Halo Sobat Bang Firman’s Blog

Mengawali tulisan saya kali ini, saya mau curhat tentang ‘sesuatu’, boleh ya? Hehe…

To the point aja deh, ‘sesuatu’ yang dimaksud adalah benda yang setiap harinya menjadi benda pertama yang dicari-cari saat bangun tidur, benda yang selalu melekat di tangan atau paling tidak selalu ‘nyempil’ di saku baju, celana atau pun tas, benda yang katanya juga bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Waduuuh… 

Ya, apalagi namanya kalau bukan smartphone! Apapun itu sebutannya saat ini, mau smartphone, ponsel atau handphone, hebatnya benda ini menjadi benda penting yang mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana pun, smartphone itu memang sangat penting untuk membantu kita dalam memaksimalkan aktivitas dan keseharian kita. Coba deh dipikir baik-baik, pada zaman now ini kayaknya gak ada pekerjaan yang gak membutuhkan smartphone. Iya, kan? Bahkan seorang nelayan atau petani sekalipun pasti butuh peran canggih dari smartphone untuk memudahkan rutinitas mereka. Betul, kan? Setuju, kan?

Baiklah, kembali saya ingatkan, semoga kalian semua bersedia dan tidak keberatan membaca dan menyimak tulisan curhatan saya kali ini ya. Pleaseeee … 

Ceritanya pada bulan Agustus lalu, saya terpilih menjadi blogger perwakilan provinsi Banten pada event Writingthon Asian Games 2018 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Event ini pada dasarnya merupakan kompetisi blog yang bertujuan untuk mengadakan kegiatan karantina kepenulisan buku dan mengikuti berbagai rundown acara lainnya dalam rangka memeriahkan dan mendukung bersama suksesnya perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. 

Singkat cerita, salah satu hadiah yang dijanjikan dan juga menjadi agenda yang paling ditunggu oleh semua blogger terpilih adalah undangan dan kesempatan untuk menonton secara langsung Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Tetapi, belum selesai kabar gembira itu disampaikan oleh panitia, informasi selanjutnya malah membuat saya galau dan gelisah, yaitu larangan membawa kamera DSLR atau Mirrorless ke dalam stadion. Protes pun percuma, karena hasilnya nihil. Demi menjaga nama baik acara, panitia dan juga blogger-blogger lainnya serta tidak ingin dibuat ribet nantinya karena masalah kamera ini, akhirnya dengan berat hati saya pun mengikhlaskan masuk ke Arena Gelora Bung Karno tanpa membawa kamera dan terpaksa meninggalkannya di bus. 

Salah satu alasan mengapa saya begitu mengandalkan kamera Mirrorless adalah karena kemampuan kamera smartphone yang saya miliki tidak secanggih yang ditawarkan kamera Mirrorless, belum lagi masalah kapasitas penyimpanan memori yang sangat terbatas di smartphone yang saya miliki saat ini. Huft …

Foto di dalam stadion yang saya ambil sore hari 2 jam sebelum acara dimulai dan sebelum akhirnya smartphone saya mati. 🙁

Hadeeehh… pokoknya kejadian ini bikin saya menyesal bahkan sampai saat ini. Cukup menyesal karena tidak memiliki smartphone yang canggih dan bisa diandalkan untuk segala urusan. Selain masalah kamera, smartphone saya pun memiliki masalah pada daya tahan baterainya. Membuat saya sedikit badmood bahkan sebelum acara dimulai. Bayangkan, pada momentum Opening Ceremony Asian Games 2018 yang spektakuler dan berhasil membius jutaan penonton tersebut, orang lain di stadion dengan cerianya mengdokumentasikan setiap momen istimewa yang terjadi di dalam stadion dengan smartphone mereka masing-masing.  Sedangkan saya? Bisa tebak apa yang saya lakukan?

