepergian, laptop tetap aman dan tidak rusak.

Pertanyaan: Memangnya ada laptop dengan spesifikasi kokoh dan tahan banting walau tidak sengaja terjatuh dan terinjak, namun tetap ringan dan ringkas?

Jawaban: Tentu saja. laptop impian para blogger dan traveler yang ringan dan ringkas tetapi tetap kokoh dan tahan walau diinjak sekalipun itu ada dan nyata. Penasaran? Yuk, saya ajak kenalan dengan ASUS ZenBook UX391UA.

LEBIH DEKAT DENGAN ASUS ZENBOOK UX391UA

Selamat datang di tahun 2019, tahun yang saya yakini akan menjadi tahun kesuksesan lain bagi ASUS sebagai produsen laptop nomor wahid di Indonesia. Karena faktanya di dunia perlaptopan, bisa dibilang ASUS adalah brand yang selalu berinovasi untuk menjadi yang terdepan. Bahkan di Indonesia, ASUS selalu menghadirkan laptop terbarunya, baik laptop gaming maupun laptop super tipis.

Sumber: mirasahid.com

Menariknya pada bulan Oktober 2018 yang lalu, ASUS secara resmi meluncurkan laptop super tipis tangguhnya yang bernama ASUS ZenBook S UX391UA. Sebagai seorang teacher blogger yang hobi jalan-jalan, hadirnya Laptop ASUS ZenBook UX391UA dengan body-nya yang super tipis (hanya 12,9 mm) seolah mengabulkan impian laptop idaman yang menjadi nyata. Karena laptop ini memiliki desain body khusus yang sudah tersertifikasi Military Grade MIL-STD 810G yang artinya laptop ini cukup kokoh dan berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem, seperti jatuh, guncangan, hingga tes suhu dan kelembaban. Jadi, tetap aman dan tidak khawatir berlebihan jika terjatuh atau terinjak.

ASUS ZenBook UX391UA ini tersedia dalam dua pilihan varian warna yang elegan dan eksklusif, yaitu Deep Dive Blue dan Burgundy Red. Kedua warna tersebut membuat tampilan laptop ini semakin premium dan berkelas. Berikut adalah beberapa tampilan laptop super tipis ini dalam dua varian warna yang tersedia.

Itu baru segelintir tentang ASUS ZenBook UX391UA. Selengkapnya Anda bisa lihat spesifikasi di bawah ini. Performa dan daya tahan laptop serta fitur-fitur unggulan lainnya pun akan saya bahas lebih detail selanjutnya.

FITUR-FITUR UNGGULAN LAPTOP IDAMAN

Memiliki laptop idaman tentu menjadi dambaan semua orang, termasuk teacher blogger yang hobi traveling seperti saya. Apalagi di tahun 2019 ini, salah satu wishlist saya adalah memiliki laptop baru dengan kualitas spesifikasi yang lebih upgrade dan performa yang bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas saya yang dinamis. Brand ASUS sudah menjadi bagian dari hidup saya untuk segala kebutuhan dunia gadget, khususnya perangkat laptop. Rasanya tidak ingin berpindah ke lain hati alias brand lain karena sudah merasa cocok. Hehe …

Nah, kehadiran ASUS ZenBook UX391UA ini semakin menjawab keinginan saya akan laptop idaman. Memang alasan apa saja sih yang dimiliki ASUS ZenBook UX391UA ini sehingga layak menjadi laptop idaman bagi saya? Alasannya tidak lain adalah fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh si laptop super tipis dan ringkas berikut ini. 

1. Kuat dan Tahan Banting

Sebagai seseorang yang hobi jalan-jalan, laptop pastinya akan terus mengalami guncangan saat bepergian, baik di dalam tas atau ketika digenggam. Potensi terjatuh dari tangan pun tidak bisa dihindarkan. Itulah alasan mengapa kita perlu memastikan keselamatan laptop selama perjalanan. ASUS ZenBook S UX391UA merupakan laptop yang diperkuat dengan konstruksi rangka dari magnesium alloys, campuran logam yang kuat, ringan dan juga tahan terhadap korosif. Konstruksi yang ringan dan kuat inilah yang diharapkan mampu meminimalisir risiko saat dibawa bepergian.

