Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Kamu tentu setuju bahwa kemajuan dunia bisnis saat ini tidak lepas dari pengaruh dunia digital. Ya, kan? Implikasinya, pemilihan website untuk menopang kelancaran bisnismu menjadi sangat penting dan tidak bisa dipungkiri. Nah, berikut ini adalah beberapa website yang bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan pengelolaan bisnis kamu:

1. Instagram
Menduduki peringkat dua Top Free kategori sosial di Play Store, Instagram memang tak pernah kehabisan ide untuk memuaskan pelanggannya. Dalam berjualan online melalui Instagram, kamu bisa memanfaatkan strategi pemasaran seperti giveaway, testimony, hashtag, sampai endorsement. Belum lagi, kamu bisa mencari agen cuma-cuma dengan bantuan reseller maupun dropshipper. Di samping itu, Instagram stories juga menawarkan beragam fitur yang akan membangun hubunganmu dengan konsumen seperti ask question, polling, atau quiz.

Sumber foto: www.sendible.com

Bagian paling menarik ada pada hadirnya akun khusus bisnis. Memang apa bedanya? Kamu bisa pantau insight setiap post untuk dapatkan jumlah reach, like, impression, dan berapa orang yang menyimpannya. Masih ada fitur autoreply, promote dan bagikan secara otomatis pada aplikasi lainnya. Calon pelangganmu juga akan terbantu dengan jenis kategori bisnis yang kamu pilih.

2. Tokopedia atau Bukalapak
Marketplace online mulai dilirik banyak orang. Di luar sana, Alibaba bahkan mampu mengubah paradigma “Made in China” menjadi “Dibeli untuk China” atau lihat kehebatan Amazon sebagai pimpinan pasar di Eropa dan Amerika Serikat. Maka seperti negara luar yang mana e-commerce sudah jadi bagian sehari hari, Indonesia juga bisa. Bayangkan bahkan Tokopedia dan Bukalapak bisa jadi Amazon dan Alibaba-nya Indonesia.

Sumber foto: id.techinasia.com

Nyatanya di era serba digital, dunia butuh tempat belanja yang serba digital pula. Marketplace itu bagai pasar belanja online dimana siapapun berhak membuka lapak tanpa biaya sewa. Potensi pelanggan lebih luas dari pasar biasa. Tambahan lagi, calon pembeli tentu saja lebih percaya dengan marketplace ternama. Berbeda saat kamu membuat web bisnis sendiri tentu akan lebih sulit membangun kepercayaan calon pembeli pertama kali.

3. Teman Bisnis
Charles A Jaffe, seorang ahli catur asal Amerika, pernah berkata, “Bukan besarnya penghasilanmu yang membuat kaya, tetapi kebiasaanmu dalam mengatur keuangan.” Setiap bisnis pasti melakukan transaksi keuangan setiap harinya. Akan tetapi, sebagian di antara kamu mungkin bingung bagaimana caranya atau berpikir malas membuatnya karena ribet.

Sumber foto: id.techinasia.com

Disinilah Teman Bisnis lahir sebagai asisten finansial pribadi bagi para pelaku bisnis kecil atau UMKM. Tercipta secara khusus bagi kamu yang membutuhkan pencatatan demi kondisi keuangan lebih sehat. Tidak berhenti sampai mencatat, kamu dapat menganalisis hasil pencatatan lalu mengevaluasinya sebagai pengambilan keputusan. Salah satu yang menarik adalah adanya Tebi Poin sehingga memotivasi kamu semakin banyak mencatat agar semakin banyak pula poin yang didapat.

4. Jurnal
Berbeda dengan Tebi (Teman Bisnis) yang didesain semenarik mungkin supaya masyarakat tergiur melakukan pencatatan keuangan, Jurnal dirancang seperti layanan akuntansi online sungguhan. Jurnal.id memahami kamu yang mungkin terlalu sibuk mengembangkan bisnis sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk membuat pencatatan keuangan.

Sumber foto: technologue.id

Biarkan Jurnal yang akan mengurus laporan keuangan bisnismu secara lengkap, mulai dari neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, sampai pembukuan secara profesional. Berbagi kondisi keuangan kepada pihak asing mungkin agak terdengar menyeramkan, namun Jurnal berusaha menjamin keamanan informasi yang kamu miliki. Jurnal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 dan informasi yang kamu berikan akan ter-encrypt secara aman.

5. Qazwa

Sumber foto: www.techinasia.com

Kamu baru saja membuka bisnis dan susah mencari pinjaman lewat bank? Kini, kamu bisa mengajukan pembiayaan melalui Qazwa, perusahaan teknologi yang menghubungkan UMKM dengan pemilik modal. Pembiayaan yang disediakan menggunakan skema supply chain finance yaitu kegiatan pembiayaan kredit modal kerja dengan melibatkan rantai pasukan bisnis. Sistem pembiayaan yang ditawarkan lebih aman, halal, dan berkah bebas dari riba. Dampaknya, kamu bisa menggunakan pembiayaan sebagai modal bisnis kamu tanpa cemas kesulitan bayar karena tingginya biaya bunga.

Sumber foto: qazwa.id

Jadi, website mana yang akan kamu coba selanjutnya?

Yuk kita maksimalkan bisnis dengan memanfaatkan deretan website di atas agar bisnismu naik kelas! 

 

Terima Kasih …

How many stars for this post?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected :)