Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Harta yang paling berharga adalah keluarga …
Istana yang paling indah adalah keluarga …
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga …
Mutiara tiada tara adalah keluarga …

Bagi Anda yang terlahir pada era 90-an atau dekade-dekade sebelumnya, tentu tidaklah asing dengan deretan bait di atas. Deretan bait penuh makna tersebut merupakan intro petikan lagu tema atau soundtrack pada sinetron Keluarga Cemara yang sangat melegenda di era 90-an hingga awal era milenium. Generasi Z Indonesia pun sepertinya sudah mengenal lagu spesial ini, sebab beberapa waktu lalu kisah tentang Keluarga Cemara kembali diangkat ke masyarakat, namun dalam versi film layar lebar. Lagu temanya yang sangat sederhana, ‘easy listening’, namun memiliki makna mendalam membuatnya ‘abadi’ dan masih terngiang-ngiang di telinga hingga kini.

Lagu dengan iramanya yang khas tersebut menggambarkan betapa keluarga merupakan sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan kita sebagai seorang manusia dan makhluk sosial. Saking berharganya, kebersamaan keluarga tidak dapat dinilai dengan materi apa pun. Sebagai unit terkecil dari kelompok masyarakat, keluarga menjadi tempat pertama dan paling utama bagi setiap orang untuk belajar berbagai hal dalam hidupnya.

Ayah dan ibu sebagai pemimpin atau kepala keluarga memiliki peran yang sangat sentral terhadap tumbuh kembang anak-anak dan keutuhan keluarga yang harmonis. Selain itu, perasaan saling berbagi rasa cinta, kasih sayang, dan kepedulian membuat setiap anggota keluarga selalu merasa dicintai dan dilindungi. Faktanya, kehadiran orang-orang tercinta di keluarga dan sekitar kita memang memberikan energi positif yang mampu mengubah sikap pesimis menjadi optimis, pikiran sedih menjadi jernih serta rasa lelah menjadi semringah.

Foto Ilustrasi Keluarga. Sumber: www.kincir.com

Pengalaman Kehilangan Orang Tercinta

Berbicara tentang keluarga dan orang tercinta, ada satu memori kelam dalam hidup saya yang pastinya tidak akan mungkin terlupakan sepanjang hayat dikandung badan. Suatu takdir pahit kehidupan yang harus saya terima dan saya jalani di usia saya yang dahulu terhitung masih sangat muda. Tidak pernah terdetik dalam benak saya sebelumnya, bahwa saya akan menjalani masa kanak-kanak saya tanpa kehadiran dua orang tercinta di keluarga sekaligus menyandang status baru sebagai seorang anak Yatim Piatu.

Ketika saya masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar, Ayah saya wafat setelah bertahun-tahun penyakit gula atau Diabetes merongrong tubuh suburnya. Dan seperti sudah ditakdirkan jodoh sehidup semati, tidak perlu waktu lama bagi Ibu saya untuk pergi menyusul kepergian Ayah. Manusia memang tidak bisa mengelak kehendak Tuhan. Akhirnya, Ibu pun wafat persis seminggu pasca wafatnya Ayah, setelah berjuang melawan penyakit Paru-Paru yang menggerogoti sistem ketahanan tubuhnya. Jika bisa saya gambarkan suasana dahulu, awan muram dan langit gelap seolah enggan pergi meninggalkan atap rumah kami, ia seolah diperintah oleh sang Maha Kuasa untuk tetap memayungi rumah kami yang sedang dirundung duka tanpa berjeda.

Saya memang tidak menampik fakta bahwa keluarga saya dahulu cenderung tidak memperhatikan perihal kesehatan dengan baik. Ayah dan Ibu saya adalah perantau, keduanya sangat fokus dalam berwirausaha, mulai dari membuka Rumah Makan hingga Toko Sembako dan keperluan harian rumah tangga. Saya dan saudara-saudara kandung lainnya pun tak pelak membantu Ayah dan Ibu dalam melayani para pembeli setiap hari, khususnya kakak-kakak saya yang lebih dahulu merasakan bagaimana beratnya masa-masa awal orang tua kami merintis usaha.

Ilustrasi keluarga saya yang mulai memiliki kesibukan masing-masing.