Selain itu, laptop ini juga telah tersertifikasi standar Military-Grade MIL-STD 810G yang kokoh sehingga mampu meredam guncangan ekstrem, seperti terjatuh, terinjak, tergilas bahkan terbanting. Jadi, tidak perlu panik dan khawatir berlebihan jika mengalami salah satu guncangan tersebut. Ia juga berhasil melewati serangkaian pengujian ekstrem lainnya, seperti tes suhu dan kelembaban

2. Performa Spesifikasi yang Mumpuni

Mengerjakan setumpuk tugas mengajar dan tugas struktural lainnya di sekolah, sambil tetap menghidupkan passion blogging dengan selalu update konten tulisan di blog adalah gambaran gaya hidup saya yang dinamis dan terkadang cukup hectic. Menyadari hal tersebut, tentunya saya membutuhkan laptop dengan dapur pacu yang gahar agar bisa mengakomodasi segala macam kebutuhan dalam satu laptop. Misalnya menulis, membuat presentasi, membuat infografis, membuat gambar ilustrasi, mengedit video, membuat animasi, dan lain sebagainya.

Kini, tidak ada lagi yang namanya performa laptop yang always nge-lag alias lemot, karena ZenBook UX391UA ini dibekali dengan komponen hardware kelas atas namun memiliki konsumsi daya yang rendah. Laptop ini disematkan prosesor Intel Core i7-8550U berkecepatan 1,8 GHz yang dapat dipacu hingga 4,0 GHz. Kecepatan prosesornya juga didukung oleh RAM LPDDR3 dengan kapasitas hingga 16GB. Sementara penyimpanannya menggunakan PCIe SSD dengan kapasitas 512GB agar pengalaman penggunaannya lebih optimal. Dengan performa spesifikasi dapur pacu yang gahar dan mumpuni ini, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak produktif mengerjakan tugas sekolah dan juga menghasilkan konten di blog, laptop akan tetap lancar meski dipakai beberapa software desain sekalipun.

3. Ringan, Aman dan Nyaman

Selain spesifikasi dapur pacunya yang mumpuni dan desain body nya yang kokoh. Fitur unggulan lain yang membuat saya jatuh cinta dengan ZenBook UX391UA ini adalah karena bobotnya yang ringan hanya 1 kg saja, dengan ukuran dimensi 1.29 x 31.1 x 21.3 cm (HxWxD). Untuk urusan keamanan, laptop ini pun didukung oleh Fingerprint Sensor dan Windows Hello. Hebatnya, Fingerprint Sensor atau sensor sidik jari di ZenBook UX391UA ini sangat cepat dan tidak ada orang lain yang bisa membukanya selain kita sendiri. Jadi, pastinya sangat secure dari orang yang berniat jahat. Sedangkan, Windows Hello yang menjadi virtual assistant sangat membantu untuk menjalankan aplikasi di laptop lewat perintah suara. Misalnya membuka email, browser atau aplikasi lainnya.

Dalam hal kenyamanan laptop ini mengusung desain Ergolift. Desain ErgoLift sendiri bisa dibilang inovatif karena dirancang ASUS untuk memungkinkan keyboard membentuk sudut 5,5 derajat sehingga akan membuat penggunanya dapat mengetik dengan nyaman berkat sudutnya yang optimal. Berkat desain ini memungkinkan layar dari laptop ASUS Zenbook UX391UA dapat terbuka dengan sudut hingga 145 derajat yang lebih luas dibandingkan dengan sebagian besar ultrabook yang sudah hadir di pasar Indonesia. 

Bagaimana? Laptop ASUS ZenBook UX391UA ini sangat istimewa dan idaman sekali, bukan?

LIBURAN SEMAKIN ASIK & PRODUKTIF DENGAN ASUS ZENBOOK UX391UA

Seperti yang sudah saya utarakan di awal tulisan, bahwa liburan tidak melulu dimaknai dengan bepergian ke luar kota dan bersenang-senang, apalagi jika hanya memiliki kesempatan liburan singkat atau liburan ‘tipis-tipis’. Berhijrah dari rutinitas harian ke aktivitas lain yang kita gemari itu juga bisa dikatakan liburan kok. Hehe… Karena kebetulan hobi saya adalah blogging, memotret dan jalan-jalan ringan, maka kesempatan liburan singkat biasanya saya manfaatkan untuk ketiga hal tersebut. 

