Curhat Colongan (CurCol) 

Saya : “Wah, kayaknya ada yang abis belanja oleh-oleh nih?  Ngeborong nih ceritanya?”

Si Halu : “Oh, iya dong. Biasalah, belanja aksesoris-aksesoris handmade gitu. Kan baru pulang dari luar negeri. Masa iya beli oleh-olehnya lokal. Haha… Lagian kualitas produk lokal tau sendiri lah ya.” *sambil tertawa lebar.

Saya : “Lho, emangnya kenapa sama produk-produk lokal? Banyak yang bagus-bagus kok!” 

Si Halu : Hahaha,,, hari gini masih pake produk lokal? Produk-produk branded luar kualitasnya lebih pasti kaliii dibanding lokal. Lagian aksesoris handmade lokal yang bagus, yang berkualitas, yang unik kan susah nyarinya. Hahaha…

Saya : (Dalam hati, inginku berkata kasar, “Iya aja deh, biar cepet”) -__- 

Kalian pernah gak sih punya pengalaman menghadapi orang seperti dialog di atas?

Saya pribadi pernah, dan kurang lebih seperti itulah percakapannya.

Jujur saja, saya memang sangat merasa terganggu sekali jika ada seseorang yang bersikap seperti itu. It’s okay, Sah-sah aja. Toh dia belanja pun dengan uangnya sendiri. Yang saya tidak suka adalah sikap dan penilaian dia terhadap produk-produk lokal yang cenderung merendahkan. Padahal produk-produk tersebut dibuat oleh ide dan kreativitas tangan orang-orang Indonesia sendiri.

Tidak punya sedikit rasa cinta dan bangga kah dia terhadap produk-produk asli negaranya sendiri?

KENAPA HARUS BANGGA DENGAN PRODUK HANDMADE LOKAL?

Sumber: agribisnis.co.id

Disadari atau enggak, ketika kalian berbelanja produk-produk handmade asli Indonesia, kemudian memakai dan mempromosikannya kepada orang lain, maka secara gak langsung kalian pun turut andil dalam mendukung produk-produk lokal dan meningkatkan perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia yang memang sedang menggeliat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Coba lihat gambar diagram lingkaran di atas deh. Dalam statistik persentase kontribusi perekonomian Indonesia, bidang Ekonomi Kreatif menyumbang sebesar 11 % dan merupakan tertinggi keempat setelah bidang Pertanian, bidang Perdagangan termasuk Hotel dan Restaurant, dan bidang Jasa-Jasa. Luar biasa juga kan potensi ekonominya? Dan itu masih sangat potensial untuk lebih berkembang loh.

Nah, sekarang begini deh. Sebagai perbandingan, saya mau kasih sedikit contoh ya. Di dunia ini, ada banyak negara yang memiliki industri kreatif yang unik, khas, dan juga terkenal. Saking terkenalnya, industri tersebut menjadi bagian dari identitas negara tersebut di mata dunia. Misalnya saja, Jepang terkenal dengan manga dan anime-nya, Korea Selatan terkenal dengan K-Pop, dan seterusnya. Tapi tidak hanya sekedar terkenal, industri tersebut justru menjadi salah satu sumber pendapatan yang signifikan bagi negara tersebut karena dikonsumsi (dan tentunya dibeli) secara luas, baik oleh masyarakat lokal maupun internasional.

Manga dan Anime Jepang yang sangat identik dan populer di seluruh dunia. Photo Credit: rooang.com

Korean Pop atau K-Pop Musik serta Drama Serinya yang memiliki banyak penggemar fanatik baik di Korea maupun di seluruh dunia. Photo Credit: Youtube

Lalu, Apa sih industri kreatif milik Indonesia?

