Halo Sobat Bang Firman’s Blog …

Anda pernah berwisata ke Bali? Jenis wisata apa yang paling Anda sukai di Bali? Sebagian besar turis, baik domestik atau mancanegara sepertinya akan memberikan jawaban yang sama yaitu Wisata Pantai sebagai destinasi wisata paling disukai selama di Bali. Namun, tentunya salah besar jika kita hanya mengandalkan pantai dan laut sebagai satu-satunya pilihan berwisata di Bali.

Karena ketika berlibur ke Bali, kita juga bisa menikmati liburan dengan cara yang lain, tidak melulu berjemur di tepi pantai, menikmati sunrise dan sunset, berenang atau berselancar. Nah, jenis wisata lain yang bisa kita nikmati juga selama di Bali adalah wisata budayanya. Salah satu spot wisata budaya di Bali yang semakin diminati oleh wisatawan adalah wisata budaya di Klungkung, Bali. 

Sumber: www.balitourismboard.org

Klungkung merupakan kabupaten terkecil di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini sangat tenang dan anda tidak akan menemukan kemacetan, serta polusi udara di Klungkung, Bali. Jadi masih bisa dikatakan bersih. Jika Anda berkunjung ke daerah Klungkung, Anda akan menjumpai beberapa tempat wisata yang menarik dan indah. Yang akan membuat Anda terpesona adalah keramahtamahan dari pada penduduk daerah Klungkung. Siapa yang tidak senang berkunjung ke daerah yang memiliki masyarakat yang ramah.

Seperti kabupaten lainnya daerah Klungkung juga memiliki banyak tempat wisata. Selain banyak pilihan aktivitas liburan, ada juga kuliner khas yang menjadi daya tarik daerah ini. Salah satunya wisata yang ada di kota Semarapura, Klungkung adalah Kerta Gosa. Wisata Kerta Gosa yang memiliki nilai sejarah dan beberapa tempat wisata lainnya.

Puri Klungkung, Kerta Gosa & Taman Gili

Istana kerajaan Klungkung disebut dengan Puri Klungkung atau Puri Agung Semarapura. Kerajaannya sendiri sudah tidak ada lagi karena sudah hancur akibat perang puputan kerajaan Klungkung melawan kolonial Belanda waktu itu.

Taman Gili Kerta Gosa. Sumber: www.balitourismboard.org

Namun, Anda masih tetap bisa berkunjung ke Puri Klungkung. Hal ini dikarenakan masih ada tempat yang bias Anda lihat, Kerta Gosa dan Taman Gili namanya. Kerta Gosa merupakan bangunan yang memperlihatkan keunikan dari arsitektur Bali. Kerta Gosa juga merupakan bagian dari kerajaan Klungkung. Didalam Kerta Gosa terdapat tiga bangunan utama, yaitu bale kertha gosa, bale kambang, dan medal agung (pintu yang megah di kerajaan Klungkung).  Pengunjung yang ingin masuk ke area bangunan bale kambang harus melewati jembatan yang terbuat dari batu-bata. Didalam Kerta Gosa dan Bale Kambang terdapat banyak lukisan wayang yang menceritakan karma pahala. Hal ini lah yang membuatnya berbeda dengan tempat bersejarah lainnya.

Pasar Seni

Sumber: YouTube

Pasar Seni Semarapura dikenal oleh banyak wisatawan yang menyukai koleksi kain dari Bali seperti kain Endek dan kain Songket Bali. Kain tersebut merupakan kain tenun khas Klungkung. Kain Klungkung ini cukup mahal harganya karena memang kainnya berkualitas tinggi dan merupakan hasil buatan sendiri dari masyarakat Klungkung, Bali.

Pura Taman Sari Klungkung

Wisata Pura Taman Sari Klungkung merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi. Di sini Anda dapat melihat sejarah Klungkung dan menikmati suasana zaman dulu. Pura Taman Sari berada, berada di kompleks pura yang berjejer dengan 2 pura lainnya yaitu Pura Segening dan Pura Penataran. Bagi Anda yang menyukai wisata budaya, Anda pasti menyukai Pura Taman Sari ini.

Sumber: bali.panduanwisata.com

Selain wisata sejarah, Klungkung juga memiliki wisata pantai. Memang pantai di Klungkung tidak memiliki pasir putih, melainkan pasir kehitaman. Namun, keaslian dari pantai ini masih terjaga karena tidak banyak terjamah oleh wisatawan. Adapun pantai yang berada di Klungkung antara lain Pantai Kusamba, Pantai Lepang dan Pantai Watu Klotok.

Tidak hanya tempat wisata saja yang menjadi incaran di Klungkung. Tetapi makanan khas Klungkung juga ada dan wajib Anda cicipi pada saat mengunjungi Klungkung. Sebut saja Serombotan, makanan ini merupakan campuran dari berbagai sayur–sayuran dengan penyajian sederhana. Sayuran yang digunakan adalah sayur kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Serombotan dapat disajikan dengan beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang ijo, kacang tanah, dan kacang hitam.

Masih banyak hal yang dapat Anda temukan di Klungkung. Apabila Anda penasaran, Anda dapat mengunjungi traveloka.com untuk mengetahui informasi tempat wisata sekaligus membeli tiket ke tempat wisata tersebut. Dengan informasi dan rekomendasi yang cukup, maka Anda dapat bersiap untuk berlibur ke Klungkung, Bali.

Selamat berlibur dan bersenang-senang, Sobat!

Terima kasih. 

How many stars for this post?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

error: Oops! Sorry. The content is protected :)