Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Mengawali tulisan saya kali ini, izinkan saya bertanya sebuah pertanyaan kepada kalian semua ya.

Apa yang seketika muncul di benak kalian ketika pertama kali mendengar tentang Eropa Utara?

Jawaban dan respon dari kalian pastinya akan berbeda-beda ya. Ada yang sangat tahu dan familiar sehingga bisa dengan mudah menyebutkan apa yang muncul di pikiran tentang Eropa Utara. Ada juga yang hanya sekadar tahu dan hanya bisa menyebutkan sedikit tentang itu. Atau mungkin, ada juga yang sangat awam bahkan sama sekali tidak tahu dan minim informasi juga pengetahuan tentang Eropa Utara. Bisa jadi. Maybe. Ya, kan? Who knows? 

“Memangnya kenapa sih, kok Bang Firman kasih pertanyaan seperti itu?”

Tidak apa-apa. Itu memang hanya pertanyaan pembuka. Hehe. Namun, bukan sembarang pertanyaan pembuka lho, guys. Karena pembahasan tentang Eropa Utara ini akan menjadi topik menarik yang akan saya bahas pada tulisan blogpost saya kali ini. Hehe. Tetapi sebelumnya, izinkan saya mengutarakan jawaban saya pribadi atas pertanyaan yang disebutkan di awal tulisan tadi.

Jujur, ada beberapa hal yang seketika muncul di pikiran saya ketika mendengar kata Eropa Utara, seperti adanya julukan Skandinavia, letak geografisnya yang berdekatan dengan Kutub Utara dan Samudera Arktik, negara-negaranya yang terkenal sebagai negara paling bahagia dan sejahtera sedunia, hingga judul salah satu buku tentang pendidikan yang recommended yaitu Teach Like Finland karya Timothy D. Walker.

Ya, Teach Like Finland. Keseharian saya sebagai seorang guru pastinya menuntut saya untuk mencari dan mempelajari berbagai macam buku referensi tentang pendidikan, sehingga membawa saya pada perkenalan dengan buku Teach Like Finland tersebut.

Finlandia yang terletak di gugusan Utara benua Eropa memang terkenal sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Timothy, sang penulis, berkali-kali menyebut kata kebahagiaan dalam bukunya. Rupanya, itulah yang menjadi filosofi penting pendidikan di Finlandia. Kebahagiaan harus diraih dalam proses belajar-mengajar. 

Berbicara tentang Eropa Utara, tentu saja bukan hanya tentang Finlandia. Secara geografis, ada lima negara yang tergabung dalam kawasan ber-title Skandinavia ini, di antaranya: Finlandia, Swedia, Islandia, Norwegia, dan Denmark. Dan seperti yang sudah saya singgung juga di atas, bahwa negara-negara Eropa Utara sangat terkenal sebagai negara paling bahagia dan sejahtera sedunia.

Hal tersebut pun kembali dibuktikan secara otentik dengan adanya hasil survei terbaru dalam 2019 World Happiness Report yang berhasil mengurutkan tingkat kebahagiaan negara-negara di dunia pada tahun 2019. Lagi-lagi kelima negara Skandinavia mendominasi daftar peringkat teratas negara paling bahagia di dunia. Tidak tanggung-tanggung, kelima negara Eropa Utara tersebut bahkan bertengger di peringkat 7 besar dengan ditemani 2 negara Eropa lainnya, yaitu Belanda dan Swiss. 

Hasil survei yang cukup menarik sekaligus mencengangkan, bukan? Mengapa mencengangkan? Karena dalam daftar 20 peringkat teratas negara paling bahagia tersebut (bisa dilihat pada gambar di atas) tidak ada satu pun negara Asia yang berhasil masuk di dalamnya.