“Matiin, Nyalain. Matiin Lagi, Nyalain Lagi. Eh ada momen bagus, ON lagi smartphone nya, trus OFF lagi dan begitu seterusnya sampai smartphone saya low battery dan mati.” 

Saya sibuk sendiri dengan menyalakan dan mematikan smartphone selama acara berlangsung, itu semua demi menghemat baterai smartphone. Huaaaaaa…. 🙁 Menyedihkan sekali, kan?

Fix! Fix! Fix! Saya butuh smartphone baru!

Oke, jadi sekarang sudah tau ya bagaimana curhatan saya tentang smartphone yang saya punya dan bagaimana drama yang terjadi antara saya dan smartphone selama acara Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung. Jadi, inilah saat yang tepat untuk #2018GantiSmartphone #2018PunyaSmartphoneImpian.

Sebagai seorang blogger, memiliki sebuah smartphone dengan spesifikasi yang canggih dan andal tentu dapat memaksimalkan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari agar lebih profesional. Ibaratnya, sebuah smartphone canggih itu seperti investasi yang bisa digunakan untuk pekerjaan dalam jangka waktu yang lama.

Berdasarkan pengalaman menjengkelkan yang saya rasakan ketika event Asian Games 2018 kemarin, saya jadi memiliki pertimbangan saat ingin memiliki smartphone baru. Mulai dari fitur yang bagus, kamera yang canggih, kapasitas penyimpanan yang besar, daya tahan baterai yang kuat, performa prosesor dan RAM yang mumpuni dan tangguh serta pastinya penampilannya yang keren sehingga menambah kepercayaan diri. Selain itu faktor harga juga menjadi penentu saya memiliki dan membeli smartphone baru. Faktor-faktor tersebut lah yang menjadi penentuan bagi saya dalam memilih smartphone.

Lalu, apa smartphone yang cocok dan sesuai dengan aktivitas saya yang dinamis?

Bak gayung bersambut, awal September lalu ketika sedang scrolling news feeds di Instagram, saya dapat informasi bahwa Oom Yahya, Blogger Senior yang sering menulis artikel seputar IT di blognya, mengumumkan melalui akun media sosial dan blognya bahwa akan mengadakan lomba blog berhadiah 3 buah smartphone Huawei keluaran terbaru, yaitu Huawei Nova 3i

Dan setelah saya baca informasi lengkap tentang lombanya di blog Oom Yahya (yahyakurniawan.net), spesifikasi dan penampilan Huawei Nova 3i ini sangat sesuai dan pas dengan ekspektasi yang saya inginkan sebagai smartphone impian. Segala keunggulan yang dimiliki smartphone ini sukses membuat saya semakin tergiur dan ingin segera meminangnya. Uhuyyy… *ciyee… kupinang kau dengan Bismillah. Aaamiiin…

Apalagi setelah melihat foto-foto Huawei Nova 3i ini dari berbagai sisi dan angle ditambah dengan gaya model-model yang memperagakannya dengan charming dan kece sukses membuat saya semakin penasaran. Whooaaaaa…. ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Oom Yahyaaaa… tunggu saya menjemput si cantik Nova ini ya. 

Oke, Fix! Jadi, karena Oom Yahya dan Huawei sudah terlanjur membuat saya penasaran sekaligus membuat saya gelisah karena memikirkan bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan si cantik Huawei Nova 3i ini, maka saya sudah planning untuk survei dan merasakan Huawei Nova 3i Experience secara langsung. 

So, saya putuskan untuk datang ke Erafone Store di salah satu supermall di Tangerang untuk mewujudkan planning saya bertemu si cantik Huawei Nova 3i ini. Kenapa ke Erafone Store? Karena Erafone Store adalah salah satu toko partner resmi penjualan smartphone Huawei, khususnya yang sedang hits dan trending saat ini yaitu Huawei Nova 3i. Gak percaya? Buktikan dan lihat saja langsung ke laman website Huawei di https://consumer.huawei.com/id/ atau lihat foto screenshot saya di bawah ini.