Saat anak-anaknya mulai beranjak remaja dan dewasa, lalu Ayah pun mulai jatuh sakit dan mulai sering bolak-balik ke Rumah Sakit. Hanya Ibu yang biasa mendampingi di rumah, itu pun sembari menjaga toko dan melayani pembeli. Sementara saya dan saudara kandung lainnya mulai disibukkan dengan sekolah, serta dua kakak tertua (kebetulan keduanya adalah perempuan) juga mulai sibuk bekerja menjadi karyawan atau buruh di pabrik untuk membantu orang tua membiayai kebutuhan hidup keluarga. 

Kesehatan keluarga tidak pernah benar-benar menjadi perhatian utama. Sampai tiba saat Ayah dan Ibu wafat karena penyakit Diabetes dan Paru-Paru yang mereka derita, akhirnya saya yang kini telah tumbuh dewasa hanya bisa menyesali waktu dan berandai-andai. Andai dahulu Ayah dan Ibu memperhatikan perihal kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat kepada seluruh anggota keluarga.

Perandaian demi perandaian pun hinggap di pikiran saya, termasuk berandai-andai untuk mendatangkan orang atau perawat ahli ke rumah untuk membantu menangani orang tua saya ketika mereka sakit dahulu, agar mereka dapat sehat kembali dan mampu hidup di dunia dalam jangka waktu yang lebih lama. Walaupun pada akhirnya saya mengerti bahwa kita sebagai manusia hanya mampu berencana, takdir tetaplah takdir, sepatutnya kita pasrahkan kepada sang Maha Pengatur hidup dan mati setiap insan di dunia. 

Keluarga besar saya yang sederhana. Semoga Ayah dan Ibu bahagia melihat kami semua.

Jasa Perawat, Solusi Kebutuhan untuk Merawat Orang Tercinta

Kita, sebagai seorang anak di keluarga, terkadang memang tidak bisa sepenuhnya memiliki waktu untuk mendampingi dan merawat orang tua tercinta di rumah. Apalagi jika kita juga sudah berumah tangga dan orang tua sudah memasuki usia lanjut, tentunya akan merasa kesulitan dalam melakukan aktivitas di rumah. Kewajiban kita untuk bekerja dan mencari nafkah bagi keluarga pun menjadi suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Tentu saja itu dilakukan bukan berarti kita tidak peduli dan tidak menyayangi orang tua. Faktanya, keduanya memang penting dan memiliki porsi prioritas masing-masing.

Di sisi lain, ada juga sosok tercinta di keluarga yang memerlukan perhatian dan perawatan yaitu anak-anak, sang buah hati. Jika kita berada di posisi sebagai orang tua yang masih sangat aktif bekerja dan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk menemani dan merawat anak-anak di rumah. Maka, perlu solusi yang baik untuk memastikan anak-anak di rumah tetap terawasi, terjaga, dan terpenuhi segala kebutuhannya, terutama bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. 

Ilustrasi orang tua lanjut usia yang membutuhkan peran perawat atau caregiver.

Seiring berjalannya waktu, segala perandaian yang dahulu pernah terpikirkan menjadi sangat mungkin terealisasi di zaman yang semakin modern dan mengedepankan digitalisasi ini, sehingga kebutuhan untuk urusan mencari perawat atau caregiver yang ahli sebagai solusi untuk menangani dan merawat orang tercinta di keluarga bukanlah hal yang sulit dan mustahil. Cukup duduk manis di depan layar laptop atau smartphone, pastikan jaringan internet aktif, lalu membuka browser dan mulai menelusuri dengan kata kunci atau keyword yang dibutuhkan, misalnya: jasa perawat, cari perawat, perawat lansia, perawat anak, perawat orang sakit, dan lain sebagainya. Maka pada saat itu juga, seketika berbagai pilihan jawaban atas informasi yang kita butuhkan akan tersedia secara otomatis. 

Pertanyaan: Memangnya ada agensi atau penyedia jasa layanan perawat yang dapat dengan mudah dicari dalam genggaman smartphone atau laptop? Lalu bagaimana dengan profesionalitasnya? Apakah tepercaya dan bisa diandalkan?
Jawaban: Tentu saja ada. Segala kebutuhan dan informasi tentang jasa perawat dan layanan keperawatan dalam dunia medis dapat kita wujudkan bersama Insan Medika, Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia.

Insan Medika, Solusi Jasa Perawat untuk Orang Tercinta

Mengenal Insan Medika, Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Anda pernah mendengar tentang Insan Medika sebelumnya?

Insan Medika merupakan suatu perusahaan agency Home Care terbesar di Indonesia sekaligus perintis Home Care berbasis digital pertama di Indonesia. Insan Medika menghadirkan layanan Home Care Live-In 24 Jam yang melayani seluruh kota besar di Indonesia. Layanan Live-In yang ditawarkan oleh Insan Medika mulai dari Perawat Anak, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit hingga Perawat Medis.