Jangankan negara kita Indonesia, negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, atau Singapura pun turut absen dalam list bergengsi tersebut. Tentu saja hasil survei tentang negara paling bahagia ini bukan berarti menjadi alasan untuk kita tidak merasa bahagia, bukan? Hehe … Karena sejatinya bahagia itu sederhana, maka berbahagialah. 🙂

“Orang Swedia menikmati waktu mereka. Mereka berhenti sejenak, melihat-lihat, mendengarkan dan menunggu. Dengan hidup santai, kita bisa menikmati kesenangan sederhana dalam hidup. Hal tersebut sangat memuaskan.”
~ Niki Brantmark, Penulis ~

Beberapa tahun belakangan ini, diketahui bahwa gaya hidup yang dijalani masyarakat di negara-negara Skandinavia disebut-sebut sebagai kunci sukses mereka dalam memperoleh kebahagiaan. Maka tidak heran, beberapa waktu lalu Hygge, gaya hidup serba nyaman yang diterapkan oleh orang-orang Denmark, juga sempat menjadi tren dan marak diikuti oleh masyarakat di Inggris. Kini giliran Lagom, gaya hidup ala masyarakat Swedia, yang menarik perhatian dunia.

Lagom Meaning

Istilah Lagom berasal dari bahasa Swedia yang memiliki arti not too little, not too much, just right atau sepadan dengan istilah “yang penting cukup” dapat dibilang merupakan kebalikan dari Hygge yang cenderung mengarah pada perilaku konsumtif. Lagom adalah gaya hidup masyarakat Swedia yang seimbang dan membahagiakan.

Menurut Linnea Dunne, penulis berkebangsaan Swedia, dalam bukunya yang berjudul “Lagom: The Swedish Art of Balanced Living”, Lagom adalah konsep keseimbangan dan kesadaran penuh pada aktivitas yang sedang dijalani. Bahkan di Swedia, Lagom juga diibaratkan sebuah seni, tepatnya seni untuk menjalani kehidupan yang seimbang, lebih lambat, dan bebas dari keributan.

Lagom merupakan gaya hidup yang membahagiakan dan seimbang antara keluarga, persahabatan, karier, dan kesehatan.

Lagom Feels

Masyarakat Swedia tidak mengenal prinsip work hard-play hard, melainkan prinsip keseimbangan work-life balance. Prinsip itulah yang melekat pada kehidupan mereka sehari-hari. Masyarakat Swedia tak mengindahkan lembur atau bekerja di luar jam yang ditentukan karena justru mengindikasi bahwa seseorang tidak bekerja secara efektif pada waktu kerjanya. Malah pengurangan jam kerja justru diterapkan di Swedia dan terbukti dapat meningkatkan produktivitas.

Saat mempraktikkan gaya hidup Lagom dalam pekerjaan, kita bisa menyelesaikan proyek besar yang sedang dikerjakan secara efektif dengan membaginya ke dalam beberapa proyek kecil. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan merapikan meja kantor serta menghadirkan nuansa area kerja yang lebih inspiratif dengan menambah dekorasi dan barang-barang yang bersifat personal. Seperti  itulah beberapa gambaran konsep yang diterapkan masyarakat Swedia saat bekerja.

Gaya hidup masyarakat Swedia yang memiliki prinsip keseimbangan work-life balance.

Selain bekerja sesuai porsi, memprioritaskan waktu untuk bersosialisasi merupakan bagian dari gaya hidup Lagom. Lagom jauh dari gaya hidup yang serba individualis dan lebih mementingkan kepentingan kelompok serta asas kebersamaan. Kebahagian yang tercipta dari keseimbangan tidak dapat diperoleh dengan hanya memenuhi kepuasan pribadi, namun perlu dicapai dengan mengasihi orang lain.

Perilaku masyarakat Swedia yang santai dan rileks sehingga bisa mengisi waktunya dengan hal-hal yang lebih bermakna sangatlah menginspirasi kita dalam menjalani hidup. Selain dipakai untuk menyalurkan hobi secara positif, waktu-waktu di luar jam kerja mereka gunakan untuk menciptakan waktu untuk kumpul berkualitas bersama kerabat, menikmati aktivitas di ruang publik, dan terlibat dengan komunitas di lingkungan sekitar.