Nah, tidak ketinggalan, Indonesia juga punya industri kreatif yang kontribusinya terhadap ekonomi negara cukup signifikan loh, yaitu industri kerajinan tangan yang sedang kita bahas ini. Ya, industri kerajinan tangan merupakan subsektor industri kreatif yang punya kontribusi paling besar untuk nilai ekspor, serta kedua terbesar untuk nilai konsumsi rumah tangga. Tapi, meskipun sudah cukup signifikan, potensi yang bisa dihasilkan dari industri kerajinan tangan Indonesia ini masih bisa  lebih berkembang lagi dan bisa menjadi ‘identitas’ yang sangat khas dengan Indonesia serta dikenal oleh masyarakat dunia.

Casing Handphone Batik, Unik dan Sangat Khas Indonesia. Photo Credit: Qlapa.com

KATA SIAPA PRODUK HANDMADE LOKAL TIDAK BERKUALITAS DAN SUSAH DICARI?

Mulai saat ini, buat kamu-kamu yang masih punya paradigma kalau produk handmade lokal Indonesia itu tidak berkualitas, tidak punya nilai jual, tidak bergaya, tidak eye-catching, susah dicari dan lain sebagainya. Coba deh untuk dibuang jauh-jauh pemikiran tersebut dan mulai mengenali dengan baik produk-produk handmade asli Indonesia. Produk-produk handmade Indonesia itu kreatif dan unik lho. Jadi, sudah pasti kita harus cinta dan bangga dong! #TeamCintaProdukLokal 

Bingung dimana tempat mencari produk handmade yang unik dan berkualitas?

Senada dengan ungkapan Bapak Presiden pada pembukaan INACRAFT tahun lalu, awalnya saya cenderung tidak punya referensi di mana tempat yang recommended untuk membeli berbagai kreasi handmade lokal yang bisa digunakan untuk gaya sehari-hari, kado hadiah atau bahkan untuk dikoleksi. Tapi, berkat kecanggihan teknologi era digital saat ini dan menjamurnya situs jual beli online atau e-commerce, saya jadi lebih mudah mencari tempat belanja produk handmade yang komplit, unik dan berkualitas. Tinggal googling dan klik. 

Sumber: Facebook Page Qlapa.com

Nah, untuk urusan produk handmade lokal yang unik dan berkualitas, Qlapa.com solusinya! Kalian sudah kenal Qlapa.com? Qlapa.com ini adalah Mall Online atau situs e-commerce yang khusus untuk jual beli produk handmade lokal yang unik dan berkualitas. Qlapa.com ini bisa dibilang ‘Rumahnya Produk Handmade Indonesia’, karena di Qlapa.com kita bisa menemukan berbagai produk unik yang tidak dijual di tempat lain, mulai dari kerajinan tradisional sampai dengan produk rancangan modern persembahan para pengrajin terbaik di Indonesia!

Sumber: Qlapa.com

Di Qlapa, para pengrajin kerajinan tangan seperti Pakaian, Aksesoris dan Perhiasan (Kacamata, Kalung, Jam Tangan, dll), Alas Kaki (Sepatu, Sandal, Kaos Kaki, dll), Alat Bawa (Tas, Dompet, dll), Alat dan Perabot, (Lampu, Alat Makan, Bantal, dll), Furnitur (Kursi, Meja, Lemari, dll), Hiasan dan Dekorasi (Boneka, Jam Dinding, Ornamen, dll), Komputer dan Gadget (Dudukan, Casing, Aksesoris, dll) diseleksi terlebih dahulu sebelum bergabung dengan Qlapa. Tim Qlapa melakukan seleksi dan kurasi untuk menjaga kualitas barang yang dijual melalui sistemnya. Ini merupakan salah satu bentuk upaya Qlapa memberikan jaminan mutu kepada para pembeli.