Insan Medika juga memiliki layanan premium ICU, perawat home care 24 jam untuk pasien medis dan non medis, perawat bagi lansia Alzaimer & Dementia, Home visit mulai dari perawat, bidan, hingga dokter, serta layanan wisata medis. Insan Medika yang bernama lengkap PT. Insan Medika Persada ini juga terkenal sebagai Home Care dengan perawat profesional yang bekerja dengan baik dan merawat pasien dengan sepenuh hati. Bahkan di laman situsnya insanmedika.co.id, Anda akan menemukan deretan kalimat sebagai berikut:

“Kami memiliki layanan Home Care Live-In terbaik di Indonesia. Kami memahami kebutuhan Anda untuk merawat keluarga Anda terkasih dengan profesional dan sepenuh hati kapan pun dan di mana pun berada.” – Insan Medika

 

How many stars for this post?

105 Komentar

Riki Pandani · Agustus 16, 2019 pada 11:42 pm

Artikelnya bangfirman.com selalu enak dibaca. Jadi senang mampir ke blog ini. Hehehe ..
Ini juga artikelnya tentang perawat home care, bermanfaat banget untuk kita yang sibuk bekerja tapi ingin memberikan yang terbaik bagi orang tercinta di rumah. 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:19 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya kunjungannya. Semoga bermanfaat tulisannya. 🙂

    Like it?

Siti Azizah · Agustus 17, 2019 pada 12:03 am

Wah, ternyata ada ya website khusus penyedia jasa perawat seperti ini. Baru tau nih Insan Medika. Bisa jadi rekomendasi bagus. Terima kasih, Bang Firman tulisannya. Bermanfaat banget! 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:20 am

    Sama-sama ya. Terima kasih juga atas kunjungannya. Semoga bermanfaat. 🙂

    Like it?

Khairul Ilham · Agustus 17, 2019 pada 8:24 pm

Ohh ternyata ada ya Jasa Perawat lewat online. Kayaknya Insan Medika recommended nih!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:22 am

    Benar! Ada dong. Insan Medika namanya. Memang Insan Medika layak jadi rekomendasi penyedia jasa perawat home care. 🙂

    Like it?

Ahmad Faris · Agustus 17, 2019 pada 9:21 pm

Insan Medika keren banget ya …
Pernah baca juga di internet, sejarah terbentuknya sangat inspiratif …
Sukses terus Insan Medika …

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:23 am

    Iya, betul. Awal mula mereka memulai bisnis Insan Medika memang inspiratif. Bisa dibaca juga di websitenya. 🙂

    Like it?

nazwa alfinouza · Agustus 18, 2019 pada 9:13 am

keren : )
saya suka semua isi blognya ustad..
bermanfaat juga

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:23 am

    Alhamdulillah. Syukron ya, Nazwa. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. 🙂

    Like it?

fajrydzhilly · Agustus 18, 2019 pada 9:16 am

wow, harus buru2 ada orang yg dicintai nih wkwkwkw

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:24 am

    Hahahahaa. Bisa aja, Kakak. By the way, terima kasih ya kunjungannya.

    Like it?

nabilah azzahra · Agustus 18, 2019 pada 9:17 am

wow hebat ustz tulisannya rekomendasi banget nihhh buat kita yg lagi nyari jasa kesehatan ….. gaperlu ke rumah sakit tinggal telepon

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:25 am

    Betul sekali, Nabilah. Sekarang zamannya digital, dan jadi serba mudah kan? 🙂

    Like it?

nanel · Agustus 18, 2019 pada 9:18 am

nggak nyesel buka blog ini, bacaannya sangat bermanfaat:)

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:27 am

    Alhamdulillah. Thank you, Kakak Nanda. Hehehe. Semoga bermanfaat bagi para pembaca ya. Aamiin.

    Like it?

ab.shafa · Agustus 18, 2019 pada 9:18 am

wokehhhhh..idamann

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:27 am

    Apa dan siapa nih yang idaman? Insan Medikanya atau saya? Hehehe …

    Like it?

ferlin · Agustus 18, 2019 pada 9:20 am

wah,semoga dr santri ada yang bisa mneruskannya nanti(:

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:29 am

    Aamiin Yaa Rabb … Terima kasih kunjungannya ya. 🙂

    Like it?

rizaldy · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

artikelnya lumayan mantap………josss!!!!!!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:28 am

    Terima kasih, Kakak Rizaldy. Semoga bermanfaat juga ya. Aamiin.

