Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Bagaimana kabarnya, guys? Semoga baik dan sehat selalu ya semuanya. Oh iya, bagaimana pengalaman perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 di daerahmu? Pastinya seru banget, kan? Tentu banyak lomba dan pertandingan menarik yang bisa kamu ikuti dalam rangka memeriahkan Dirgahayu Tanah Air kita, Indonesia pada tanggal 17 Agustus yang lalu. 🙂

Nah, ngomong-ngomong tentang kemerdekaan, Indonesia saat ini sudah memasuki usia ke-73 yang tentunya semakin matang dan kokoh sebagai suatu negara yang berkedaulatan. Selain usia yang semakin dewasa, Indonesia pun semakin dihadapkan dengan berbagai macam tantangan di era kehidupan yang semakin modern dan penuh akan digitalisasi. 

Aksi heroik Joni Gala, seorang bocah SMP di NTT saat upacara HUT RI ke-73. Sumber foto: www.kumparan.com

Tentu masih hangat di ingatan kita semua, beberapa waktu lalu dunia media sosial kita sempat dihebohkan dengan aksi heroik Joni Gala, seorang bocah SMP yang berinisiatif memanjat tiang bendera ketika melihat tali pengait bendera Merah Putih terputus saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-73 tanggal 17 Agustus yang lalu di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabar ini begitu cepat menyebar melalui media sosial dan seketika menjadi trending topic di dunia maya. Peristiwa ini tentu dapat dijadikan sebagai contoh salah satu bukti besarnya peran dan pengaruh era digital di kehidupan kita sehari-hari saat ini.

MEMAKNAI KEMERDEKAAN DI ERA DIGITAL

Yes! Welcome to the digital era. Era dimana kita semua bisa mendefinisikan makna kemerdekaan secara lebih luas dan pastinya lebih modern. Walau begitu, sebagai kaum milenial tentu kita tidak boleh begitu saja melupakan sejarah besar dari jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang dahulu berjuang hingga titik darah penghabisan demi merebut kemerdekaan bangsa ini dari tangan para penjajah.

Sumber gambar : masirwin.com

Namun, sebagai generasi penerus bangsa yang kini hidup di era digital, apakah kita sudah benar-benar memahami makna kemerdekaan secara baik dan bijak? Bagaimana cara kita memaknai kemerdekaan di era digital? 

Di era digital dan zaman yang serba internet ini, sudah banyak sekali hasil survei dan penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah pengguna internet di dunia dan Indonesia pun tak luput dari daftar negara pengguna internet terbanyak di dunia. Tidak percaya? Coba tanyakan saja pada Google-mu. 

Statistik Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2017. Sumber: www.apjii.or.id

Kita memang memiliki kebebasan untuk menggunakan dan mengakses internet dimana pun dan kapan pun melalui perangkat smartphone atau laptop yang kita miliki, tapi sayangnya di antara jumlah pengguna internet yang meningkat itu masih banyak yang menggunakannya secara tidak bijak dan tidak positif, seperti mengakses konten-konten pornografi, menyebarkan berita palsu atau hoax, dan lain sebagainya. 

Fakta tersebut tentu sangatlah miris. Alangkah baiknya pertumbuhan jumlah pengguna internet yang signifikan tersebut juga dibarengi dengan peningkatan kualitas penggunaan dan pemanfaatan dari para penggunanya. Mari kita rayakan selebrasi kemerdekaan di era digital dengan cara ‘merdeka’ dari segala bentuk penggunaan internet yang negatif dan tidak bermanfaat. 

Secara pribadi, saya memaknai kemerdekaan di era digital ke dalam beberapa hal berikut ini:

Ya, setidaknya keempat poin hal di atas bisa mewakili saya dalam merayakan kemerdekaan di era digital ini. Khusus pada poin terakhir, merdeka di era digital juga tandanya memberikan kita kebebasan dalam memanfaatkan teknologi era digital untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contohnya seperti kebutuhan berbelanja produk atau jasa yang saat ini dapat dengan mudah diakses melalui internet. 