Pastinya, liburan ‘tipis-tipis’ juga akan semakin asik dan produktif dengan ZenBook UX391UA karena ringan dan sangat ringkas untuk masuk ke dalam tas dan dibawa ke mana pun. Banyak orang berpikiran bahwa laptop dengan body yang ramping itu cukup riskan. Mungkin karena khawatir tidak kokoh, sensitif jika tersenggol, atau mudah rusak ketika tidak sengaja terjatuh dan terinjak. Jika Anda adalah salah satu yang berpikiran demikian, maka mulai sekarang saatnya ‘say good bye‘ dengan pemikiran dan paradigma lama itu. Because this is 2019 and this is ASUS! Dengan semua spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki oleh ASUS ZenBook UX391UA, kata ‘riskan’ sepertinya memang tidak akan berlaku, pun tidak terdapat di dalam kamus ASUS. Hehe. Keren, kan?

Yuk 2019 kita ganti laptop dan pakai ASUS ZenBook UX391UA. 🙂

#LiburanAsikDenganLaptopASUS #2019PakaiZenBook

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog: Liburan Asik dengan Laptop ASUS Zenbook UX391UA, #ASUSxMiraSahid

How many stars for this post?

43 Komentar

Aldhi Fajar · Januari 20, 2019 pada 3:14 am

Sama mas, aku liburan gada waktu, nasib kuli ya begini. Mau liburan aja susah,
paling kl udah pikiran stress wajib disempatin ke Gunung kl aku hehe
Byw asus UX391UA emang idaman para traveler, tipis ringan plus tahan banting.
Laptop mas firman yg kebanting kayaknya cocok klo diganti Asus Zenbook S UX391UA hehehe

Like it?

    Firmansyah · Januari 21, 2019 pada 12:03 am

    Wah toss dulu yuk mas kalo samaan susah dpt liburan panjang. 🙂

    Iya mas Aldhi, laptop ini memang cocok bgt buat traveler, buat blogger yg hobi jalan ringan juga cocok bgt kok. Iya nih, memang kebetulan lg butuh laptop baru, semoga bisa upgrade ke ASUS ZenBook ini. Aaamiin. Thanks mas kunjungan dan komentarnya …

    Like it?

Adhi Hermawan · Januari 20, 2019 pada 6:02 am

Emang libura gak melulu harus pergi ke tempat yang jauh ya… ternyata liburan yang singkat disebutnya liburan tipis-tipis…. Aku pikir itu tipo, yang harusnya liburan tips, hahah..

Aku suka ASUS ZenBook yang warna Deep Dave Bule nya, kayak berasa aku banget…

Like it?

    Firmansyah · Januari 21, 2019 pada 12:10 am

    Betul, liburan gak harus jauh2 (kalo short holiday, kalo pas long holiday ya terserah aja haha) Oalah… ternyata ada yang salah sangka toh sama judul artikelnya. Hehehe… iya itu istilah kekinian gitu mas Adhi untuk mnggambarkan ‘short’ atau sebentar. wkwk.

    Eh iya, klo saya sih dua2 nya suka. Warnanya hehe

    Like it?

Nurul Mutiara Risqi Amalia · Januari 22, 2019 pada 12:09 am

Kalau liburan bagiku sih yang pasti sesuatu yang bikin pikiran rileks bang, entah itu jalan2 atau sekadar ngobrol ama teman2 gitu.
Ya tapi tetepan sih, berkarya bersama si laptop juga bagian liburan atau nonton film korea haha

Btw, Aku suka banget Asus Zenbook yg burgindy red, cantik warnanya. Good luck Bang. Semangat!!

Like it?

    Firmansyah · Januari 22, 2019 pada 9:19 am

    Setuju mbak. Makna liburan memang bisa berbagai versi ya, tergantung kita yang menjalaninya. Dan setuju, ngobrol bareng teman2nya aja bisa bermakna liburan. 🙂

    Terima kasih semangatnya mbak. Gud lak juga yak …

    Like it?

Ira duniabiza · Januari 22, 2019 pada 5:49 am

Liburan itu intinya bagaimana kita bisa rileks dan tenang ya mas.. dan emang akan lebih bermanfaat kalau diisi dengan hal produktif.. asus yang ini kece banget ya tipis dan praktis.. kebayang deh kalau bang firman pake laptop ini sambil ngajar ya bakalan tambah kerenn…

Like it?

    Firmansyah · Januari 22, 2019 pada 9:13 am

    Betul Mbak Ira, liburan butuh rileks dan tenang. Hehehe.. Aaamiiin semoga beneran terwujud bisa pake laptop ini saat mengajar. 🙂

    Like it?

Rodhiyatum Mardhiyah · Januari 22, 2019 pada 6:32 am

Keren banget laptop asus yang satu ini yaaa..
Bikin mupeng.. Jadi pundak ga pegel lagi buat bawa2 laptop yang berat..