Screenshot dari halaman website Huawei Indonesia

Selamat datang di Erafone”, suara beberapa staf Erafone dengan ramah dari dalam menyambut. Saya dipersilahkan untuk melihat-lihat sejenak mana smartphone yang disuka.

“Yang dipegang itu Huawei Nova 3i, kak. Sedang hits sekali penjualannya. Spesifikasinya sudah baik. Kalau boleh tahu sering pakai smartphone buat apa aja, kak?” tanya Mbak Gina, Staf dari Huawei yang dari awal sampai akhir menemani saya selama experience secara langsung ini. Saya pun menjelaskan kebutuhan saya sebuah smartphone yang memiliki kualitas kamera baik, kemampuan multitasking, performa juga mumpuni dan bisa diandalkan termasuk daya tahan baterai.

Perlu diketahui, berdasarkan fakta yang ada di seluruh dunia, Huawei merupakan salah satu dari tiga produsen smartphone terbesar di dunia, bahkan peringkatnya terus beranjak naik meninggalkan para pesaingnya. Dan semakin lama, Huawei semakin menyadari bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan smartphone berkualitas dengan spesifikasi yang handal sehingga dapat berjalan harmonis dalam kehidupan sehari-hari.

Saya begitu tertarik dengan Huawei Nova 3i karena dari segi penampilan saja, si cantik Nova 3i ini sudah menunjukkan penampilan yang memukau dengan warna dan bahan yang diusung pada bodinya, keren dan eksklusif.

Selain itu, kamera canggih yang ditawarkan sangat mendukung hobi saya, blogging dan traveling yang sering mengumpulkan momen lewat foto dan tulisan, kemudian fungsi kecepatan RAM dan juga prosesor yang mumpuni pada smartphone juga sangatlah penting. Setelah diberi kesempatan untuk hands-on sejenak bersama Nova 3i, saya banyak mendapat informasi yang penting untuk dibagikan.

Melihat spesifikasi lengkapnya secara sekilas, saya amat yakin Huawei Nova 3i ini mampu memberikan saya pengalaman menggunakan smartphone yang berkualitas, canggih dan bisa diandalkan untuk membantu saya dalam memaksimalkan aktivitas sehari-hari. 

Kira-kira seperti apa yang bisa dilakukan Huawei Nova 3i dalam mendukung dan memaksimalkan aktivitas saya sehari-hari?

Sebagai seorang blogger yang memiliki gaya hidup dinamis dan sering bertemu banyak orang, memiliki Huawei Nova 3i ini pastinya akan menambah tingkat kepercayaan diri berkali-kali lipat. Pasalnya, Huawei Nova 3i menyediakan tiga pilihan warna yang super keren yaitu, Black dan Iris Purple dan Camaro. Apalagi yang Iris Purple, model warna gradasi biru dan ungu pada bagian punggung ini memang tengah hits di kalangan milenial saat ini dan terbukti keren serta mencuri perhatian.

Dengan corak warna gradient color yang indah di kaca belakang dan bingkai metal yang terletak di tengah, kita akan menikmati pengalaman visual dan penggunaan ponsel Android yang luar biasa. Spesifikasi Huawei Nova 3i dengan layar 6,3 inch FHD+ (2340 x 1080) juga memberikan pandangan yang luas namun tetap pas di saku kita. 

Seperti curhatan yang saya tuliskan di awal, masalah kamera smartphone ini penting banget buat saya. Karena ketika di momen-momen spesial tertentu yang tidak memperbolehkan membawa kamera DSLR atau pun mirrorless, pastinya saya akan lebih merasa tenang seandainya smartphone yang saya pegang punya kualitas kamera yang canggih dan bisa diandalkan.