Melalui internet, saat ini kita dapat melakukan proses jual beli serta menemukan banyak jenis barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan, mulai dari kebutuhan logistik, alat rumah tangga, produk elektronik, produk kecantikan, produk otomotif, seperti mobil bahkan sampai kepada urusan kredit motor online. Nah, bermula dari urusan kredit motor di internet inilah, kemudian akhirnya saya mengenal Moladin.

MERDEKA DI ERA DIGITAL BERSAMA MOLADIN

Segala bentuk perubahan dan tantangan digitalisasi secara perlahan mulai kita rasakan di semua lini dan bidang kehidupan kita sehari-hari, termasuk salah satunya dalam bidang kebutuhan otomotif, sepeda motor misalnya. Dahulu, untuk membeli dan mencari tahu berbagai informasi dan referensi tentang sepeda motor, kita harus secara konvensional mendatangi showroom, dealer-dealer atau leasing sepeda motor secara langsung atau membacanya di media-media cetak, seperti rubrik otomotif pada koran harian, tabloid dan majalah otomotif atau bahkan hanya mengandalkan iklan di selebaran, baliho, radio atau televisi. Sekarang? Now, it’s truly no need. Kan sudah serba internet, kan sudah serba online, kan ada Moladin!

Selamat datang di dunia sepeda motor era digital. Siap-siap tinggalkan cara lama dan tradisional kalian dalam membeli dan mencari tahu segala hal tentang sepeda motor. Karena ada Moladin!

Screenshot halaman Promo Merdeka Moladin. Didesain oleh penulis.

Memang Moladin itu apa sih?

Jadi, Moladin itu adalah situs yang menawarkan berbagai informasi seputar sepeda motor serta kebutuhan bikers mulai dari informasi sepeda motor baru dan bekas yang dijual berikut spesifikasinya, kebutuhan suku cadang dan perlengkapan serta apparel untuk bikers sampai forum saling bertukar pikiran buat sesama bikers dan komunitas. Semuanya dihadirkan dalam satu situs. Bahkan Moladin pun sudah merambah ke platform aplikasi yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android. 

Dua orang pria, Mario Tanamas dan Jovin Hoon adalah pendiri sekaligus pengembang situs dan aplikasi Moladin.com. Sumber foto: www.startuphki.com

Selain itu, Moladin ini juga bisa dikatakan sebagai satu-satunya situs yang menawarkan kemudahan pembelian sepeda motor melalui Kredit Motor Online dengan DP dan cicilan yang sangat bersahabat. Nah, kalau kalian cek langsung di websitenya, kalian bisa lihat kalau Moladin sedang mengadakan Promo Merdeka Diskon DP Motor 73% dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Wow, keren, kan?

Jadi, bagaimana selebrasi kemerdekaan di era digital ini versi kalian, guys? Ayo rayakan selebrasi kemerdekaan di era digital dengan cara ‘merdeka’ dari segala bentuk penggunaan internet yang negatif dan tidak bermanfaat. Dan jika ingin memperkaya informasi tentang dunia sepeda motor atau ingin membeli sepeda motor secara online dengan penawaran dan harga yang bersahabat, jangan ragu cek di Moladin aja! Ingat Motor, Ingat Moladin!

Sumber Referensi :

  1. Situs Resmi Moladin (www.moladin.com)
  2. Media Sosial Moladin
  3. http://www.tribunnews.com/otomotif/2017/12/03/moladin-aplikasi-yang-sediakan-info-apa-saja-seputar-motor-dan-kebutuhan-bikers

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog HUT RI ke-73 “Merdeka di Era Digital“ yang diadakan oleh Moladin. Seluruh referensi tulisan dan sumber gambar telah tercantum di atas.

How many stars for this post?

2 Komentar

Joe Candra P · September 1, 2018 pada 12:16 am

viral banget tuh si joni kmrn bang, hebattt

Like it?

    Firmansyah · September 1, 2018 pada 1:57 am

    Hebaaatt pake bangett…. Keren!

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected. :)