BTW, setuju banget klo liburan juga berarti menyenangkan diri dengan menjalani hobi..

Like it?

    Firmansyah · Januari 22, 2019 pada 9:17 am

    Iya mbak. Keren banget emang laptopnya. Bikin kepengen ya mbak. Ringan dan tipis. Alhamdulillah sepemikiran masalah dengan hobinya. 🙂
    Makasih sudah berkunjung ya mbak.

    Like it?

Rizka Edmanda · Januari 22, 2019 pada 8:32 am

wah si biru minta ganti tuh kayaknya bang hehe, semoga kesampaian yaaa dapetin laptop baru tahun ini.. Aamiin

Like it?

    Firmansyah · Januari 22, 2019 pada 9:09 am

    Hahaha iya betul mbak. Aaamiiin semoga bisa kesampaian. Makasih Mbak Rizka do’anya. 🙂

    Like it?

Reezumiku · Januari 22, 2019 pada 9:53 am

MasyaAllah mas nya ngajar di sekolah Islam… Emang sulit banget utk liburan jauh kalau ngikuti kalender pendididkan. Apalagi kalau saya sbg staf, saat murid dan guru pada libur, tp karyawan TU masih harus masuk. Haha liburnya cuma weekend.
.
Pengen banget punya Asus yang enteng tapi tangguh gitu. Biar bisa menyelesaikan tuga tepat waktu, jadi liburan makin tenang…

Like it?

    Firmansyah · Januari 22, 2019 pada 4:49 pm

    Iya mbak saya mengajar di yayasan hehe. Mbaknya juga kerja di yayasan Pendidikan Islam ya? Semangat mbak… 🙂 Semoga kerja keras dan pengorbanannya berbuah manis ya.

    Aaamiin. Semoga keinginannya punya laptop baru terwujud ya. 🙂

    Like it?

Adhi Nugroho · Januari 24, 2019 pada 9:27 am

Bisa aja Mas Firman, nih, menyiasati liburan singkat dengan aktivitas penuh makna. Hehehe. Suka banget sama judulnya dan isi artikelnya, Mas. Semoga “Si Biru” bisa mendapat adik baru, ya. Amin Yaa Rabb.

Terima kasih artikelnya, Mas. Salam hangat.

Like it?

    Firmansyah · Januari 24, 2019 pada 1:10 pm

    Hehehe Bang Nodi juga bisa aja nih komentarnya. Makasih do’anya, Bang. Aaaamiiin…

    Like it?

Didno · Januari 26, 2019 pada 9:03 pm

Selamat ya pa dapat laptop seharga 26 juta

Like it?

    Firmansyah · Januari 30, 2019 pada 11:45 pm

    Alhamdulilah Yaa Rabb … Terima kasih banyak Pak Didno atas kunjungan dan komentarnya. Selamat juga untuk Pak Didno yang berhasil menjadi Juara 2. Semoga berkah terus rezekinya ya. Aaamiin.

    Like it?

Izza · Januari 26, 2019 pada 9:30 pm

Keren 👍👍👍
Selamat bang firman!

Like it?

    Firmansyah · Januari 30, 2019 pada 11:46 pm

    Alhamdulillah. Terima kasih banyak, Mbak Izza. 🙂

    Like it?

Ruli retno · Januari 26, 2019 pada 9:48 pm

Selamat ya Mas firman, keren memang.. Have fun sama Asus barunya.. Salam kenal

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 7:34 am

    Alhamdulillah… Terima kasih banyak ya Mbak Ruli atas kunjungan dan ucapannya. Semoga Allah selalu memberkahi kita semua ya. Aaamiin. Salam kenal juga …

    Like it?

Dwi Wahyudi · Januari 27, 2019 pada 12:41 am

Alhamdulilllah akhirnya impiannya untuk mengganti si biru yang tebal dengan si biru yang lebih tipis kesampaian juga. Selamat ya Bang, top banget tulisannya. Tetap semangat…

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 7:37 am

    Iya mas, Alhamdulillah. Rezeki dari Allah SWT memang sudah ada diatur ya. Semoga bermanfaat nanti hadiahnya. Terima kasih ya Mas Dwi atas kunjungan dan komentar ucapan selamatnya. Salam kenal dan keep spirit … 🙂

    Like it?

