Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

“Indonesia indah karena keramahan penduduknya, Indonesia kuat karena keteguhan masyarakatnya atas Pancasila, Indonesia jaya karena Bhinneka Tunggal Ika”

Setidaknya begitulah quote yang sering saya dengar tentang identitas masyarakat Indonesia yang dikenal dunia karena keramahannya. 

Beberapa waktu lalu, tepatnya ketika liburan Hari Raya Idul Fitri, saat itu hari sudah larut namun kedua mata saya masih terjaga di hadapan layar laptop untuk menuntaskan tulisan terbaru di blog. Karena mulai sedikit dilanda rasa bosan dan lelah, saya coba membuka situs video Youtube untuk sekedar refresh sambil mendengarkan lagu. Saya lihat pada menu ‘trending’ dan saya dapati video Official Theme Song Asian Games 2018 yang berjudul Meraih Bintang dan dinyayikan oleh Via Vallen

Awal mendengar lagu ini memang terkesan biasa saja, mungkin karena sebelumnya saya sudah terbiasa mendengarkan lagu Theme Song Asian Games versi Bright As The Sun yang dinyanyikan oleh para musisi Tanah Air. Namun semakin hari, semakin sering saya mendengarkan lagu Meraih Bintang ini, saya semakin mengakui bahwa saya salah mengira kalau lagu ini biasa saja. Lagu ini justru mulai terngiang-ngiang di kepala saya dan saya katakan lagu ini sangat bagus dan sangat layak menjadi Official Theme Song Asian Games 2018.

Berbagai jenis komentar netizen Indonesia hadir di laman video Youtube Meraih Bintang ini, mulai dari membandingkan dengan lagu-lagu Theme Song Asian Games edisi-edisi sebelumnya, penggunaan lirik berbahasa Indonesia, musik yang multi genre, sampai komentar tentang harapan dan do’a untuk suksesnya Asian Games, dan lain sebagainya.

Beberapa komentar netizen Indonesia di laman video Youtube Meraih Bintang, Via Vallen, Official Theme Song Asian Games 2018.

Kemudian, yang tidak kalah menarik juga adalah ketika mengetahui bahwa masyarakat mancanegara pun tidak sedikit yang suka dengan lagu ini dan ikut berkomentar untuk menyatakan ketertarikannya dengan Official Theme Song Asian Games 2018 ini. Dan pastinya, komentar-komentar mereka pun disambut hangat dan ramah oleh netizen Indonesia yang juga ikut berbangga mengetahui hal tersebut.

Komentar Mat Salleh TV, Youtuber asal Skotlandia di laman video Youtube Lagu Meraih Bintang beserta respon dari netizen Indonesia.

Menilik Sejarah Indonesia Bersama Asian Games

Dalam hitungan beberapa hari ke depan, Indonesia sudah pasti akan menjadi perhatian masyarakat dunia dan berpotensi menjadi trending topic dunia selama sekitar 2 minggu karena dipercaya sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, event olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade atau Olympic Games. Seperti yang telah direkam dalam sejarah, kesempatan menjadi Host Asian Games ini bukanlah yang pertama kalinya bagi IndonesiaIndonesia pernah menjadi Tuan Rumah Asian Games pada penyelenggaraannya yang ke-4, tepatnya pada tahun 1962 di Jakarta.

Sumber foto: www.sport.detik.com

Walau saat itu banyak keraguan dan pertimbangan, mulai dari bagaimana Indonesia memberi fasilitas, akomodasi hingga masalah transportasi. Namun, Indonesia terbilang sukses menyelenggarakan multi event empat tahunan tersebut. Di usia negara Indonesia yang saat itu masih 17 tahun pasca kemerdekaan tahun 1945, Indonesia siap dan sukses menjawab tantangan internasional dalam menyelenggarakan multi event olahraga sebesar Asian Games.

Kini, setelah rentang 56 tahun yang cukup panjang serta melewati berbagai tantangan perubahan zaman, Indonesia kembali mengemban kepercayaan untuk menjadi Tuan Rumah demi mensukseskan penyelenggaran event olahraga bergengsi se-Asia ini.

Asian Games 2018, Momen Istimewa Tunjukkan Identitas Bangsa

Tentu banyak cara yang bisa kita lakukan dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games edisi ke-18 ini di Jakarta dan Palembang. Sebagai Tuan Rumah tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan melayani tamu dengan sebaik-baiknya sehingga diharapkan muncul kesan-kesan baik dan positif dari para atlet peserta maupun para pengunjung mancanegara yang tentunya akan berdampak baik kepada Indonesia. Apalagi selama ini Indonesia memang dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahaja, Jadi, momen Asian Games 2018 di Indonesia ini tentu sangat istimewa dan sangat disayangkan bila tidak didukung secara maksimal.

Sumber Gambar: Akun Instagram @asiangames2018

Ketika mendukung dengan cara menonton langsung pertandingan olahraga ke venue-venue yang telah ditentukan, kita juga bisa melakukan hal-hal sederhana lainnya demi suksesnya Asian Games 2018 di Tanah Air tercinta ini, seperti menjaga sportifitas, menjaga ketertiban dalam berkendara, menjaga kebersihan, berdisiplin dalam mengantre, serta selalu ramah terhadap para pengunjung Asian Games 2018. 

Mendukung Suksesnya Asian Games 2018 dari Daerah

Berikut adalah hal-hal atau cara-cara yang saya bisa lakukan dalam rangka mendukung suksesnya Asian Games 2018 dari daerah asal tempat tinggal saya.