Memang seberapa canggih sih kamera Huawei Nova 3i? Jadi, Huawei Nova 3i memiliki empat kamera AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan yang berukuran 24 MP + 2 MP di bagian depan dan 16 MP + 2 MP di belakang, Fitur dua kamera depan dapat memperindah foto selfie dengan algoritme canggih agar tetap menjadi alami dan menarik. Selain itu, dengan teknologi AI scenery recognition yang kuat dapat menyesuaikan lingkungan agar sesuai dengan keadaan atau penampilan kita sewaktu selfie.

Fitur-fitur yang tersedia pada kamera Huawei Nova 3i. Sumber: https://consumer.huawei.com/id/phones/nova3i/

Fitur dua kamera belakang Huawei Nova 3i yang berukuran 16 MP + 2 MP dengan aperture f/2.2 menciptakan efek bokeh profesional dan alami. Spesifikasi Huawei Nova 3i diperkuat oleh algoritma AI yang didorong pengetahuan lebih dari 100 juta gambar. AI Huawei Nova 3i mampu mengingat 22 kategori dari 500+ momen, dan menyediakan hasil potret yang dioptimalkan. Dengan AI di Smartphone Huawei, kita dapat dengan mudah merekam momen momen indah.

Kalau kameranya sudah canggih, hasil jepretannya bagus-bagus. Pasti bakal bete kalau pas tau ternyata memori penyimpanan smartphonenya kecil. Tapi tenang aja, itu kayaknya gak bakal terjadi di Huawei Nova 3i ini. 

Karena kapasitas penyimpanan yang dimiliki Huawei Nova 3i ini super besar. Buktinya lihat aja foto di atas. Tidak tanggung-tanggung, Huawei Nova 3i ini memberikan ruang space penyimpanan sebesar 128 GB. Wow! Wah ini sih benar-benar memaksimalkan aktivitas saya sebagai blogger nih, karena saya suka mengdokumentasikan kegiatan dalam bentuk foto dan video. 

Untuk mengusir kejenuhan saat blogging atau biar gak ketinggalan zaman, bermain game bisa jadi pilihan pastinya. Supaya lancar bermain game, prosesornya pasti harus mumpuni. Bila perlu punya kemampuan boost performa saat dipakai bermain game. Nah Huawei Nova 3i ini tangguh banget karena berperforma gaming dengan GPU Turbo.

Dalam rangkaian game AI yang dipadukan dengan teknologi GBU Turbo, Huawei Nova 3i bahkan akan segera merilis kemampuan chipset untuk mencapai respon yang cepat. Transisi yang lembut antara 4G dan Wi-Fi memberikan pengalaman yang mulus, bahkan ketika jaringan Ponsel Android mengalami penundaan. Selain itu, bisa juga diaktifkan mode uninterrupted gaming di Huawei Nova 3i untuk menyembunyikan semua notifikasi. Jadi, main game nya lebih tenang deh. Hehehe…

Seperti pengalaman Writingthon Asian Games 2018 yang lalu, mood saya akan seketika berubah menjadi sangat buruk karena masalah daya baterai pada smartphone yang saya pakai. Karena saya tipe yang kurang suka menggunakan power bank, jadi saya benar-benar hanya mengandalkan kekuatan baterai smartphone. 

Dan ketika hands on Huawei Smartphone Nova 3i ini, sepertinya masalah tentang daya tahan baterai bukanlah kendala berarti. Karena beruntungnya Huawei Nova 3i ini didukung dengan kekuatan baterai sebesar 3.340 mAh dengan 5 V / 2 A pada chargernya. Ditambah adanya dua fitur mode hemat daya, yaitu mode hemat daya dan mode hemat daya ultra.

Terakhir, jika disimpulkan keseluruhan spesifikasi Huawei Nova 3i ini, saya bisa katakan kalau smartphone ini punya spesifikasi yang mumpuni dan lengkap sehingga cocok saya jadikan pilihan sebagai smartphone impian tahun 2018 ini.