IndonesiaLoh! Salah satu brand produk handmade lokal unik yang bergabung bersama Qlapa.com. Sumber: Qlapa.com

Para Pengrajin dibalik Brand IndonesiaLoh!. Photo Credit: Qlapa.com

Bagi saya, Qlapa ini sangat kreatif dan membanggakan sekali. Ini jujur lho. Saya sangat terkagum dengan munculnya ide membuat e-commerce khusus untuk produk-produk handmade lokal yang unik langsung dari para pengrajin di Nusantara. Apalagi ketika diketahui bahwa pelopor Qlapa.com ini adalah sekelompok Anak-Anak Muda Indonesia. Wow! Produk handmade lokal seketika berubah kesan menjadi produk yang berkualitas tinggi, karena dibuat oleh para pengrajin terbaik se-Indonesia dan di-manage dengan baik dan kreatif oleh Qlapa.com. I’m just feeling so overwhelmed and so proud with Qlapa.com

Jadi, kata siapa produk handmade Indonesia yang unik dan berkualitas itu susah dicari? Semuanya ada di Qlapa.com. 🙂

 

Sumber Referensi:

  1. Website Resmi Qlapa.com
  2. Media Sosial Qlapa.com
  3. https://dailysocial.id/post/marketplace-khusus-kerajinan-tangan-qlapa-coba-angkat-produk-lokal-melalui-teknologi
  4. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/06/16/promosi-ciri-khas-indonesia-lewat-produk-handmade-dan-slogan-unik-ala-indonesia-loh

Disclaimer: 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog “#CintaProdukLokal Bersama Qlapa.com”. Seluruh referensi tulisan dan gambar telah tercantum di atas. Beberapa gambar merupakan hasil editan penulis. Adapun video didapatkan dari situs Youtube dengan nama channel “Jokowi Presiden RI Ke 7”. 

How many stars for this post?

9 Komentar

Joe Candra P · Mei 2, 2018 pada 3:03 am

emang keren nih gan marketplace yg satu ini, dapat mewadahi dan menghubungkan antara pembeli dan pengrajin lokal hehee

Like it?

    Firmansyah · Mei 2, 2018 pada 4:37 pm

    Setuju mas Joe, saya juga terkesan pas pertama kenal dengan Qlapa.com ini, ide awalnya cukup brilliant. 🙂

    Like it?

Deva Mahensyah · Mei 2, 2018 pada 4:29 pm

Ternyata ada ya e-commerce khusus yang menjual produk-produk kerajinan tangan. Wah… bagus banget nih Qlapa.com …

Like it?

    Firmansyah · Mei 2, 2018 pada 4:40 pm

    Hehe… kagum kan? Iya hebat banget emang ide Qlapa.com ini. Sangat mengangkat kekayaan budaya, keunikan dan kreatifitas pengrajin-pengrajin lokal sehingga bisa lebih ‘terlihat’ karya-karyanya.

    Like it?

Evrinasp · Mei 3, 2018 pada 5:42 am

Senang deh ada start up yang mau membantu memasarkan produk ukm Indonesia

Like it?

    Firmansyah · Mei 3, 2018 pada 6:35 pm

    Setuju, Mbak Ev. Qlapa.com ini sangat membantu untuk memasarkan produk-produk kerajinan tangan masyarakat Indonesia ya. Kereeen!

    Like it?

Himawan Sant · Mei 3, 2018 pada 7:01 am

Rame bener review Qlapa ini 😁 ..
Reviewnya bersiliweran di layar kompi.
Semoga dengan adanya aplikasi online ini karya UKM kerajinan lokal terangkat namanya dan mutu produk makin diperhatikan.

Like it?

    Firmansyah · Mei 3, 2018 pada 6:37 pm

    Hahaha iya ya. Peminatnya Qlapa.com memang banyak berarti. 🙂

    Aamiin. Semoga kualitas produk tetap menjadi point utama untuk diperhatikan ya mas.

    Like it?

Amir Mahmud · Mei 14, 2018 pada 5:59 am

Kalo pake produk handmade Indonesia, berarti kita sedang mendukng kreator Indonesia agar usahanya lebih maju, betul gak Bang Firman ?

Like it?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This
Lewat ke baris perkakas