1. Mendukung Asian Games Bersama Pemerintah Setempat

Saya berdomisili di Kabupaten Tangerang, bertetangga dengan Kota Jakarta yang akan menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018. Saya sangat senang ketika melihat baliho dukungan TNI, POLRI, Pemerintah beserta Masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mendukung dan mensukseskan Asian Games 2018. Dan sebagai warga Kabupaten Tangerang yang baik, saya pun siap dukung bersama suksesnya Asian Games 2018. 

2. Menggaungkan Semangat Asian Games 2018 di Media Sosial

Dalam rangka mendukung suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, saya tentu ingin memanfaatkan smartphone, internet dan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan serta menggaungkan semangat Asian Games 2018 kepada seluruh pengguna media sosial melalui kiriman atau postingan yang positif dan informatif.

"Dukung Bersama Asian Games 2018" . Halo semuanya. Asian Games 2018 tinggal menghitung hari nih. Sudah siapkah kamu mendukung suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang? Guys, kita Tuan Rumah lho! . Nah, untuk menjadi Host yang baik, ada beberapa poin tips nih dari @asiangames2018 yang bisa kamu lakukan untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018. . . Oh ya. Dalam waktu dekat ini, saya juga akan posting tulisan terbaru saya di blog, khusus ditulis dalam rangka mendukung suksesnya Asian Games 2018 di Tanah Air tercinta 😇💪🏼. . . Penasaran bagaimana cara saya mendukung suksesnya Asian Games 2018? Tunggu postingan saya selanjutnya ya. 😉 . #DukungBersama #AsianGames2018 . @Regrann from @asiangames2018 – Mari tunjukkan kepada dunia kalau Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk #AsianGames2018. Yuk, kita #SukseskanAsianGames2018 bersama-sama! ========== It’s time for Indonesia to be a good host for #AsianGames2018. Let’s show your support together to #SukseskanAsianGames2018!

A post shared by Firmansyah (@fman_firmansyah) on

3. Membenarkan Informasi yang Salah tentang Asian Games

Banyak sekali masyarakat Indonesia, termasuk kerabat, keluarga, siswa dan orang-orang di sekitar lingkungan saya yang masih bingung atau tidak mengetahui secara pasti tentang event Asian Games. Ada yang beranggapan Asian Games itu ASEAN Games karena mungkin terdengar hampir sama. Ada juga yang beranggapan Asian Games itu adalah SEA Games, dan lain sebagainya. 

Dengan bermodal pengetahuan tentang Asian Games yang saya miliki, tentu saja saya harus mencoba luruskan dan benarkan pemahaman mereka yang salah tersebut dengan menjelaskannya sedetil mungkin.

4. Mengajak dan Membimbing Siswa Untuk Ikut Memeriahkan Asian Games 2018 Melalui Kegiatan Writingthon

Sebagai seorang guru yang memiliki passion lain sebagai seorang blogger, saya tentu tidak ingin egois. Ketika saya mengetahui adanya kesempatan yang bagus dan bisa diikuti oleh siswa-siswi yang saya ajar, seperti kegiatan Writingthon Asian Games 2018 ini. Maka, saya pun berinisiatif mengajak sekaligus membimbing mereka untuk berpartisipasi dalam rangka memeriahkan event Asian Games 2018.

Ayo kita #dukungbersama suksesnya #AsianGames2018 di Jakarta dan Palembang dengan menjadi Tuan Rumah yang baik. Ayo kita jadikan momen istimewa ini sebagai ajang untuk menunjukkan identitas Bangsa Indonesia yang ramah dan bersahaja kepada seluruh atlet peserta Asian Games 2018 dan tamu-tamu pengunjung dari mancanegara, baik secara offline (di lapangan) maupun online (dunia maya). 

It’s time for Indonesia to be a good host for #AsianGames2018. Let’s show your support together to #SukseskanAsianGames2018!

 

How many stars for this post?

10 Komentar

Joe Candra P · Juli 18, 2018 pada 3:32 pm

keren ini mah ulasannya bang

Like it?

    Firmansyah · Juli 19, 2018 pada 10:08 am

    Makasih ya bang. Semoga semangat Asian Games yang kita sebar melalui tulisan bisa tersampaikan juga kepada para pembaca. 🙂

    Like it?

alfianhoki · Juli 21, 2018 pada 9:02 am

asek.. asek….
sebagai warganegara yang baik (dan rajin menabung) sudah sepantasnya dong kita dukung Asian Games 2018 ini, apalagi momen seperti ini kan jarang banget. hidup asian games 2018!!

salam blogger dan salam Hoki

Like it?

    Firmansyah · Juli 21, 2018 pada 2:16 pm

    Betul bang. Asian Games 2018 harus menjadi euphoria kebanggan kita semua. Semuanya harus dukung.

    Like it?

Feriald · Juli 21, 2018 pada 1:25 pm

Keren bang bisa mengajak murid-muridnya bisa ikutan writinghton. Jadi kalau menang bareng karantinanya.

Like it?

    Firmansyah · Juli 21, 2018 pada 2:18 pm

    Hehehe iya mas. Itu memang target dan keinginan saya. 🙂
    Mengajak mereka supaya bisa lolos bareng dan ikut kegiatan bareng. Semoga terwujud. Aaamiin.

    Like it?

nizam · Juli 25, 2018 pada 12:27 pm

Wah mau juga dibimbing menulis asian games… keren!

Like it?

    Firmansyah · Juli 25, 2018 pada 1:20 pm

    Heehhe… sepertinya saya malah yang masih butuh bimbingan mas Nizam.

    Like it?

liana · Juli 31, 2018 pada 9:22 am

wah, artikel yang menarik bang Firman, mantap!
ulasannya juga lengkap. mati sama2 kita dukung Asian Games 2018 🙂

Like it?

    Firmansyah · Juli 31, 2018 pada 9:45 am

    Makasih banyak, mbak Liana. 🙂
    Mari #DukungBersama #AsianGames2018

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This