    Like it?

bunayyahya · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

good recommendation… inspiratif, pengalaman yang membangun semangat.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:45 am

    Alhamdulillah. Insan Medika is really good choice.
    Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya. Semoga bermanfaat. 🙂

    Like it?

arinsyae · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

menarik buat d zaman seperti ini,, sangat bermanfaat!!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:48 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya kunjungan dan komentarnya. 🙂

    Like it?

broth · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

upin ipin main ke sawah.. wahhhhh ,, inspiratif,experience is the best teacher

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:55 am

    Semoga bermanfaat tulisannya. Dan terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ya. 🙂

    Like it?

sabina · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

wow , hebat banget artikelnya jadi selalau nungguin yang terbaru lagi nih… semangat terus

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:56 am

    Wah! Terima kasih banyak ya. Semoga bisa konsisten untuk menulis hal-hal yang bermanfaat. Aamiin.

    Like it?

Naufal Ridho · Agustus 18, 2019 pada 9:21 am

menakjubkan,,,,,,,teruskan ustadz,,:)

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:56 am

    Terima kasih. 🙂
    Semoga bermanfaat ya.

    Like it?

struggle · Agustus 18, 2019 pada 9:22 am

bagus………dan enak dibaca!!!!!!

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:49 am

    Wah! Senang sekali. Terima kasih ya. 🙂

    Like it?

Rafa · Agustus 18, 2019 pada 9:22 am

makasih bang firman infonya , recommed bngt nih keanya

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 1:04 am

    Sama-sama. Iya, Insan Medika memang recommended kok sebagai jasa perawat home care terbaik. 🙂

    Like it?

Muhammad Jibril · Agustus 18, 2019 pada 9:23 am

Bang Firman Is the best Blogger… semangat terus untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi ummat…

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 1:02 am

    Aaamiiiin Yaa Allah. Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan komentar ya. 🙂

    Like it?

navira · Agustus 18, 2019 pada 9:24 am

ternyata insan medika bermanfaat banget ya .. sukses trus ustadz ..

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:50 am

    Iya, memang Insan Medika bisa jadi pilihan tepat!
    Aamiin. Terima kasih kunjungan dan komentarnya ya. 🙂

    Like it?

rizky kurnia · Agustus 18, 2019 pada 9:24 am

wahhh keren banget nih insan medika … 🙂
makasih bang firman

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:59 am

    Benar! Insan Medika memang keren dan terbaik. Hehehe.
    Sama-sama. Terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya ya. 🙂

    Like it?

aisyah raya · Agustus 18, 2019 pada 9:25 am

upin ipin maen ke sawah,,,
uwahhhhhhh……..
makasih bang atas info nya -_-

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 1:05 am

    Hahaha… ini kok agak memaksa ya pantun dan emotnya di akhir. Hehe.
    Semoga bermanfaat ya tulisannya. 🙂

    Like it?

mila · Agustus 18, 2019 pada 9:25 am

masyaallah bang tetap tabah dengan cobaan yg hadir…saya salut dengan perjuangan bang firman,yg sudah di biasakan hidup mandiri sejak kecil.semangat terus dalam meraih kesuksesan yg sudah hadir di depan mata.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:51 am

    Masya Allah. Syukron atas komentarnya ya. Semuanya punya jalan dan cerita hidup masing-masing. Semoga bermanfaat cerita dan ulasannya ya. 🙂

    Like it?

kezora khofiya · Agustus 18, 2019 pada 9:25 am

saya bangga punya ustad seperti ustad firmansyah yang selalu eksis berkreasi dibidang yang disukainya hingga ke luar pondok.selain bisa menambah penghasilan,pengalaman kita pun bertambah.saya harap,saya bisa menjadi seperti ustad,baik sama ataupun berbeda bidangnya.mohon doanya ustad 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 1:01 am

    Wah! Alhamdulillah. Terima kasih banyak dukungannya ya, Kezora. Terharu saya bacanya.
    Semangaaaatt… Apa pun yang ingin digapai selama itu baik dan tidak merugikan orang lain, maka kejarlah.

    Terima kasih ya kunjungan dan komentarnya. 🙂

    Like it?

ahmad bahrul · Agustus 18, 2019 pada 9:29 am

mantappp josss

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:54 am

    Terima kasih, Kakak.

    Like it?