Mulai dari penampilan luar yang mengusung bodi metal dan kaca, lalu dari bagian dalam Huawei Nova 3i yang dijalankan dengan CPU Processor Huawei Kirin 710 dengan Android versi 8.1.0 Oreo serta kekuatan RAM sebesar 4 GB. Kemudian, dari segi konektivitas, kemampuan sensor, jaringan hingga urusan audio dan video, Huawei Nova 3i ini juga sangat mumpuni dan menjanjikan. 

Nah, bagaimana? Keren banget kan Huawei Nova 3i ini?

Bagi saya, Huawei Nova 3i ini layak dimiliki sebagai smartphone layar lebar dengan desain penampilan dan performa yang mengagumkan. Apalagi kalau digunakan sebagai daily driver para blogger atau kalangan profesional lainnya. Saya bisa mengandalkan kualitas kameranya yang jernih untuk memotret momen istimewa dan merekam video perjalanan. Selain itu, dengan performanya yang mumpuni saya bisa membuat agenda kegiatan, membalas email dari klien, mengatur media sosial saya, berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga bahkan juga untuk bermain game tanpa perlu khawatir dengan baterai yang low. Semuanya lengkap.

Sebagai penutup, saya mau kasih tunjuk sekaligus kasih bonus sebagai ucapan terima kasih saya untuk Oom Yahya yang sudah berbaik hati mau mengadakan lomba blog berhadiah Huawei Nova 3i, semoga saya berjodoh dan bisa menangkan si cantik Nova 3i ini sebagai smartphone impian saya tahun ini. Aamiin.

Bonusnya apa? Taraaaa… foto selfie saya bersama Mbak Gina, staf dari Huawei yang sudah berbaik hati menemani saya sejak awal datang sampai saya pamit. Terima kasih ya, Mbak Gina. Cantik kan guys, mbak nya? Hehe… Iya secantik produknya, Huawei Nova 3i. Semoga Oom Yahya suka ya sama bonus di tulisan saya ini. 😀

Disclaimer:

Tulisan ini diikutsertakan dalam Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei.”

How many stars for this post?

24 Komentar

Joe Candra P · Oktober 1, 2018 pada 2:01 am

wagelasehhh bang kita harus punya Hp ini yess, kerennnn beettt dahh

Like it?

    Firmansyah · Oktober 2, 2018 pada 11:35 pm

    Aaaamiiiin bang. Semoga rejeki ya bang

    Like it?

Amir Mahmud · Oktober 2, 2018 pada 9:57 am

Wah di Kota apa aja ada. Di tempat saya gak ada

Like it?

    Firmansyah · Oktober 2, 2018 pada 11:32 pm

    Hehhee… Mas Amir bisa aja, Ini saya juga lumayan jauh kok datengin tempatnya. Hehehee…

    Like it?

Khoirur Rohmah · Oktober 3, 2018 pada 2:06 pm

Uwahhhh hasil kameranya beneran jernihh bang
Huawei Nova 3i cocok banget nemenin aktifitas buat blogger ya bang
Sukses Bang, Good Luck
^_^

Like it?

    Firmansyah · Oktober 4, 2018 pada 12:22 am

    Betuuull mbak… 🙂 Baguuss

    Like it?

Arda Sitepu · Oktober 7, 2018 pada 6:06 pm

Udah pernah liat langsung hape nya ya mas? Jadi mupeng bnaget… Keren nih bisa makin semangat nge-blog nya. Sukses mas semoga dapat satu dari om Yahya 🙂

Like it?

    Firmansyah · Oktober 7, 2018 pada 8:29 pm

    Betull…. berkali-kali lipat semangat ngeblognya kalau dengan smartphone baru sekeren Nova ini. Aaamiin semoga Om Yahya baca ya. 😀

    Like it?