Wah, speechless! Bagaimana, guys? Gaya hidup mereka sangat keren dan menginpsirasi sekali ya. Tidak heran bangsa mereka selalu dinobatkan sebagai salah satu bangsa paling bahagia di dunia. Gaya hidup Lagom menuntun kita pada kebahagiaan melalui keseimbangan yang tercipta dalam kehidupan sehari-hari. Nah, apakah kalian juga tertarik untuk menerapkan gaya hidup Lagom? Jika ya, saya punya solusinya untuk dibagikan lho. wink

Jadi ternyata, sebagai seseorang yang berdomisili di ujung Barat Kabupaten Tangerang dan berjarak puluhan kilometer untuk menuju pusat Kota Tangerang, saya baru mengetahui dan menyadari bahwa di bumi Tangerang pun ternyata ada perusahaan pengembang yang terinspirasi dengan gaya hidup Lagom ala Swedia ini, kemudian mengangkatnya menjadi sebuah konsep hunian idaman berkualitas yang dapat kita wujudkan tanpa perlu terbang atau pindah kewarganegaraan ke Swedia! Hehe, becanda. laughing Eh, tapi saya serius kok, memang ada hunian idaman di Tangerang yang mengangkat konsep Lagom tersebut. 🙂

Penasaran? Tidak salah lagi, kita bisa wujudkan impian miliki hunian idaman bernuansa Eropa Utara dan Lagom tersebut bersama apartemen yang namanya kian melejit ini. So guys, I proudly present to you, Apartemen Skandinavia Lagom.

Mengenal Lebih Dekat Apartemen Skandinavia

Skandinavia Apartments atau Apartemen Skandinavia adalah apartemen yang dirancang secara khusus dengan memperhatikan setiap detail sudut ruangan dan menggunakan bahan terbaik yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. Apartemen ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 10 ha, dengan konsep Skandinavia di mana fungsi dan estetika menyatu dalam harmoni. Terinspirasi oleh gaya desain Nordic atau negara-negara Skandinavia di mana kesan modern, sederhana, namun karakter yang kuat menjadi ciri khas setiap unit.

Pada tahun 2017, Tangcity Developments, brand pengembang milik PT. Pancakarya Griyatama yang saat ini lebih dikenal sebagai pendiri Tangcity Mall, Novotel Tangerang atau Tangcity Superblock, resmi menghadirkan sebuah hunian eksklusif yang terinspirasi dari negara-negara Skandinavia di Eropa Utara, yang kemudian diberi nama Apartemen Skandinavia. Apartemen ini berdiri di lokasi yang sangat strategis, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman No.1 Cikokol, RT.001/RW.005, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang. Persis berdampingan dengan Tangcity Mall dan berseberangan dengan Universitas Raharja.

Tepatnya sekitar sebulan lalu, Apartemen Skandinavia pun akhirnya meluncurkan unit Skandinavia Lagom, yang merupakan unit terakhir dari hunian vertikal eksklusif anak buah Tangcity Developments ini yang di-bundling mulai dari harga Rp. 975 Jutaan. Dengan peluncuran sebanyak 206 unit, Skandinavia Lagom hadir dalam dua tipe unit, yakni 1 Bedroom Suite dan 2 Bedroom Junior, dengan ukuran yang sama seluas 44,81 meter persegi (semigross). Hanya berbeda pada sekat dan non sekatnya.

Sebagaimana dilansir dari situs rumahhokie.com, pemberian nama Lagom merujuk dan terinspirasi pada bahasa negara-negara di Skandinavia yang memiliki arti keseimbangan. Menurut Norman Eka Saputra, selaku Marketing Director Apartemen Skandinavia, mengatakan bahwa unit hunian Lagom dirancang dengan inspirasi dan konsep yang bertumpu pada keseimbangan, baik desain maupun fasilitasnya.

“Kami ingin menciptakan hunian yang didesain dengan konsep seimbang dan nyaman. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan unsur natural pada rancangannya dan menghadirkan beragam fasilitas, seperti fitness center, taman, dan kolam renang,” kata Eka.

Secara umum, Apartemen Skandinavia ini mengusung konsep Scandinavian interior yang nyaman, indah dan alami, mengedepankan keseimbangan arsitektur dan warna dalam pemilihan material, efisiensi dan kelegaan ruangan, harmonisasi dengan alam dalam hal exposure sinar matahari, penggunaan bahan alami, serta penghijauan dan bunga dalam ruangan. Konsep inilah yang menjadi nilai plus bagi Apartemen Skandinavia sehingga layak dijadikan rekomendasi pilihan dan pastinya banyak diidam-diidamkan oleh kalangan menengah ke atas, baik sebagai hunian idaman maupun investasi masa depan.