Wii · Agustus 18, 2019 pada 9:31 am

Makasih bang infonya,, Insan Medika sangat membantu, dan bermanfaat banget buat kita yang sibuk dengan pekerjaan tetapi ingin memberikan yang terbaik buat orang tersayang dirumah. Recommended bangett nihh

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:58 am

    Nah ini! Benar sekali. Setuju. Insan Medika memang tepat dijadikan pilihan partner tepercaya untuk menjaga dan merawat orang tercinta di rumah. 🙂

    Terima kasih ya kunjungan dan komentarnya.

    Like it?

gangga · Agustus 18, 2019 pada 11:01 am

🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:51 am

    Terima kasih. 🙂 🙂

    Like it?

uvi · Agustus 18, 2019 pada 11:06 am

bermanfaat bgt infonya, sukses ustadz 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:52 am

    Alhamdulillah. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya ya. 🙂

    Like it?

aulia lateef · Agustus 18, 2019 pada 11:07 am

alhamdulillahh,, kehadiran insan medika sangat membantu saya dalam menjaga kefokusan merantau untuk menuntut ilmu

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:53 am

    Subhanallah walhamdulillah. Semoga niat baiknya untuk menuntut ilmu dan merantau bisa terbantukan dengan hadirnya Insan Medika ya sebagai partner tepercaya untuk merawat keluarga. 🙂

    Like it?

I'M 7 · Agustus 18, 2019 pada 11:09 am

Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dan enak untuk dibaca. Mantaplah pokoknya, dan semua artikel-artikelnya pun menarik, sukses terus buat ustad semoga allah selalu memantapkan setiap jalan dan impian yang ustad tapaki.

” kebersamaan keluarga menjadi sempurna, manakala senyuman tiap orang di dalamnya penuh dengan keikhlasan dan saling menyayangi”.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:47 am

    Bersyukur sekali bila tulisannya demikian. Semoga bermanfaat ya.
    Terima kasih do’anya. Aamiin. 🙂

    Like it?

Super · Agustus 18, 2019 pada 11:13 am

Mantulll artikelnya, bermanfaat banget

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:48 am

    Terima kasih ya atas kunjungan dan komentarnya. 🙂

    Like it?

hirzi · Agustus 18, 2019 pada 11:13 am

wah ustad makasih atas infonya

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:54 am

    Iya. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya. 🙂

    Like it?

aqila nurfithria · Agustus 18, 2019 pada 11:13 am

bagus tad artikelnya… isi blognya juga bermanfaat jadi mau lama-lama stay disini 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:46 am

    Wah! Alhamdulillah. Syukron ya, Aqila. Semoga bermanfaat tulisannya dan betah berlama-lama di blog saya ya. Hehehe

    Like it?

weyyy · Agustus 18, 2019 pada 11:14 am

mntabbbb

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:45 am

    Syukron. 🙂

    Like it?

RD · Agustus 18, 2019 pada 11:14 am

thank you for the information

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:44 am

    You’re welcome, boy!
    Thanks for visiting and reading …

    Like it?

Rangga Saputra · Agustus 18, 2019 pada 11:14 am

anjaay the best recommended for our health in this era

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:41 am

    Yes. Insan Medika is very good recommendation for taking care our beloved ones. 🙂

    Like it?

A'do tercinta 2F 1617 · Agustus 18, 2019 pada 11:15 am

wahh… sungguh bermanfaat blog yang ditulis oleh bang Firman. sebagai seorang guru, bang firman masih sempat menulis blog yang extraordinary, walau terkadang harus menghadapi murid yang luar biasa nakal. suksess terus bang……….

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:42 am

    Hahaha … Bisa saja nih!
    Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan membaca tulisannya ya.
    Semoga bermanfaat. 🙂

    Like it?

firza · Agustus 18, 2019 pada 11:15 am

recomended nih buat dibaca

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:43 am

    Betul sekali, Kakak. Monggo di-share. 🙂

    Like it?

astinmanda · Agustus 18, 2019 pada 11:16 am

semangat terus ustadz buat…. semoga karyanya selalu menjadi yang terbaik dari yang terbaik 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:40 am

    Alhamdulillah. Aamiin Yaa Rabb.
    Terima kasih ya, Astin. Semoga tulisannya bermanfaat. Aamiin.