Damar Aisyah` · Oktober 8, 2018 pada 8:18 am

Coba Agustus kemarin kita udah punya smartphone ini, ya. Dijamin ciamik foto-foto di GBK, belum juga storage-nya yg besar. Pastilah tak perlu hapus2 dulu file lama. Btw itu Mbaknya dapat bagian lho kalau artikelnya terpilih, hehehehe

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:54 am

    Bener bgt mbak. HP yg sekarang dipegang udh harus di-upgrade juga soalnya. Hahaha… iya si Mbak Gina ya, iya deh pas lagi ke mall nanti aku samperin lg wkwk

    Like it?

Ety Abdoel · Oktober 8, 2018 pada 9:53 am

Tuh, kan, makin pengin deh sama Huawei Nova 3i.
Apalagi sudah ada kesaksian begini.

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:55 am

    Hahaa iya bu… Emang bikin semua blogger kepengen sih. 😀

    Like it?

Ety Abdoel · Oktober 8, 2018 pada 10:16 am

Wah, jadi tambah pengin nih, kalau sudah ada testimoni begini.
Makin produktif motret deh, eike.

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:56 am

    Nah, kameranya emang oke banget sih. Aku udh nyoba. Bokehlicious klo bahasanya Oom Yahya sih. 🙂

    Like it?

Ety Abdoel · Oktober 8, 2018 pada 10:28 am

Jadi tambah pengin memiliki huawei nova 3i deh, setelah ada testimoni begini.

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:57 am

    Semoga punya rezeki meminangnya ya bu. 🙂

    Like it?

Lidha Maul · Oktober 8, 2018 pada 3:05 pm

produk huawei yg saya punya kebanyakan modem, makanya sama smartphone ini saya jadi ikut penasaran juga.

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:59 am

    Oh gitu…. saya malah ga tau kalo Huawei ada modem juga. Hehehe… Tapi prestasi smartphonenya Huawei lagi menanjak bu… di urutan kedua produsen smartphone global saat ini. Keren, kan? 😀

    Like it?

Aprilsant · Oktober 9, 2018 pada 10:06 pm

Wah Bang Firman sudah pegang langsung Huawei-nya, testimoni sendiri jadinya 🙂 semoga beneran bisa dapat ya. Pengin juga yang Iris Purple, warnanya yang manjha pengen dibelai.

Like it?

    Firmansyah · Oktober 9, 2018 pada 10:44 pm

    Iya Mbak… Saking penasaran, akhirnya survei. 🙂
    Aaaamiin…. Semoga rezeki ya, kalo perlu menang bareng kita… Hehehe

    Like it?

Youtube Marketing · Oktober 12, 2018 pada 10:27 pm

Wih bang firman reborn hehe. Huawei termasuk pioner smartphone dengan segudang fitur dan teknologi ya. kira kira huawei akan ngeluarin screen touch id gak bang nanti??

Like it?

    Firmansyah · Oktober 12, 2018 pada 10:55 pm

    Hahahaa Kang Mamang bisa aja…. Iya nih reborn pake blog baru ya. Wkwkwk.
    Smartphone Huawei sudah ada yang pake fitur Screen Touch id kok …. di Huawei P20. Memang Hauwei P20 ini smartphonenya kelas atas sih. 3 kali lipat harga Nova 3i ini. Hehehe

    Like it?

Evrinasp · Oktober 18, 2018 pada 6:07 am

Aku belum Tau penampakkannya gimana, soale di sekitarku belum Ada, cuma ngeliat aja hasil foto2 dari Om Boy

Like it?

    Firmansyah · Oktober 18, 2018 pada 7:55 am

    Hehehe iya sih Mbak, aku juga di orang-orang skitarku masih jarang yg punya. Makanya survei langsung. Nah, Semoga dengan kontes dr Oom Yahya ini aku bisa jadi orang pertama deh di sekitarku yang punya smartphone Nova 3i ini. Hehe… Aamiiin …

    Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This