Mengintip Interior Design Skandinavia Lagom

Nah, beberapa waktu lalu, saya menyempatkan diri untuk datang berkunjung ke Apartemen Skandinavia di Cikokol, Tangerang ini untuk melihat dan merasakan langsung bagaimana ambience dan penampilan tiap show unit yang ditampilkan di sana, sekaligus meninjau secara langsung sarana prasarana apa yang disediakan oleh pihak pengelola apartemen serta fasilitas penunjang apa saja yang berada di sekitar lokasi apartemen yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh para penghuni apartemen nantinya.

So, first of all. Pastinya yang pertama kali saya kunjungi dan ingin tahu lebih lanjut adalah show unit apartemen dan dummy property yang ada di dalamnya. Ada beberapa show unit tipe apartemen yang ditampilkan. Saya pun berkesempatan mengunjungi seluruh show unit tersebut, antara lain: 1 Bedroom Suite / Studio, 2 Bedroom Deluxe, 2 Bedroom Junior, dan 2 Bedroom Corner.

Ketika sampai dan memasuki lobby apartemen, kita akan disambut ramah oleh para petugas, baik security atau pun staf receptionist. Dan saat tiba di tempat show unit, saya seketika terkesan dengan konsep dan tampilan apartemen yang eye-catching, minimalis, modern, mewah, nyaman, secure, dan lengkap. Semuanya menyatu menjadi satu. Idaman banget pokoknya! Sebagaimana yang bisa dilihat pada gambar-gambar di atas. Bagaimana? Bagus-bagus kan contoh apartemennya?

Dan berikut ini adalah foto-foto detail unitnya, untuk memperlihatkan bagaimana suasana ruangan dan properti apa saja yang terdapat di dalamnya dan akan menjadi hak milik si empunya unit apartemen nantinya. Untuk itu, saya mengambil contoh 1 ruangan, yaitu Tipe 2 Bedroom Junior

Suasana show unit tipe 2 Bedroom Junior apartemen Skandinavia Lagom

Amazing Facilities and Amenities

Tidak cukup dan kurang puas hanya dengan fasilitas dan properti yang tersedia di dalam unit apartemen? Tenang! Karena keunggulan Apartemen Skandinavia bukan hanya pada masing-masing unit apartemennya, tetapi juga sarana prasarana dan fasilitas lainnya yang disediakan oleh pengelola apartemen untuk mendukung gaya hidup dan kebutuhan harian para penghuni di dalamnya, seperti Infinity Swimming Pool, Nordic Corner, SkandiFit, rasio parkir yang luas, area kantor perbankan, ruko, tenant coffee shop, restoran, dan berbagai fasilitas penunjang kebutuhan lainnya.

Infinity Pool dengan view yang indah sepanjang mata memandang. Tersedia juga fasilitas kolam renang untuk anak-anak (foto kanan bawah).

SkandiFit, area fitness bagi para penghuni apartemen. Letaknya berdekatan dengan Infinity Pool.

Nordic Corner, ruangan khusus yang berada pada lantai yang sama dengan SkandiFit dan Infinity Pool. Cocok digunakan untuk menyambut tamu, acara kumpul arisan, meeting pekerjaan, dan lain sebagainya.

Area parkir yang luas, di basement, pertokoan, mall, serta adanya valet parking dan jasa taksi.

Selain itu, yang tidak kalah menakjubkan adalah Apartemen Skandinavia juga dilengkapi dengan sistem Genius Home. Genius Home merupakan aplikasi yang lebih pintar dari Smart Home, tidak hanya sekadar mengaktifkan perangkat rumah tangga secara otomatis dari smartphone, namun juga membantu mengakses berbagai fasilitas bintang 5 layaknya hotel, seperti e-concierge, e-engineering, e-Tenant Relation, e-billing, dan e-shopping. Hidup tentunya semakin lebih mudah dan nyaman hanya dengan 1 sentuhan jari. cool

Supported by Great Surroundings

Keunggulan lainnya yang dimiliki Apartemen Skandinavia adalah berbagai fasilitas pendukung yang ada di sekitarnya. Keunggulan inilah yang menjadi alasan mengapa Apartemen Skandinavia sangat menjanjikan sehingga akhirnya banyak diminati oleh para calon pembeli unit apartemen, baik untuk digunakan sebagai hunian atau pun sebagai investasi jangka panjang. Fasilitas pendukung yang berada di sekitar Apartemen Skandinavia mulai dari mall, hotel, universitas, kawasan bisnis, taman, dan lain sebagainya.