    Like it?

safira · Agustus 18, 2019 pada 11:16 am

the best dah pokoknya……

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:40 am

    Insan Medika memang paling terbaik kok. Hehehe.
    Namanya juga jasa perawat home care terbaik di Indonesia. 🙂 🙂 🙂

    Like it?

yasmin · Agustus 18, 2019 pada 11:16 am

artikelnya bermanfaat banget ustad…. sukses selalu ustad 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:39 am

    Wah, Alhamdulillah. Aaamiiin.
    Terima kasih atas kunjungannya ya. 🙂

    Like it?

hardi · Agustus 18, 2019 pada 11:17 am

semua bacaanya bermanfaat khusunya bagi tulisan yang ini

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:38 am

    Alhamdulillah. Terima kasih ya, Hardi.
    Semoga tulisannya bermanfaat. Aamiin.

    Like it?

kanzi · Agustus 18, 2019 pada 11:18 am

wah bagus banget ustad infonya lebih praktis yah….emang jaman sekarang serba canggih yah… teruskan ustad firman semoga selalu sukses dan selalu di ridhoi allah di setiap jalan ustad

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:37 am

    Iya. Zaman serba digital sudah selayaknya mempermudah urusan kita, kan?
    Aamiin. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca ya. 🙂

    Like it?

difa ardini · Agustus 18, 2019 pada 11:19 am

insan medika emang terbaik…
makasih ustad firman atas infonya…

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:36 am

    Benar! Insan Medika memang jasa perawat home care terbaik. 🙂
    Sama-sama. Terima kasih juga atas kunjungannya ya.

    Like it?

JUN-4- · Agustus 18, 2019 pada 11:20 am

BEDEUHHH… Seorang guru Berjiwa blogger

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:34 am

    Alhamdulillah. Selama bermanfaat dan tidak merugikan orang lain. Why not? Iya, kan? 🙂
    Terima kasih kunjungannya ya.

    Like it?

NURRIZQI · Agustus 18, 2019 pada 11:22 am

menurut saya keluarga adalh segalanya
dan ini mengajarkan kita untuk saling menyayangi terhadap keluarga..

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:33 am

    Benar! Sesibuk apa pun kita, kita harus tetap ingat tempat kembali, yaitu rumah.
    Tempat di mana keluarga dan orang tercinta berkumpul … 🙂

    Like it?

Buu · Agustus 18, 2019 pada 11:22 am

Informasi yang sangat saangat berguna sangat Sukses terus yak

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:33 am

    Alhamdulillah. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. 🙂

    Like it?

fidini dian · Agustus 18, 2019 pada 11:23 am

terimakasih ustad atas info bermanfaatnya yang sangat recommended , sukses terus ustad buat karya2 kedepannya.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:32 am

    Thank you so much, Fidini. Semoga bermanfaat ya tulisannya.
    Aamiin …

    Like it?

muflihatul azizah · Agustus 18, 2019 pada 11:25 am

ceritanya bagus dan mengandung banyak manfaat..
semangat ustad semoga tetap dilancarkan urusannya dan bermanfaat bagi masyarakat

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:31 am

    Wah, terima kasih sudah berkunjung dan membaca ya.
    Aamiin. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

    Like it?

Rfii · Agustus 18, 2019 pada 5:27 pm

makasi bang infonya,,,, ane baru tau ada jasa perawaan ini,,,, tinggal telpon aja g prlu ke rumah sakit. Recommended buat yang sibuk ama pekerjaannya….

Like it?

    Firmansyah · Agustus 25, 2019 pada 12:30 am

    Betul! Insan Medika memang sangat recommended bagi setiap keluarga yang sibuk dengan pekerjaan, namun tetap ingin memberikan yang terbaik bagi orang tercinta. 🙂

    Like it?

Muhammad Damas · Agustus 25, 2019 pada 7:53 pm

Keren ya Insan Medika. Makasih infonya, Bang … 🙂

Like it?

    Firmansyah · Agustus 27, 2019 pada 1:09 pm

    Sama-sama. Terima kasih sudah membaca dan berkomentar ya. 🙂

    Like it?

Nissa AMS · Agustus 26, 2019 pada 10:38 pm

Kagum sama orang yang mendirikan Insan Medika, dia bias melihat peluang dari kesibukan orang-orang jaman now yang masih tetap ingin memberikan perhatian pada keluarganya, salah satunya dengan memberikan pelayanan perawat home care ini.

Like it?

    Firmansyah · Agustus 27, 2019 pada 1:08 pm

    Betul, Mbak. Sangat menginspirasi. Terima kasih sudah berkunjung ya. 🙂

    Like it?

Joe Candra · Agustus 28, 2019 pada 5:48 pm

Mantabbb inovasinya nih bang, sesuai dengan era nya saat ini yess serba digital hehe

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This
error: Oops! Sorry. The content is protected :)