Aji · Januari 27, 2019 pada 7:09 am

Mantap sekali tulisannya kk ipar. Semoga nambah semangat berkarya dengan hadiah laptop barunya 😊

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 12:35 pm

    Hehehe… Alhamdulillah. Wah kaka ipar ya? Wkwkw,, ini Aji mana ya? Terima kasih kunjungan dan komentarnya ya. Aamiin semoga bisa bermanfaat laptopnya nanti. 🙂

    Like it?

evrinasp · Januari 27, 2019 pada 10:49 am

horeeee horeee #2019PakaiZenBook, dia yang dapet, eike yang senang, alhamdulillah ya semoga berkah buat murid2nya juga

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 12:38 pm

    Horeeee Mbak Ev.. Alhamdulillah Yaa Rabb. Aaamiin semoga bermanfaat laptopnya, bagi diri sendiri dan juga yang lainnya. By the way, terima kasih ya Mak Ev kunjungan dan komentarnya dan terima kasih juga atas inspirasi yang diberikan selama ini. Barakallah … Insya Allah.

    Like it?

Rudi · Januari 27, 2019 pada 1:02 pm

Keren, Mas. Bisa mengakali liburan dg kegiatan edukatif. Salut dan selamat, semoga berkah ya ngajar dan hadiahnya. Tabik!

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 12:40 pm

    Terima kasih, Mas Rudi. Alhamdulillah masih bisa manfaatkan liburan dengan kegiatan blogging dan lain-lain. Aaamiiin, semoga bermanfaat dan membawa berkah laptopnya nanti. Sekali lagi terima kasih ya, Mas rudi atas kunjungan dan komentarnya. Barakallah …

    Like it?

Ariana NW · Januari 27, 2019 pada 2:49 pm

Mantap jiwaaaaaaa. Semoga selalu menginspirasi

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 12:42 pm

    Alhamdulillah Yaa Rabb. Terima kasih ya, Kakak Ariana. Aaamiin. Barakallah …

    Like it?

dirga · Januari 27, 2019 pada 7:34 pm

asyeekk #2019gantizenbook akhirnya tercapai ya bang

Like it?

    Firmansyah · Januari 31, 2019 pada 12:44 pm

    Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah. Semoga nanti bermanfaat laptopnya. Terima kasih banyak ya, Bro Dirga. Barakallah …

    Like it?

Naqiyyah Syam · Februari 5, 2019 pada 8:59 am

Selamat ya Bang Firman, tulisannya mengalir dan asyik sekali dibaca. Keren banget loh.

Like it?

    Firmansyah · Februari 6, 2019 pada 8:24 am

    Alhamdulillah. Terima kasih banyak ya, Bu. Semoga ada nilai manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya ini ya. 🙂

    Like it?

Titik Asa · Februari 11, 2019 pada 7:00 am

Halo Bang Firman, salam kenal dari saya di Sukabumi,

Memang keren laptop asus ini, tipis, ringan, handal pas untuk dibawa saat travelling…
Saya pakai asus juga. Warnanya biru juga. Tapi ini asus bekas pake kuliah anak saya. Umur laptop sudah 5 tahunan, entah apa typenya hanya prosesornya sudah i3, masih oke, hanya ketahanan batere-nya saja yang hanya kuat sampai 1 jam.
Sukses dengan lombanya Bang.

Salam.

Like it?

Astina Ria · Maret 22, 2019 pada 8:43 pm

Mantap tulisannya, Mas.. tadi aku tanya sama teman minta direkomendasi blog kece yang sering menang lomba, dan dikasih ini.. hehe..
Salam Kenal, Mas, saya Blogger dari Aceh

Like it?

    Firmansyah · Maret 25, 2019 pada 1:05 pm

    Alhamdulillah. Wah terima kasih sekali kunjungannya, Mbak. Semoga bisa diambil manfaatnya tulisan-tulisan yang ada di blog ini ya.
    Salam kenal juga dari saya di Tangerang. 🙂

    Like it?

masirwin · September 3, 2019 pada 1:24 pm

permisi numpang lewat

Like it?

Rizky · Maret 11, 2020 pada 7:38 am

wih selamat ya pak, bagus juga artikelnya jadi panduan saya untuk menulis artikel yang bagus

Like it?

    Firmansyah · Maret 12, 2020 pada 12:24 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya, Mas. Semoga tulisannya bermanfaat. Aamiin.

    Like it?

Tips Menang Kompetisi | Wiwid Story · Maret 22, 2019 pada 8:07 am

[…] membaca tulisan pemenang 1 lomba asus Zenbook SUX391UA, dan tulisannya terasa luwes banget. Klik di sini, tulisannya. Apa ya lebih tepatnya? Boleh dikatakan tulisannya terasa luwes, padat, tidak bertele-tele, dan […]

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)