Kunjungan saya ke sana beberapa waktu lalu juga saya sempatkan untuk mengeksplorasi beberapa fasilitas surroundings yang tersedia di sekitar Apartemen Skandinavia. Untuk lebih detailnya, simak pada gambar-gambar di bawah ini.

1.  Surganya Coffee Shop

2. Tangcity Mall

3. Shopping and Entertainment di Tangcity Mall

4. Hotel, Universitas, dan Kawasan Bisnis

5. Berfoto di Spot Instagramable Taman Potret

6. Fasilitas Umum Taman Potret

7. Sarana Hiburan Keluarga dan Anak di Taman Potret

8. Taman Kunci (Kupu-Kupu dan Kelinci)

Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Apartemen Skandinavia, mulai dari lokasinya yang strategis, konsep yang diusung, material dan properti yang digunakan, desain interior, serta berbagai fasilitas pendukung yang ada di apartemen dan sekitarnya membuatnya layak untuk direkomendasikan kepada siapa pun yang mendambakan hunian idaman berkualitas dengan konsep yang terinspirasi langsung dari gaya hidup Lagom asal Swedia yang memiliki makna not too little, not too much, just right.

Tidak hanya bagi mereka yang menginginkan hunian idaman untuk ditinggali, mereka yang berjiwa entrepreneur dan memiliki rencana jangka panjang pun sangat cocok bila ingin menjadikan unit Apartemen Skandinavia ini sebagai investasi yang menjanjikan bagi masa depan. Mengingat begitu banyaknya keunggulan yang dimiliki Apartemen Skandinavia, sehingga ia begitu potensial dan akan sangat menguntungkan bila dijadikan sebagai lahan investasi.

Baiklah, pada awal tulisan kita sudah membahas banyak hal tentang gaya hidup negara-negara Eropa Utara, khususnya Swedia yang sangat menginspirasi. Gaya hidup Lagom dengan maknanya not too little, not too much, just right telah menjadikan masyarakat Swedia hidup dalam keseimbangan yang membahagiakan, sehingga menjadikan mereka sebagai salah satu bangsa paling bahagia di dunia.

Hadirnya Apartemen Skandinavia Lagom tentunya menjadi solusi dan rekomendasi bagi kita, khususnya kalangan menengah ke atas yang ingin merasakan hidup bahagia dan sejahtera layaknya masyarakat Swedia, tanpa harus terbang dan menginjakkan kaki ke Eropa Utara karena semuanya sudah terkonsep rapi dan dapat diwujudkan hanya di Apartemen Skandinavia Lagom.

Jadi, tunggu apa lagi? Bagi kamu yang ingin memiliki kualitas hidup ala Swedia atau ingin berinvestasi jangka panjang untuk masa depan, ayo wujudkan inspirasi gaya hidup Lagom ala Swedia bersama hunian idaman di Apartemen Skandinavia. 🙂

 

 Sumber Referensi:
  • Situs Resmi Skandinavia Apartment (www.skandinavia.co.id)
  • Akun Media Sosial Skandinavia Apartment
  • https://www.dekoruma.com/artikel/77466/gaya-hidup-lagom-kunci-kebahagiaan-masyarakat-swedia
  • https://parenting.orami.co.id/magazine/memahami-lagom-gaya-hidup-swedia-yang-seimbang-dan-membahagiakan
  • https://www.medioku.com/memahami-lagom-gaya-hidup-swedia-yang-seimbang/
  • https://rumahhokie.com/beritaproperti/usung-konsep-keseimbangan-apartemen-skandinavia-rilis-unit-lagom/

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Skandinavia Lagom Mini Blog Competition yang diselenggarakan oleh Skandinavia Apartment. Sebagian besar foto merupakan dokumentasi pribadi penulis saat berkunjung ke lokasi apartemen dan beberapa lainnya didapatkan dari sumber-sumber yang telah tercantum di atas.

How many stars for this post?

2 Komentar

BondanFamily · Oktober 23, 2019 pada 9:12 am

wkwkwkw kok saya masih berpikir klo surga dunia ya diindonesia
karena pengangguran pun masih bisa nyruput kopi diwarung sambil udud

Like it?

Essen Barracuda · November 2, 2019 pada 11:11 am

Terimakasih sudah berbagi infonya bang firman,.

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected :)